Kulit & Perawatan Tubuh

Faktor Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan yang Ampuh

October 6, 2020 | Husni Efendi | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Salah satu masalah yang kerap dialami kaum muda dan bisa mengganggu kepercayaan diri yakni bau badan. Tahukah kamu bagaimana cara menghilangkan bau badan yang efektif?

Bau badan adalah bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh tubuh, ketika bakteri yang hidup di kulit memecah keringat menjadi asam.

Bau badan ini juga dikenal dengan beberapa istilah seperti;  bromhidrosis, osmidrosis, atau ozochrotia. Yuk, kenali lebih jauh tentang kondisi ini!

Apa itu bau badan?

Ketika tubuh mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan membuat orang lain menjadi menutup hidung dan tergganggu, mungkin itu dikenal sebagai yang lazim disebut bau badan.

Orang yang mengalami obesitas, mereka yang berlebihan mengonsumsi makanan pedas, serta orang yang dengan kondisi medis tertentu, seperti diabetes, lebih rentan mengalami bau badan.

Orang yang terlalu banyak berkeringat, seperti mereka yang hiperhidrosis, juga disebut-sebut rentan terhadap bau badan.

Keringat itu sendiri sebenarnya hampir tidak berbau. Cairan tubuh ini menjadi tidak sedap karena bakteri yang memecahnya dan menjadikan keringat menjadi beraroma asam.

Bagian tubuh yang rentan mengalami bau badan

  • Kaki
  • Pangkal paha
  • Ketiak
  • Alat kelamin
  • Rambut kemaluan
  • Pusar
  • Dubur
  • Belakang telinga

Bau badan dapat memiliki sifat yang spesifik untuk individu dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang, terutama oleh anjing dan hewan lainnya.

Bau tubuh unik yang dimiliki setiap orang dapat dipengaruhi oleh konsumsi makanan, jenis kelamin, faktor kesehatan, dan juga saat menjalani pengobatan atau mengonsumsi obat tertentu.

Penyebab bau badan

Mengetahui penyebab bau badan merupakan hal yang penting lho. Bau badan sendiri disebabkan oleh bakteri yang memecah keringat dan sebagian besar terkait dengan kelenjar apokrin. Nah, sebagian besar penyebab bau badan berasal dari hal tersebut.

Kelenjar ini ditemukan di payudara, area genital, kelopak mata, ketiak, dan telinga. Di payudara, kelenjar ini mengeluarkan tetesan lemak ke dalam ASI. Sementara di telinga, mereka membantu membentuk kotoran telinga.

Kelenjar apokrin di kulit dan kelopak mata adalah hal yang umum disebut sebagai kelenjar keringat. Sebagian besar kelenjar apokrin di kulit juga terletak di selangkangan, ketiak.

Cara mengatasi bau badan yang aman dan ampuh

Untuk membantu mengendalikan bau badan, kamu dapat melakukan beberapa cara. Berikut adalah cara mengatasi bau badan yang perlu kamu ketahui.

Mandi teratur saat banyak berkeringat

Cara mengatasi bau badan yang pertama adalah mandi dengan rutin sekali sehari. Mandi dengan air hangat direkomendasikan untuk membantu membunuh bakteri yang ada di kulit. Jika cuaca sangat panas, pertimbangkan untuk mandi lebih sering dari sekali sehari.

Perhatikan menu makanan dan minuman

Berbagai makanan tertentu juga bisa saja memicu timbulnya bau badan, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang bisa menimbulkan bau badan tidak sedap seperti kari, bawang putih, dan makanan pedas lainnya juga berpotensi membuat keringat menjadi tidak sedap.

Minuman dengan kafein atau alkohol juga dapat membuat kamu lebih banyak berkeringat dan menyebabkan bau badan.

Jaga ketiak tetap bersih

Konsentrasi besar kelenjar apokrin hadir di ketiak, membuat daerah tersebut menjadi lebih rentan mengalami bau badan. Saat mandi, cuci ketiak secara teratur menggunakan sabun antibakteri, sehingga bau badan bisa diminimalkan.

Ini merupakan cara menghilangkan bau ketiak yang paling mudah dilakukan. Jika perlu, gunakan juga deodoran. Deodoran dapat dijadikan sebagai penghilang bau badan yang cepat. Menggunakan deodoran membuat bakteri lebih sulit berkembang.

Sementara antiperspiran menghambat kerja kelenjar yang menghasilkan keringat, sehingga mengurangi keringat di ketiak.

Mencukur rambut ketiak

Mengatasi bau badan juga dapat dilakukan dengan cara mencukur rambut ketiak lho!

Rambut ketiak yang terlalu lebat dapat memperlambat penguapan keringat, memberi bakteri lebih banyak waktu untuk memecahnya menjadi zat asam dan menghasilkan bau. Cobalah untuk sesekali mencukur rambut ketiak guna mengendalikan bau badan di area tersebut.

Berbagai macam obat bau badan alami

Bau badan seringkali dapat menurunkan kepercayaan diri. Namun, tak perlu khawatir, karena kamu dapat mencoba cara alami menghilangkan bau badan dengan pengobatan rumahan atau obat tradisional untuk mengatasi hal ini.

Pengobatan rumahan

Berikut adalah beberapa obat bau badan alami dapat kamu coba di rumah seperti yang telah dilansir dari Lite.

