Kulit & Perawatan Tubuh

Ingin Bulu Mata Panjang dan Sehat? Simak, Begini Cara Alami yang Bisa Dilakukan!

October 13, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bulu mata yang panjang memang menjadi idaman, terutama kaum wanita. Namun, beberapa orang memiliki bulu mata yang tipis karena mengalami kerontokan sehingga banyak cara dilakukan untuk memanjangkannya.

Salah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk memanjangkan bulu mata adalah dengan bahan alami. Nah, untuk mengetahui apa saja bahan alami yang paling tepat, yuk, simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Sering Nyeri Saat BAK? Yuk Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita!

Bahan alami untuk memanjangkan bulu mata

Dilansir dari Stylecraze.com, bulu mata memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi debu, pasir, dan kotoran dari luar. Akan tetapi, bulu mata bisa rontok dan menipis karena berbagai faktor.

Faktor penyebab kerontokan pada bulu mata, di antaranya usia dan penggunaan penjepit bulu mata. Nah, untuk membantu memanjangkan dan melentikkan bulu mata terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan, meliputi:

Minyak jarak

Komponen utama dari minyak jarak adalah asam ricinoleic dimana berpotensi membantu mengatasi kerontokan rambut. Penggunaan minyak jarak dapat meningkatkan pertumbuhan bulu mata dan menyempurnakan penampilan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah satu sendok teh minyak jarak yang diperas dingin dan beberapa kapas. Sebelum mengoleskan minyak jarak, kamu harus membersihkan bulu mata terlebih dahulu secara menyeluruh dengan air lalu tepuk-tepuk hingga kering menggunakan pembersih ringan.

Selanjutnya, celupkan kapas ke dalam minyak jarak dan oleskan di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah. Biarkan minyak selama semalaman dan bersihkan keesokan paginya. Hindari penggunaan minyak di dekat mata untuk mencegah efek samping lanjutan. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa cocok digunakan untuk perawatan rambut karena efek penetrasi yang membantu mencegah hilangnya protein. Karena itu, menggunakan minyak kelapa secara rutin dapat merawat bulu mata yang menipis dan rusak serta membantu pertumbuhannya kembali.

Kandungan dalam minyak kelapa merupakan sumber asam lemak yang bagus dan dapat diserap dengan mudah oleh batang rambut.

Setelah bulu mata bersih dan kering, gunakan kapas baru untuk mengoleskan minyak kelapa ke garis bulu mata baik bagian atas dan bawah. Biarkan selama semalam dan bilas keesokan harinya dengan menggunakan air bersih. Hindari minyak kelapa terkena mata ya.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan sumber polifenol yang disebut dengan epigallocatechin-3-gallate atau EGCG. Kandungan dalam teh hijau satu ini diketahui dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata.

Bahan yang diperlukan, yakni 1 sendok teh daun teh hijau atau 1 kantong teh dan 1 cangkir air panas. Campur kedua bahan tersebut dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Saring cairan tersebut, dinginkan, lalu oles secara topikal ke garis bulu mata atas dan bawah menggunakan kapas. 

Biarkan ramuan ini selama setidaknya satu jam, lalu bilas dengan menggunakan air biasa. Untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik sesuai keinginan, gunakan teh hijau ini setiap hari.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik yang disebut dengan oleuropein dimana diketahui bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Pertama, kamu perlu mencampurkan 3 sampai 4 tetes minyak zaitun pada kapas. 

Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada bola kapas dan oles pada bulu mata bagian atas dan bawah. Biarkan minyak pada bulu mata selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas perlahan menggunakan air hangat. 

Cara menjaga kesehatan bulu mata

Kerontokan pada bulu mata bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk penggunaan rias wajah. Nah, untuk mencegah kerontokan dan menjaga kesehatan mata, berikut beberapa hal yang bisa diikuti.

  • Bersihkan bulu mata dan kelopak mata setiap hari menggunakan pembersih ringan.
  • Hindari penggunaan riasan mata yang memiliki kualitas rendah. 
  • Biasakan untuk menghapus riasan pada mata sebelum tidur.
  • Hentikan penggunaan penjepit bulu mata karena bisa memicu kerontokan.

Selain itu, rontoknya bulu mata bisa disebabkan karena penggunaan ekstensi. Jika ingin bulu mata sehat dan tebal, pastikan untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk dan lakukan perawatan dengan bahan alami yang sudah dijelaskan di atas, ya!

Baca juga: Merokok setelah Minum Obat, Adakah Efek yang Mungkin akan Dirasakan?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Stylecraze.com (2019), diakses 12 Oktober 2020. How To Get Thicker And Longer Eyelashes Using Home Remedies
  2. Boldsky (2019), diakses 12 Oktober 2020. Home Remedies To Get Thicker And Longer Eyelashes
    register-docotr