Kulit & Perawatan Tubuh

Kamu Sedang Mencari Eye Cream? Ayo Simak Beberapa Kandungannya Terlebih Dahulu

August 26, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Saat kamu memilih eye cream, tidak hanya mereknya saja yang harus kamu perhatikan. Namun, isi dari kandungan yang ada di dalam eye cream juga harus menjadi perhatian.

Dengan mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalam eye cream, maka kamu telah mengurangi risiko terkena iritasi dan alergi yang justru akan membahayakan area mata.

Beberapa kandungan dalam eye cream

Manfaat eye cream yang banyak dicari orang adalah untuk menghilangkan kerutan, garis halus dan lingkaran hitam atau mata panda pada area mata.

Untuk lebih mengenal manfaat eye cream, berikut beberapa bahan aktif yang terkandung di dalamnya:

Retinol

Retinol adalah turunan dari vitamin A yang memiliki manfaat sebagai anti aging. Retinol memiliki banyak manfaat baik untuk kulit seperti:

  • Mempercepat proses pergantian kulit
  • Menebalkan kulit
  • Mengatasi mata panda atau lingkat hitam pada mata
  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Menyamarkan warna kulit yang gelap
  • Mengurangi garis-garis halus pada mata

Retinol selalu dianggap sebagai bahan paling utama yang selalu ada dalam kandungan eye cream. Melansir dari laman theklog.co, retinol bekerja dengan cara mengikat reseptor asam retinoat.

Dr. Hadley King, seorang dokter kulit dari New York mengatakan bahwa cara kerja retinol mampu menghasilkan perubahan signifikan pada kulit.

Menggunakan eye cream dengan kandungan retinol bisa sangat bermanfaat untuk anti aging karena mampu mengatasi garis-garis halus dan kerutan serta meningkatkan produksi kolagen di bawah mata.

Peptide

Peptide atau peptida adalah rangkaian kecil dari asam amino yang dapat masuk hingga ke dalam lapisan luar kulit. Sehingga mampu mengurangi garis halus serta memperbaiki tekstur kulit.

Bahan aktif peptide banyak digunakan untuk produk kesehatan dan kosmetik. Manfaat kegunaannya pun beragam, seperti anti-penuaan atau anti aging, anti-inflamasi, atau sifat pembentukan otot.

Jenis peptide yang sering digunakan dalam eye cream adalah matrixyl yang mampu membantu meningkatkan elastisitas kulit dan produksi kolagen.

Vitamin c

Vitamin c dalam eye cream mampu membantu produksi kolagen dan bermanfaat untuk mengatasi masalah kerutan dan garis halus.

Vitamin c merupakan kandungan yang sangat aman apabila dicampurkan dengan beberapa kandungan aktif lain di dalam eye cream seperti asam alfa hidroksi, retinol, dan SPF.

Bahkan, vitamin c dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang tanpa adanya efek samping yang berarti.

Meskipun vitamin c aman untuk semua jenis kulit, namun pada kasus kulit yang hipersensitif mungkin hanya akan mengalami iritasi ringan saja.

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid merupakan bahan aktif yang terdapat di banyak produk perawatan kulit, termasuk eye cream.

Hyaluronic acid mampu melebabkan kulit dan mengencangkan area keriput pada sekitar mata.

Selain itu, hyaluronic acid juga memiliki efek anti aging dengan membuat kulit terasa lebih kencang.

Asam alpha lipoic

Asam alpha Lipoic adalah antioksidan yang memiliki kekuatan hampir 400 kali lebih kuat dari vitamin C dan E. Kandungan bahan ini seringkali direkomendasikan sebagai bahan aktif eye cream.

Asam alpha lipoic sangat mudah diserap ke dalam kulit dan bekerja dengan cepat melawan radikal bebas.

Pada eye cream, asam alpha lipoic berfungsi mengurangi lingkaran hitam dan bengkak pada mata.

Selain itu, kandungan ini juga mampu meratakan warna kulit, mengurangi noda dan mengecilkan pori-pori.

Green tea

Green tea memiliki sifat antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan perbaikan DNA pada kulit. Sehingga kulit mampu memulihkan diri dari kerusakan akibat sinar UV.

Green tea juga mengandung katekin dengan kepadatan yang tinggi sehingga mampu mengurangi kemerahan, iritasi dan pembengkakan pada area sekitar mata.

Selain itu, green tea juga mengandung vitamin B2 dan Vitamin E yang menenangkan, kedua vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kulit.

Kafein

Kafein memiliki manfaat mengurangi noda hitam pada lingkar mata. Banyak produk eye cream yang memiliki kandungan kafein untuk mendapatkan khasiat tersebut.

Selain itu, kafein juga mampu mengatasi kantung mata yang terlihat membengkak.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait kesehatan kulit, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. everydayhealth.com (2019). Diakses 25 Agustus 2020. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/hyaluronic-acid-definition-benefits-and-the-best-serums/

2. healthline.com (2019). Diakses 25 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serum-benefits#skin-type

3. ncbi.nlm.nih.gov (2013). Diakses 25 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3673383/

4. medicalnewstoday.com (2019). Diakses 25 Agustus 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326701

5. webmd.com. Diakses 25 Agustus 2020. https://www.webmd.com/beauty/features/need-eye-cream

6. theklog.co. Diakses 25 Agustus 2020. https://theklog.co/retinol-eye-cream/

7. verywellhealth.com (2019). Diakses 25 Agustus 2020. https://www.verywellhealth.com/how-to-choose-eye-cream-4686979#:~:text=Look%20for%20ingredients%20such%20as,prevent%20fine%20lines%20and%20wrinkles.

8. reviewthis.com. Diakses 25 Agustus 2020. https://www.reviewthis.com/what-eye-cream-ingredients/

    register-docotr