1. Baking soda

Penghilang bau badan pertama adalah baking soda. Baking soda atau soda kue dapat membantu menyerap kelembapan dari kulit, hal ini dapat membantu untuk mengurangi bau ketiak. Untuk menggunakan obat bau badan alami ini caranya cukup mudah.

Kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan jus lemon dengan perbandingan yang sama, kemudian oleskan pada ketiak, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata dapat mengatasi bau badan dengan cara menyeimbangkan pH kulit lho!

Kamu dapat mengoleskannya ke ketiak sebelum mandi, dan diamkan selama beberapa menit.

3. Jus lemon

Selain dapat digunakan secara bersamaan dengan baking soda, jus lemon juga dapat digunakan sendiri sebagai penghilang bau badan.

Jus lemon sebagai obat bau badan alami bertindak sebagai antiseptik yang baik. Ini dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau badan.

Jus lemon dapat dijadikan sebagai masker atau scrub untuk ketiak, atau kamu juga dapat mengonsumsi jus lemon. Ini dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya

Akan tetapi, jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu harus berhati-hati ya menggunakan obat bau badan alami ini. Sebaiknya, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter.

4. Tomat

Cara alami menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan menggunakan jus tomat. Jus tomat berfungsi sebagai astringent yang dapat mengurangi bau badan.

Kamu dapat mengoleskan jus tomat pada ketiak sebelum atau ketika mandi. Cara menghilangkan bau ketiak lainnya dengan jus tomat adalah dengan meminum satu hingga dua gelas jus tomat setiap hari.

Jamu untuk bau badan

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Cara alami menghilangkan bau badan lainnya adalah dengan jamu untuk bau badan.

Sejak dulu, jamu atau obat tradisional dipercaya dapat membantu mengobati beberapa kondisi tertentu, termasuk bau badan. Nah, berikut adalah beberapa daftar jamu untuk bau badan.

1. Kunyit asam

Kunyit asam merupakan jamu yang paling terkenal. Jika kamu ingin mendapatkan tubuh langsing dan terbebas dari bau badan, kamu dapat mengonsumsi jamu untuk bau badan ini secara rutin, setidaknya seminggu sekali.

2. Beras kencur

Jamu untuk bau badan selanjutnya adalah beras kencur. Jamu beras kencur memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya dapat mengatasi bau badan, jamu ini juga dapat membuat tubuhmu lebih segar lho!

3. Daun sirih

Daun sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai jamu untuk bau badan. Jika kamu ingin membuat jamu daun sirih, jangan lupa untuk mencampurkannya dengan madu ya untuk mengurangi rasa pahit.

Bagaimana cara menghilangkan bau badan pada anak?

Bau badan juga dapat dialami oleh anak-anak dan remaja, terutama ketika mereka memasuki masa pubertas. Ketika hal ini terjadi, kamu dapat menghilangkan bau badan pada anak dengan cara berikut ini.

  • Pastikan mereka mandi secara teratur untuk membatasi bakteri pada kulit
  • Beritahu anak untuk mencuci area yang mengandung kelenjar keringat, misalnya saja ketiak
  • Pastikan anak-anak untuk menggunakan pakaian bersih dan kering

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau badan pada anak yang bisa dilakukan.  

Meskipun demikian, dilansir dari Active Kids, beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan bau badan. Bau badan pada anak yang muncul lebih awal atau keringat berlebih dapat menjadi tanda kondisi medis yang mendasarinya.

Jika bau badan pada anak terjadi sebelum mereka berusia delapan tahun, atau jika bau badan beraroma tidak biasa, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

– medicalnewstoday.com, diakses 21 Mei 2020 – What’s to know about body odor?

https://www.medicalnewstoday.com/articles/173478#treatments

-webmd.com, diakses 21 Mei 2020 – Preventing Body Odor

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/preventing-body-odor#1

– healthline.com, diakses 21 Mei 2020 – 11 Life Hacks to Beat B.O.

https://www.healthline.com/health/beat-b-o-and-smell-fresh-hacks#1

– Rexona.com, diakses 06 Oktober 2020 – 3 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Lemon https://www.rexona.com/id/zona-keringat/cara-menghilangkan-bau-ketiak-dengan-lemon.html

– Beautynesia.id, diakses 06 Oktober 2020 – Bau Badan Gak Enak? 5 Jamu Tradisional Ini Bisa Atasi Bau Badan Kamu! https://www.beautynesia.id/berita-travel/bau-badan-gak-enak-5-jamu-tradisional-ini-bisa-atasi-bau-badan-kamu/b-143628

– Lite.my, diakses 06 Oktober 2020 – These Home Remedies Will Help You Kill Body Odour https://lite.my/trending/healthworks/body-odour-home-remedy

– Activekids.com, diakses 06 Oktober 2020 – Don’t Sweat It: Tips for Tackling Body Odor In Kids https://www.activekids.com/parenting-and-family/articles/don-t-sweat-it-tips-for-tackling-body-odor-in-kids#:~:text=Make%20sure%20they%20take%20a,the%20armpits%2C%20genitals%20and%20feet.&text=Add%20another%20bath%20or%20shower%20after%20playing%20sports%20or%20vigorous%20exercise.&text=Ensure%20kids%20are%20wearing%20clean%2C%20dry%20clothes%20every%20day.

 

    register-docotr