Kulit & Perawatan Tubuh

Hati-hati! Jenis-jenis Kutil Berbahaya Ini Bisa Picu Komplikasi

August 15, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mempunyai kutil sudah pasti membuat kamu merasa tidak nyaman. Kutil sendiri punya beberapa jenis dan ada juga jenis kutil yang berbahaya, bahkan dapat menyebabkan komplikasi penyakit serius.

Agar kamu lebih waspada, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu kutil?

Kutil adalah tonjolan di kulit yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Virus ini menginfeksi kulit sehingga menyebabkan benjolan dan dapat tumbuh dengan cepat. Ketika kamu mengalami kutil lapisan terluar kulit akan menebal.

Kamu bisa mengalami kutil ketika kulit kamu mengalami luka atau juga karena tertular oleh orang yang memiliki virus HPV. Kutil umumnya tumbuh di tangan, lengan, dan kaki.

Jenis-jenis kutil yang umum terjadi

Ada lima jenis kutil yang tergolong umum dialami oleh banyak orang, meliputi:

1. Kutil biasa

Kutil biasa biasanya tumbuh di jari tangan dan kaki, tetapi bisa muncul di tempat lain. Jenis ini memiliki penampilan yang kasar dan bagian atas yang membulat.

2. Kutil plantar

Kutil plantar tumbuh di telapak kaki. Tidak seperti kutil lainnya, kutil plantar tumbuh di dalam kulit kamu, bukan di luarnya. Untuk mengetahui apakah kamu menderita kutil plantar, kamu bisa melihat apakah ada lubang kecil yang dikelilingi oleh kulit yang mengeras.

Kutil ini akan membuat kamu merasa sakit ketika berjalan.

3. Kutil pipih

Kutil ini biasanya muncul di wajah, paha, atau lengan. Mereka kecil dan tidak langsung terlihat. Kutil pipih memiliki bagian atas yang rata, seolah-olah telah dikikis. Kutil ini bisa berwarna merah muda, kecokelatan, atau agak kuning.

4. Kutil filiform

Kutil filiform tumbuh di sekitar mulut atau hidung dan terkadang di leher atau di bawah dagu. Bentuknya kecil dan berbentuk seperti lipatan kecil pada kulit. Kutil filiform memiliki warna yang hampir sama dengan kulit.

5. Kutil periungual

Kutil periungual tumbuh di bawah dan di sekitar kuku kaki dan kuku. Jika kamu menderita kutil satu ini, kutil ini bisa menyakitkan dan memengaruhi pertumbuhan kuku.

Jenis-jenis kutil yang berbahaya dan bisa memicu komplikasi

Ada lebih dari 100 jenis HPV yang merupakan virus penyebab kutil. Hampir semua jenis HPV menyebabkan kutil yang relatif tidak berbahaya yang muncul di tangan atau kaki. Namun, ada beberapa jenis HPV yang menyebabkan jenis kutil yang berbahaya. 

1. Kutil kelamin

Jenis kutil berbahaya adalah kutil kelamin. Kutil kelamin adalah salah satu jenis infeksi menular seksual. Kutil ini umumnya dialami oleh orang yang aktif secara seksual dan memengaruhi jaringan lembap di area genital. 

Bentuk kutil bisa terlihat seperti benjolan kecil berwarna daging atau memiliki penampilan seperti kembang kol. Kutil kelamin tidak selalu terlihat oleh mata, karena kemungkinan sangat kecil dan mirip seperti warna kulit.

Pada pria, kutil ini bisa muncul di beberapa lokasi, seperti penis, skrotum, paha atau sekitar anus. Sementara untuk wanita, kutil ini bisa muncul di dalam atau luar vagina, sekitar anus dan sekitar leher rahim.

Selain itu, jenis kutil berbahaya ini juga dapat muncul di bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan seseorang yang pernah melakukan kontak seksual oral dengan orang yang memiliki HPV.

Penyebab kutil kelamin

Sebagian besar kasus kutil kelamin disebabkan oleh HPV. Ada 30 sampai 40 jenis HPV yang secara khusus menyerang alat kelamin, tetapi hanya beberapa dari jenis ini yang menyebabkan kutil kelamin.

Virus HPV sangat mudah ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit. Itulah mengapa kutil kelamin disebut infeksi menular seksual.

Faktor risiko kutil kelamin

Setiap orang yang aktif secara seksual berisiko terkena HPV. Namun, kutil kelamin lebih sering terjadi pada orang yang:

  • Perokok
  • Berusia di bawah 30 tahun
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan

Gejala kutil kelamin

Jika kamu mengalami kutil kelamin, ada beberapa gejala yang mungkin kamu alami, meliputi:

  • Pembengkakan kecil, berwarna kecokelatan atau merah muda di area genital
  • Gatal atau ketidaknyamanan di area genital
  • Perdarahan saat berhubungan intim

Diagnosis kutil kelamin

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter akan menanyakan pertanyaan tentang kesehatan dan riwayat seksual kamu. Ini termasuk gejala yang kamu alami dan apakah kamu pernah melakukan hubungan seks, termasuk seks oral, tanpa kondom.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik pada area mana pun yang kamu curigai mungkin timbul kutil.

Untuk wanita, karena kutil dapat terjadi jauh di dalam tubuh wanita, dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan panggul. Dokter mungkin menerapkan larutan asam ringan, yang membantu membuat kutil lebih terlihat.

Dokter mungkin juga melakukan pap smear, yang melibatkan pengambilan sampel dari area tersebut untuk mendapatkan sel dari serviks kamu. Sel-sel ini kemudian dapat diuji untuk mengetahui keberadaan HPV.

Pengobatan kutil kelamin

Jenis kutil berbahaya seperti kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya, tapi HPV dapat bersarang di sel kulit. Ini artinya mungkin kamu bisa mengalami masalah kutil lainnya atau kutil kelamin bisa datang kembali dan menjadi lebih parah.

Ada beberapa cara pengobatan kutil kelamin yang akan diberikan oleh dokter seperti:

  • Imiquimod (Aldara)
  • Podophyllin dan podofilox (Condylox)
  • Asam trikloroasetat, atau TCA.

Jika jenis kutil berbahaya ini tidak hilang seiring waktu, kamu mungkin memerlukan operasi kecil untuk menghilangkannya. Yang terpenting, lakukan pemeriksaan dulu ke dokter, ya!

2. Kutil di leher

Kutil di leher merupakan jenis kutil berbahaya lain yang dapat menular. Umumnya, penularan terjadi ketika ada kontak langsung yang bergesekan dengan kutil. Selain itu, penularan juga bisa terjadi jika kamu menggunakan alat yang sama dengan orang yang memiliki kutil, seperti handuk, baju, dan lainnya.

Kutil ini bisa kamu atasi dengan menggunakan obat kutil yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat yang membantu proses pengelupasan kulit. Jika tak kunjung hilang, kamu mungkin bisa melakukan prosedur medis seperti bedah atau terapi laser.

Itulah jenis kutil yang berbahaya, agar kamu tidak memiliki kutil berbahaya perhatikan selalu kebersihan dan hindari melakukan seks bebas. Berkonsultasilah dengan dokter jika kamu mengalami beberapa gejala aneh pada area kulit kamu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2020). Diakses pada 09 Agustus 2020. Warts

Medical News Today (2017). Diakses pada 09 Agustus 2020. What you need to know about genital warts

Medicine Net (2019). Diakses pada 09 Agustus 2020. Genital Warts (HPV) in Women Symptoms, Transmission, and Treatment

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 09 Agustus 2020. Genital warts

Web MD (2009). Diakses pada 09 Agustus 2020. What Causes Common Skin Warts?

    register-docotr