Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Asal-asalan, Begini Cara Aman Mencukur Rambut Kemaluan

July 31, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Menjaga kebersihan area kelamin merupakan hal yang sangat penting, salah satu caranya adalah dengan mencukur rambut kemaluan. Namun untuk melakukan hal ini tidak boleh asal-asalan, karena dapat menyebabkan iritasi.

Rambut kemaluan sebenarnya memiliki fungsinya sendiri, yakni dapat mencegah iritasi atau cedera kulit, serta melindungi dari bakteri dan patogen yang tidak diinginkan.

Akan tetapi, beberapa orang justru risih dengan adanya rambut kemaluan. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk mencukurnya.

Metode mencukur rambut kemaluan yang harus diperhatikan

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mencukur rambut kemaluan. Setiap metode memang memiliki risikonya sendiri, namun sebagian besar umumnya aman dilakukan.

Beberapa metode yang dapat kamu lakukan untuk mencukur rambut kemaluan di antaranya adalah:

Mencukur dengan gunting

Menggunakan gunting bisa menjadi salah satu metode yang aman untuk merapikan rambut kemaluan. Nah, karena gunting tidak melakukan kontak langsung dengan kulit, maka risiko iritasi pun relatif rendah.

Menggunakan pisau cukur

Ini merupakan salah satu metode yang populer dan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun karena pisau cukur melakukan kontak langsung dengan kulit, metode ini dapat menyebabkan iritasi sementara, kemerahan, atau gatal.

Waxing

Metode ini bekerja dengan cara menarik rambut dari folikel, sehingga dapat menghilangkan rambut dalam jumlah banyak sekaligus. Jika dibandingkan dengan menggunakan gunting atau alat cukur, waxing merupakan metode yang lebih menyakitkan.

Krim penghilang rambut

Krim penghilang rambut, mengandung bahan kimia yang dapat memecah protein rambut. Ini memungkinkan seseorang menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dengan cara menyeka krim.

Tweezing

Seperti halnya waxing, metode ini dilakukan dengan menarik rambut keluar dari folikel. Metode ini kurang efisien untuk menghilangkan rambut pada area yang lebih luas.

Cara aman mencukur rambut kemaluan

Setelah kamu memutuskan untuk menggunakan salah satu metode yang sudah dijelaskan di atas, langkah selanjutnya adalah mencukur rambut dengan aman.

Dilansir Healthline, berikut adalah cara aman mencukur rambut kemaluan:

1. Pastikan kebersihan alat yang digunakan

Organ intim merupakan area sensitif, maka dari itu sangat penting untuk selalu membersihkan alat untuk mencukur rambut kemaluan.

Sebelum digunakan, rendam alat dalam disinfektan setidaknya selama 10 menit atau bersihkan secara menyeluruh dengan menggunakan alkohol. Pastikan juga gunting atau pisau cukur memiliki bilah yang tajam.

2. Potong rambut berlebih sebelum mencukur

Jika kamu memiliki rambut yang tebal, sebaiknya cukurlah terlebih dahulu rambut hingga seperempat inci. Langkah ini membantu menghindari pisau cukur atau pemangkas lainnya tersumbat saat mencukur rambut.

Tak hanya itu saja, kamu juga akan lebih melihat jelas kulitmu dan arah pertumbuhan rambut. Hal ini membantu mencegah terjadinya iritasi.

3. Bersihkan area organ intim

Jangan lupa untuk membersihkan area organ intim terlebih dahulu sebelum mencukur rambut. Langkah ini bertujuan untuk menghindari benjolan yang disebabkan oleh bakteri.

Cucilah area organ intim secara menyeluruh dengan menggunakan sabun dan air.

4. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan bagian yang penting sebelum mencukur rambut. Gunakanlah scrub lembut untuk mengeksfoliasi area yang diinginkan. Eksfoliasi berguna untuk menghilangkan sel kulit mati atau sebum yang menyumbat folikel rambut.

Ini membuat alat cukur lebih mudah untuk melakukan tugasnya dalam menghilangkan rambut kemaluan.

5. Oleskan pelembap

Jika kamu berencana untuk mencukur ramubut kemaluanmu, sebaiknya jagalah kulit agar tetap lembap. Kamu dapat mengoleskan krim, gel, atau pelembap lain pada area yang akan dicukur. Ini dapat meminimalkan gesekan dari alat cukur yang mungkin saja dapat menimbulkan iritasi.

6. Mencukur rambut sesuai arah pertumbuhan rambut

Mencukur dengan arah yang salah dapat menimbulkan luka serta iritasi. Oleh karenanya, sangat penting untuk mencukur rambut kemaluan sesuai dengan arah pertumbuhan rambut agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cara menjaga area organ intim agar terhindar dari iritasi

Setelah mencukur rambut kemaluan, sebaiknya jagalah selalu kesehatan organ intim agar terhindari dari iritasi. Kamu dapat melakukan beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Mengoleskan pelembap
  • Mengenakan pakaian dalam berbahan dasar katun dan menghindari pakaian ketat selama beberapa hari
  • Jika terdapat benjolan sebaiknya segeralah diobati
  • Melakukan eksfoliasi secara rutin

Mencukur rambut kemaluan memang sah-sah saja, tetapi kamu juga harus memerhatikan cara yang benar ya agar terhindar dari iritasi.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 27 Juli 2020. How to Trim  Your Pubic Hair: 10 Techniques to Try

Medical News Today (2020). Diakses pada 27 Juli 2020. Best Ways to Remove Pubic Hair Safely and at Home

The Guardian (2012). Diakses pada 27 Juli 2020. Pubic Hair Has a Job to Do 

    register-docotr