Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Sampai Terlewat untuk Dipakai, Ini Fungsi Toner Wajah

June 11, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Penggunaan toner seringkali disepelekan karena masih banyak orang yang tidak tahu fungsinya dengan benar. Padahal fungsi toner wajah sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan kulit lho.

Apa itu toner?

Dilansir dari cleure.com, banyak orang sering salah paham dengan penggunaan toner. Perlu kamu ketahui bahwa sebelum menggunakan pelembap wajah, toner menjadi hal yang utama.

Toner ini adalah cairan penyerap yang membantu menghilangkan kotoran berlebih, bekas minyak dan riasan pada wajah.

Toner wajah mampu membersihkan kulit secara menyeluruh dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Itu menjadi alasan mengapa kamu tidak boleh melewatkan toner dalam perawatan wajah.

Berikut ini beberapa fungsi toner wajah yang dilansir dari healthline.com:

1. Keseimbangan pH

Menjaga keseimbangan pH sangatlah penting bagi kulit karena dapat melindungi kulit dari kekeringan dan iritasi.

Demi menunjukkan tingkat keasaman kulit yang baik dapat dilihat dari tingkatannya. Pada skala 0-14, 7 yaitu menunjukkan level netral pH kulit. Namun, pH optimal kulit manusia adalah 5,5.

Penggunaan toner wajah untuk perawatan kulit dapat membantu melindungi mantel asam yang menjaga keseimbangan pH.

2. Mengecilkan pori-pori

Kamu yang memiliki pori-pori kulit yang sangat besar tentu lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut karena pori-pori besar merupakan tempat kotoran dan polusi masuk dengan mudah ke dalam kulit.

Tentu saja hal itu dapat menyebabkan penyumbatan dan timbulnya jerawat yang akan mengganggu penampilan kamu. Namun, dengan menggunakan toner wajah kulitmu akan lebih kencang, terhindar dari kotoran, minyak serta penyumbatan.

3. Menyegarkan kulit

Selain beberapa hal di atas, toner juga berperan aktif untuk menyegarkan kulit. Toner juga berperan untuk membersihkan kulit dari kotoran, bekas riasan, minyak berlebih hingga membuat kulit terus terhidrasi.

Tentu saja efek dari toner ini membuat kulit jauh lebih segar dan terhindari dari kulit kering.

4. Melembapkan kulit

Beberapa toner adalah humektan, yang berarti mereka membantu mengikat kelembapan pada kulit. Toner dapat membantu mengembalikan kelembapan pada kulit dan menjaganya agar tidak terasa dan terlihat kering.

Banyak dari produk toner yang diresapi dengan bahan-bahan pelembap seperti asam hialuronat yang menjaga kulit tetap lembab, elastis, dan awet muda.

5. Mengangkat minyak

Kamu yang memiliki minyak berlebih pada kulit wajah sangat membutuhkan penggunaan toner. Caranya kamu cukup tuangkan toner di atas bola kapas dan usapkan pada wajah.

Hal tersebut dapat membantu membersihkan minyak berlebih dan membuat wajah bercahaya tanpa kilap minyak yang mengganggu.

6. Kulit terhidrasi

Sering mencuci muka memang bagus untuk menghilangkan minyak alami dari kulit namun hal tersebut juga dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal. Salah satu untuk mengatasinya dengan bantuan toner yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Kulit harus tetap terhidrasi untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembaban dan penampilan yang lebih muda.

Banyak toner wajah juga menyediakan vitamin dan nutrisi kulit penting lainnya untuk menjaga kulit tetap sehat dan seimbang.

7. Mencegah jerawat

Tak hanya menganggu penampilan, jerawat yang timbul juga akan terasa sakit. Sebaiknya kamu juga perlu berhati-hati jika timbul jerawat pada wajah karena dapat menyebabkan jaringan parut.

Masalah ini juga dapat menyebabkan kulit tampak lebih berminyak, kusam, dan tidak seimbang. Demi menjaga kesehatan kulit, toner mampu mencegah penumpukan kotoran di pori-pori dan mengurangi sekresi minyak dan sebum yang berlebihan.

Menggunakan toner juga penting untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas jerawat lho. Penggunaan toner secara rutin juga mampu mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

Baca juga: Agar Tak Salah Pilih, Pahami Jenis dan Manfaat Exfoliating Toner

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 9 Juni 2020. Using a Toner Will Totally Change Your Skin 
  2. today.com (2010) diakses 9 Juni 2020. 6 reasons why you should add face toner to your beauty routine 
  3. cleure.com (2020) diakses 9 Juni 2020. Guide to Skin Toners: Do You Need It & How to Use It
    register-docotr