Kulit & Perawatan Tubuh

Kandungan Lip Balm yang Harus Dihindari agar Kamu Bisa Ucapkan Bye-Bye Bibir Kering!

August 14, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki bibir kering dan pecah-pecah merupakan hal yang menyebalkan bagi setiap wanita. Salah satu cara praktis untuk mengatasinya adalah menggunakan lip balm.

Tetapi jangan sampai keliru ya, sejumlah kandungan pada lip balm justru akan membuat kondisi bibir kering bertambah parah. Apa saja kandungan pada lip balm yang harus dihindari, simak yuk!

Baca Juga: Penting! Lakukan Cara Ini Supaya Kamu Terhindar dari Bibir Kering

Kandungan lip balm yang tidak cocok untuk bibir kering

Pada dasarnya lip balm berfungsi untuk membuat bibir tetap lembap dan tidak kering. Tetapi jangan sampai keliru, ada beberapa kandungan lip balm yang justru bisa memperparah kondisi bibir kering, diantaranya adalah:

Phenol dan mentol

Menurut Lauren E. Ploch, MD, anggota dari American Academy of Dermatology, phenol dan mentol justru dapat menyebabkan bibir iritasi dan lebih sensitif.

Selain itu, phenol dan mentol juga memberikan sensasi dingin pada bibir, sehingga orang beranggapan dapat memberikan penyembuhan. Jadi sebaiknya hindari membeli lip balm yang mengadung phenol atau mentol agar bibir kamu tidak semakin kering.

Parfum

Jika lip balm mengandung parfum sebaiknya kamu hindari, karena dapat menjadi penyebab utama bibir iritasi, pecah-pecah, dan kering. 

Meskipun parfum memberikan aroma menyegarkan pada lipstik namun kandungan kimia pada parfum bisa menyebabkan iritasi dan alergi pada bibir.

Vitamin E

Pada dasarnya vitamin E memang baik bagi kesehatan kulit, namun nyatanya vitamin E tidak selamanya cocok digunakan sebagai kandungan lip balm. 

Ada beberapa orang yang alergi dan menimbulkan iritasi terhadap vitamin E, namun ada juga yang tidak alergi. Akan tetapi, Ploch menyarankan, untuk menghindari penggunaan bahan vitamin E dalam lip balm karena dapat memicu risiko iritasi pada bibir. 

Baca Juga: Tips Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Kandungan lip balm yang baik untuk bibir kering

Ada beberapa kandungan lip balm yang baik untuk bibir kering agar bekerja dengan maksimal, antara lain:

Shea butter

Shea butter memiliki manfaat yang sangat baik untuk melindungi bibir dari radikal bebas karena bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan memiliki kemampuan alami sebagai sunscreen dalam takaran rendah.

Selain itu, shea butter juga dapat mencegah terjadinya bibir kering dan terkelupas. Shea butter berasal dari pohon shea yang  diambil bijinya, dibakar, dan digiling sampai teksturnya berubah jadi adonan baru kemudian diekstrak untuk diambil lemak alaminya.

Lemak alami inilah memiliki banyak kandungan sehat yang bermanfaat untuk membuat bibir lembap.

Minyak zaitun

Pastinya kamu sudah mengetahui bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit salah satunya untuk mengatasi bibir kering. 

Kandungan polifenol yang ada pada minyak zaitun dapat mencegah serta memperlambat penuaan kulit. 

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung Omega 9, asam lemak, serta asam oleat. Menggunakan lip balm dengan kandungan bahan minyak zaitun, dapat membuat bibir menjadi lebih sehat.

Minyak argan

Kandungan yang ada pada minyak argan dapat berfungsi untuk menenangkan bibir yang luka dan pecah-pecah. Minyak argan juga mengandung vitamin E yang mengandung antioksidan yang dapat melawan penuaan kulit dan sangat baik untuk meredakan luka.

Madu

Madu memiliki kandungan yang kaya akan mineral, vitamin, dan asam amino yang dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu, madu juga sangat baik untuk dipakai di bibir yang kering dan pecah karena sifat anti-iritasi yang sangat cocok untuk kulit sensitif.

Minyak kelapa

Kandungan asam laurat yang tinggi dan asam lemak jenuh pada minyak kelapa dapat  melindungi dan memberi nutrisi pada kulit secara mendalam sambil membuatnya tetap lembap.

Hal inilah yang dapat mengembalikan elastisitas dan meredakan kulit kering, rusak serta bibir pecah-pecah.

Green tea

Green tea yang kaya antioksidan dan mineral mampu menjaga bibir dari radikal bebas dan efek buruk lingkungan. Selain itu kandungan polifenol yang bersifat anti-inflamasi akan bantu menjaga bibir dari iritasi akibat kondisi kering dan pecah-pecah. 

Tidak hanya itu saja, green tea juga mengandung Vitamin B2 dan E serta bersifat antibakteri yang sangat baik untuk mengatasi bibir kering.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr