Kulit & Perawatan Tubuh

Agar Tak Salah Pilih, Pahami Jenis dan Manfaat Exfoliating Toner

May 25, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Saat ini penggunaan rangkaian perawatan kulit wajah kian populer, salah satunya yakni exfoliating toner.

Memiliki banyak manfaat bagi kulit, kamu perlu tahu bahwa memilih produk ini juga harus diperhatikan dan sesuai jenis kulit. Ini supaya kamu terhindari dari risiko iritasi.

Nah, yuk kenali lebih jauh tentang exfoliating toner berikut ini!

Apa itu exfoliating toner?

Exfoliating toner adalah produk perawatan wajah yang bermanfaat untuk mengangkat sisa-sisa kulit mati dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Umumnya produk ini mengandung bahan seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA), Poly Hydroxy Acid (PHA), atau glycolic acid. 

Mengapa exfoliating toner penting digunakan?

Menggunakan toner akan memberikan banyak manfaat bagi kulitmu dalam jangka panjang. Sebab, seringkali membersihkan wajah dengan cleanser saja tidak cukup untuk mengangkat semua kotoran dan minyak yang menempel di kulit.

Dalam proses tersebut, toner bekerja untuk membersihkan kulit lebih dalam lagi.

Toner akan menghilangkan semua kotoran yang tersisa dan membuat wajah terasa bersih dan segar. Di samping itu, toner dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH pada kulit.

Hal ini juga penting untuk melindungi kulit dari bakteri dan kotoran, sehingga kamu bisa mendapatkan kulit yang bersih dan cerah alami. 

Baca juga: Biar Kulit Cerah, 11 Bahan Ini Ternyata Cocok untuk Masker Wajah Alami           

Cara penggunaan

Ada banyak cara dalam menggunakan toner, tergantung jenis toner yang kamu gunakan. Khusus toner yang satu ini, kamu harus menggunakannya dengan kapas, ya.

Siapkan kapas dengan bentuk persegi, bulat atau bola kapas. Kemudian basahi kapas beberapa tetes toner. Pastikan kapas tidak terlalu basah tetapi seluruh bagiannya terasa lembap. 

Setelah itu sapukan kapas dengan lembut ke arah luar. Mulailah dari bagian tengah wajah. Usahakan hindari bibir dan area mata yang halus. Jangan lupa sapukan juga bagian leher untuk mengangkat kotoran yang menumpuk.

Perlu diingat, penggunaan toner jenis ini tidak bisa dengan cara disemprot kemudian ditepuk-tepuk pada wajah. Cara ini tidak akan efektif membasmi penumpukan sel kulit mati.

Baca juga: Kabar Gembira! Begini Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Permanen

Manfaat exfoliating toner 

Fungsi utama exfoliating toner adalah mengangkat sisa kotoran pada wajah. Kandungan aktif AHA dan BHA yang paling banyak ditemukan pada exfoliating toner mampu memberikan efek maksimal pada kulitmu.

Namun tidak berhenti sampai di situ saja, berikut ada manfaat dari toner yang bisa kamu rasakan pada kulit:

  • Menyeimbangkan tingkat pH wajah

Memiliki tingkat pH seimbang pada kulit mampu mencegah minyak berlebih dan dapat menghaluskan kulit.

  • Detoksifikasi

Toner wajah berfungsi untuk menghilangkan racun yang setiap hari ditemui di lingkungan seperti asap, debu, dan residu kimiawi lainnya dari kulit. Hal ini tentu membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Dalam penggunaan jangka panjang, toner juga mampu meredakan bekas-bekas jerawat. 

  • Mengecilkan pori-pori

Pori-pori wajah yang besar memungkinkan kotoran, minyak, serta racun lebih mudah masuk ke dalam kulit. Biasanya hal inilah yang membuat kulitmu berminyak, iritasi atau berjerawat. 

Sedangkan bila kamu rutin menggunakan toner, pori-pori wajah akan mengecil, sehingga kemungkinan minyak dan kotoran yang masuk lebih sedikit. Tentunya kondisi ini akan membuat kamu memiliki kulit yang lebih segar dan bebas dari jerawat. 

  • Mencerahkan wajah

Saat kulit tereksfoliasi dengan produk toner ini, sel-sel kulit mati akan dipecah. Kamu pun akan mendapatkan sel kulit baru yang lebih cerah dan lebih bercahaya.

Tahap penggunaan exfoliating toner

Merawat kulit wajah dengan toner adalah hal yang tepat. Namun kamu juga harus perhatikan urutan penggunaannya, ya. Berikut ini adalah tahap penggunaan toner yang tepat:

  1. Pertama-tama cuci wajah menggunakan pembersih. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan sisa minyak dari kulit.
  2. Aplikasikan toner untuk menghilangkan kotoran dan residu yang tersisa dari pembersih. Penggunaan toner setelah mencuci wajah sangat penting untuk mendapatkan kondisi kulit terbaik sebelum lanjut menggunakan pelembap. 
  3. Setelah itu, oleskan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit. Kamu juga bisa gunakan serum terlebih dahulu sebelum menggunakan pelembap. 

Memilih waktu penggunaan yang tepat

Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan exfoliating toner pada pagi hari dan malam hari setelah kamu membersihkan wajah. 

Penggunaan di pagi hari efektif untuk menghilangkan minyak yang menumpuk di wajah selama malam hari. Sedangkan penggunaan di malam hari akan membantu menghilangkan sisa makeup, kotoran, dan residu pada kulit. 

Namun bila kamu memilih produk toner dengan konsentrasi tinggi, kamu mungkin hanya perlu menggunakan produk sekali saja dalam sehari.

Penggunaan produk toner yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit. Risiko ini akan lebih tinggi pada mereka yang memiliki kulit jenis kering atau sensitif.

Demikian informasi yang perlu kamu ketahui seputar exfoliating toner. Selalu hati-hati ya dalam memilih produk perawatan kulit, sesuaikan dengan jenis kulit kamu.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    register-docotr