Kulit & Perawatan Tubuh

Kenali 6 Ciri Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

August 14, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Penuaan pasti terjadi pada semua orang. Akan tetapi, penuaan dapat terjadi lebih awal dan dapat membuat seorang wanita tidak percaya diri lho. Maka tidak heran, jika banyak wanita berbondong-bondong melakukan perawatan untuk mencegah penuaan dini agar terlihat awet muda.

Sebenarnya bagaimana sih ciri-ciri penuaan dini? Lalu, adakah tips untuk mencegahnya? Yuk simak di sini.

Ciri-ciri penuaan dini

Seiring bertambahnya usia, suatu proses internal terjadi di dalam tubuh, dari mulai pergantian sel hingga pemulihan yang berlangsung secara lambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaikinya.

Hal tersebut menyisakan ruang untuk munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Perubahan yang terjadi akan mengejutkan jika terjadi lebih awal dibandingkan dengan yang seharusnya, atau yang kita kenal sebagai penuaan dini.

Penuaan dini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, faktor yang paling terkenal yakni paparan sinar matahari. Merokok, mengonsumsi alkohol, genetik, atau bahkan stres juga dapat menjadi penyebab lain penuaan dini.

Penuaan dini memiliki ciri-ciri yang perlu untuk kamu ketahui, dilansir dari Bustle, berikut adalah ciri-ciri tersebut.

Baca juga: Cegah Penuaan Dini hingga Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Ini Segudang Manfaat Sehat Minyak Kelapa!

1. Kulit kusam dan kering

Seiring dengan pertambahan usia kulit, mereka tidak lagi melepaskan sel kulit mati secara efisien. Akibatnya, sel-sel kulit mati menumpuk di kulit dan mengurangi kecerahan kulit, yang menyebabkan kulit terlihat kusam.

2. Munculnya bintik-bintik coklat

Salah satu ciri-ciri penuaan dini yang paling jelas adalah munculnya bintik-bintik berwarna coklat. Bintik-bintik coklat, bintik-bintik penuaan, atau bintik-bintik matahari biasanya muncul di area kulit terbuka dan dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

3. Hilangnya volume di sekitar wajah

Banyak perubahan terkait usia terjadi di sekitar struktur tulang wajah. Ini bisa terlihat seperti hilangnya volume di sekitar wajah, termasuk pelebaran rongga mata, penyusutan tulang rahang, dan hilangnya serta berkurangnya kompartemen lemak yang dapat membuat kulit terlihat kendur.

4. Munculnya garis halus dan kerutan

Ciri lain yang paling terkenal dari penuaan dini adalah timbulnya garis halus serta kerutan. Memiliki beberapa kerutan sebenarnya merupakan hal wajar dari pertambahan usia.

Namun, jika kamu melihat kerutan muncul lebih luas dibandingkan dengan teman sebayamu, ini dapat dikatakan sebagai ciri-ciri penuaan dini.

Kebanyakan wanita mulai akan melihat ciri-ciri penuaan di wajah mereka pada usia sekitar 40 tahun. Jika seseorang mendapatkan banyak paparan sinar matahari, perubahan ini mungkin terlihat lebih awal di pertengahan usia 30an.

Sedangkan, jika seseorang sangat berhati-hati terhadap sinar matahari dan menghindarinya, perubahan tersebut mungkin lebih terlihat di atas usia 40 tahun.

5. Penipisan bibir

Bibir yang menipis juga merupakan ciri penuaan dini lainnya. Semakin tua usia, maka semakin sedikit kolagen yang diproduksi dalam tubuh. Untuk mengurangi terjadinya hal ini, kamu dapat mengoleskan lip balm.

6. Kerutan pada tangan

Penuaan dini juga dapat memengaruhi tangan. Tangan seringkali mengalami lebih banyak kerusakan akibat sinar matahari dibandingkan dengan wajah lho.

Paparan UV yang terjadi secara terus-menerus ini dapat merusak elastin kulit, yang menyebabkan keriput, kulit kendur, serta perubahan warna pada tangan. Seiring pertambahan usia, kulit halus di tangan pun menipis, hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah tampak lebih menonjol.

Berbagai tips mencegah penuaan dini

Penuaan dini memang dapat sangat menyebalkan. Eits, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena penuaan dini dapat dicegah lho!

Dilansir dari American Academy of Dermatology, berikut adalah pencegahan yang dapat kamu lakukan.

  • Lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen
  • Hindari rokok
  • Konsumsi makanan sehat dan seimbang, dengan memperbanyak buah dan sayuran. Sebaiknya kurangilah konsumsi makanan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat olahan karena dapat mempercepat penuaan
  • Hindari konsumsi alkohol
  • Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah serta meningkatkan sistem imun yang membuat kulit tampak lebih muda
  • Bersihkan kulit secara lembut
  • Rajin mencuci muka
  • Mengoleskan pelembap wajah
  • Jangan menggunakan produk perawatan kulit yang menimbulkan sensasi menyengat atau terbakar. Iritasi yang disebabkan dapat membuat kulit terlihat lebih tua

Iitulah beberapa informasi mengenai penuaan dini. Mengetahui ciri-ciri penuaan dini akan membuatmu lebih cepat dalam melakukan tindak pencegahan terhadap kondisi tersebut.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Academy of Dermatology. Diakses pada 12 Agustus 2020. 11 Ways to Reduce Premature Skin Aging

Bustle (2017). Diakses pada 12 Agustus 2020. 9 Signs Your Skin Is Aging Prematurely 

Healthline (2019). Diakses pada 12 Agustus 2020. Everything You Need to Know About Premature Aging 

Parisian’s Pure Indulgence (2019). Diakses pada 12 Agustus 2020. 6 Causes of Premature Aging Skin and What You Can Do

    register-docotr