Kulit & Perawatan Tubuh

Ingin Punya Bulu Mata Tebal dan Lentik? Simak 6 Caranya di Sini

November 5, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Menjaga bulu mata tetap panjang dan tebal bukan hanya untuk kecantikan saja, lho. Karena, bulu mata memiliki manfaat untuk menjadi menjaga mata dari debu dan kotoran. 

Meskipun demikian, ada beberapa faktor yang bisa membuat bulu mata rontok dan menjadi tipis, yaitu usia dan juga kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, kamu harus paham berbagai cara untuk memanjangkan bulu mata termasuk dengan cara yang alami.

Baca Juga: Sambung Bulu Mata demi Mata Indah: Eits, Waspadai Efek Sampingnya Bisa Picu Gatal hingga Infeksi

Cara memanjangkan bulu mata secara alami

Kalau kamu coba untuk memanjangkan bulu mata secara alami, berikut ini adalah pilihan-pilihan yang bisa kamu ikuti:

1. Gunakan castor oil

Castor oil atau minyak jarak memiliki komponen utama yang dinamakan ricinoleic acid yang biasa dijadikan bahan make up. Asam ini memiliki potensi untuk membantu kamu mencegah kerontokan, lho.

Hal ini diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan di Tiongkok. Minyak jarak ini juga bisa kamu jadikan alternatif untuk menjaga ketebalan bulu mata.

Akan tetapi, sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan dermatologist sebelum memakai castor oil. 

Karena dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology disebut kalau kekentalan minyak ini bisa mengakibatkan rambut menempel dan sangat kering.

Cara penggunaan

Bersihkan bulu mata dengan air dan keringkan dengan pembersih yang lembut. Berikan castor oil yang sudah melalui proses cold-press ke kapas dan aplikasikan di sepanjang bagian atas dan bawah bulu mata.

Harap berhati-hati supaya tidak terkena mata. Biarkan minyak itu membasahi bulu mata sepanjang malam dan bersihkan di pagi hari.

2. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa ini sudah banyak dipakai untuk hair care karena protein pencegah rambut rontoknya. Oleh karena itu, minyak kelapa pun bisa dipakai untuk mengatasi kerusakan dan penipisan bulu mata.

Meskipun demikian, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan minyak kelapa. Karena dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology disebutkan kalau minyak ini bisa menghasilkan selaput minyak di bulu mata dan membuatnya menjadi berat.

Cara penggunaan

Sebelum penggunaan, pastikan kamu membersihkan bulu mata dengan sabun yang ringan dan air, lalu keringkan. Setelah itu, berikan minyak kelapa ke kapas usap dan aplikasikan di sepanjang bagian atas dan bawah bulu mata.

Hindari terkena mata dan biarkan minyak ini mendiami bulu mata sepanjang malam. Pagi harinya, bersihkan bulu mata.

3. Berikan vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang kuat yang dapat menurunkan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, vitamin E juga memiliki kandungan komponen tocotrienol yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Tropical Life Science Research. Kandungan ini pun dapat memanjangkan bulu mata.

Cara pemakaian

Vitamin E dapat diaplikasikan langsung ke bulu mata dan dapat dikonsumsi juga secara oral dalam bentuk suplemen. Akan tetapi, sebelum menggunakan suplemen vitamin E, ada baiknya kamu tanyakan dosisnya pada dokter.

4. Konsumsi dan kompres dengan teh hijau

Teh hijau kaya akan polifenol yang disebut epigallocatechin-3 gallate (EGCG) yang dapat mendorong pertumbuhan rambut. Kandungan ini pun dapat membantu pertumbuhan bulu mata kamu.

Cara menggunakannya

Campurkan 1 sendok teh daun teh hijau (atau 1 kantung teh) dengan 1 gelas air panas. Biarkan teh hijau itu terendam dalam air panas selama 5-10 menit.

Kamu bisa minum cairan teh itu saat hangat dan juga dinginkan teh dan aplikasikan langsung ke bulu mata menggunakan kapas usap. Minum teh dua kali sehari dan kalau kamu mengoleskannya langsung ke bulu mata, hal ini bisa dilakukan sekali sehari.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Berbagai Penyebab Mata Mudah Merah dan Berair

5. Pijatan lembut

Pijatan dapat meningkatkan sirkulasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal e-Plasty menyebut pemijatan di kulit kepala dengan atau tanpa minyak dapat meningkatkan panjang rambut dan ketebalannya.

Efek yang sama dipercaya dapat terjadi jika kamu mengaplikasikannya pada bulu mata.

6. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung komponen fenol yang disebut oleuropein. Sebuah penelitian terhadap tikus yang diterbitkan dalam jurnal Plos One menemukan manfaat oleuropein untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Efek yang sama dipercaya bisa didapatkan pada bulu mata.

Cara menggunakannya

Teteskan 3-4 tetes minyak zaitun ke kapas dan aplikasikan ke bagian atas dan bawah bulu mata. Biarkan selama 5-10 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Demikianlah berbagai cara memanjangkan bulu mata secara alami. Selalu jaga kesehatan bulu mata untuk perlindungan mata, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Stylecraze, diakses 05 November 2020. How to Get Thicker and Longer Eyelash Using Home Remedies
  2. National Library of Medicine, diakses 05 November 2020. In silico prediction of prostaglandin D2 synthase inhibitors from herbal constituents for the treatment of hair loss
  3. National Library of Medicine, diakses 05 November 2020. “Castor Oil” — The Culprit of Acute Hair Felting
  4. National Library of Medicine, diakses 05 November 2020. Hair Cosmetics: An Overview
  5. National Library of Medicine, diakses 05 November 2020. Effects of Tocotrienol Supplementation on Hair Growth in Human Volunteers
  6. National Library of Medicine, diakses 05 November 2020. Standardized Scalp Massage Results in Increased Hair Thickness by Inducing Stretching Forces to Dermal Papilla Cells in the Subcutaneous Tissue
  7. National Library of Medicine, diakses 05 November 2020. Topical Application of Oleuropein Induces Anagen Hair Growth in telogen Mouse Skin
    register-docotr