Kulit & Perawatan Tubuh

Atur Pikiran, Jangan Sampai Kena Dermatitis Numularis Akibat Stres

April 24, 2020 | Ajeng Annastasia
feature image

Ditinjau oleh: dr. Johanna Sihombing

Pernah mengalami kelainan di kulit yang terasa sangat gatal terutama saat sedang banyak pikiran? Bisa jadi ini karena dermatitis numularis akibat stres!

Kondisi ini kerap muncul terutama saat seseorang sedang merasa stres, banyak pikiran, cemas atau bahkan ketakutan. Agar lebih paham tentang masalah kulit ini, yuk simak informasi lengkapnya berikut.

Apa itu dermatitis numularis akibat stres?

dermatitis numularis
Sering gatal? Bisa jadi dermatitis numularis akibat stres (Foto: Shutterstock)

Dermatitis numularis merupakan kelainan di kulit yang berbentuk koin atau oval, gejalanya bisa berupa bercak merah kecil-kecil pada kulit yang timbul berkelompok dan terasa gatal dan perih. Bercak merah ini bisa berisi cairan yang kemudian membesar dan membentuk seperti koin.

Ukurannya mulai dari 2 cm hingga 6 cm. Biasanya gatal ini muncul pada tungkai bawah dan kaki, namun bisa juga muncul pada lengan, tangan dan batang tubuh.

Penyakit ini sering timbul pada pria yang berada di usia 55-65 tahun, namun tak jarang juga terjadi pada wanita.

Baca juga: Sering Mencukur Rambut Kemaluan, Hati-hati Bisa Kena Bisul

Penyebab dermatitis numularis akibat stres

Selalu jaga kesehatan fisik dan psikis untuk cegah numularis dermatitis (Foto: Shutterstock)

Tahukah kamu kalau dermatitis numularis akibat stres cukup sering terjadi? Ya, selain kondisi kulit yang kering dan alergi terhadap bahan tertentu, stres juga bisa menimbulkan terjadinya penyakit ini.

Mungkin ada yang pernah mengalami penyakit ini dan merasa tidak sembuh, atau bahkan sudah sembuh tapi kambuh lagi. Jika kamu merasa sudah teratur minum obat, bisa jadi pemicunya adalah faktor stres.

Meski terkesan sepele, stres sebenarnya merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan penyakit sejenis ini kambuh dan sulit sembuh.

Pengobatan dermatitis numularis

Gunakan krim agar kulit selalu lembap (Foto: Shutterstock)

Dermatitis numularis mungkin tidak berbahaya, tapi seringkali bisa bikin kamu tidak nyaman beraktivitas. Menjaga kelembapan area kulit dengan krim emolien pun bisa jadi salah satu solusi.

Jika penggunaan krim tak kunjung menyembuhkan, dokter mungkin akan memberikan resep obat minum. Tapi ingat ya, obat minum hanya boleh dikonsumsi atas resep dokter saja.

Pencegahan dermatisis numularis akibat stres

Jaga pikiran agar terhindari dari stres pemicu dermatitis numularis (Foto: Shutterstock)

Seperti disebutkan sebelumnya, dermatitis numularis akibat stres sangat mudah terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya atur pikiran kamu supaya terhindari dari stres. Jangan lupa juga selalu jaga kelembapan kulit dan hindari menggaruk secara kasar.

Mengatasi stres bisa dengan melakukan kegiatan sesuai dengan minat dan kemampuan, kembangkan hobi yang bermanfaat, terapkan perilaku hidup sehat dan bersih dengan olahraga teratur dan gizi yang seimbang, relaksasi diri dan selalu berpikir positif.

Baca juga: Produksi Sperma Menurun? Hati-hati Gejala Kemandulan

Reference

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panduan Praktis Klinis Bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer. Jakarta: Kementrian Kesehatan, 2014.
American Academy Dermatology. Nummular Dermatitis. n.d. https://www.aad.org/public/diseases/eczema/nummular-dermatitis#overview. 28 August 2019.

    register-docotr