Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Perawatan Wajah dengan Es Batu Sebelum Tidur dan Ragam Manfaatnya

October 16, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Perawatan wajah dengan es batu atau skin icing adalah alternatif yang digemari selain menggunakan produk skincare. Tak hanya murah, ada sejumlah alasan mengapa banyak orang tertarik dengan perawatan ini, salah satunya adalah mudah dilakukan sebelum tidur.

Lalu, apa saja manfaat dari skin icing? Bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini

Perawatan wajah menggunakan es batu

Skin icing adalah perawatan wajah alami menggunakan air dingin atau es batu yang relatif aman dilakukan. Bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang membuat sebagian orang tertarik untuk melakukannya, terutama wanita, yaitu:

  • Tidak membutuhkan biaya mahal
  • Praktis dan ringkas
  • Berbahan alami yaitu air, bukan zat kimiawi

Skin icing sendiri bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, sore, maupun malam hari. Namun, banyak orang yang melakukannya sebelum tidur karena alasan tertentu. Skin icing di malam hari dipercaya bisa memberikan sensasi rileks, sehingga dapat membuat tidur menjadi lebih lelap.

Cara melakukan skin icing sebelum tidur

Sebelum melakukan skin icing, diskusikan lebih dulu perawatan ini dengan dokter. Meski tanpa menggunakan bahan kimia, es batu memiliki suhu rendah yang tidak semua orang bisa dengan mudah menerimanya.

Ada banyak orang yang mempunyai kulit sangat sensitif terhadap suhu rendah, disebut dengan alergi dingin. Hal ini justru bisa menyebabkan masalah baru pada kulit, seperti munculnya bercak atau ruam kemerahan disertai rasa gatal.

Jika sudah siap, sekarang saatnya kamu untuk melakukan skin icing. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pastikan tidak ada sisa kosmetik yang masih menempel.
  2. Bersihkan wajah dengan mencucinya menggunakan sabun muka.
  3. Ambil es batu yang telah disiapkan dan masukkan ke dalam plastik. Plastik digunakan agar air tidak merembes ketika es batu mencair.
  4. Letakkan pada bagian-bagian tertentu di wajah yang diinginkan.
  5. Sembari melakukan skin icing, pijat secara perlahan dan lembut semua bagian wajah hingga leher.
  6. Setelah 3 hingga 5 menit, angkat plastik berisi es batu dari wajah.

Langkah yang sangat mudah, bukan? Kamu bisa melakukannya sambil berbaring, sembari menikmati sensasi rileks yang diberikan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Gunakan wadah khusus untuk menaruh es batu di kulkas. Pastikan wadah tersebut bersih agar tidak ada kuman dan bakteri yang ikut menempel saat es batu digunakan.
  • Jika tidak ada plastik untuk membungkus es batu, kamu bisa menggunakan kain. Usahakan untuk tidak langsung menaruh es batu ke wajah tanpa ada pembatas, karena bisa mempercepat terjadinya radang dingin atau ice burn.
  • Gunakan lap, kain bersih, atau tisu untuk menyeka cairan yang mungkin menetes dari es batu di wajah.
  • Hindari menempelkan es batu terlalu lama di kulit, karena paparan suhu beku bisa menyebabkan ice burn. Sebaiknya, jangan meletakkan es batu ke wajah lebih dari lima menit.

Manfaat perawatan es batu di malam hari

Meski sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, ternyata skin icing sebelum tidur bisa membawa banyak manfaat untuk kulit, lho. Beberapa efek tersebut adalah:

1. Membantu menghilangkan jerawat

Jerawat adalah tanda bahwa sedang terjadi inflamasi di kulit. Es batu bisa berfungsi untuk meredakan aktivitas peradangan dengan sifatnya yang menenangkan.

Jika dilakukan secara rutin, skin icing tidak hanya bisa meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan, tapi juga mengempiskan jerawat itu sendiri.

Baca juga: Sering Bikin Minder, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

2. Mengatasi kantung mata

Kantung berwarna gelap di bawah mata dapat menurunkan rasa percaya diri. Alih-alih menggunakan cream khusus yang berisiko menimbulkan iritasi, cobalah untuk rutin melakukan skin icing sebelum tidur.

Gerakkan es batu memutar dari bawah ke atas di bagian kantung mata secara perlahan. Ini akan membantu mengatasi penumpukan cairan berlebih di bawah mata yang membuatnya berwarna gelap.

3. Mengecilkan pori-pori

Jika air hangat bisa membuka pori-pori, maka es batu yang dingin bertugas untuk menutupnya kembali. Ya, salah satu manfaat dari skin icing adalah mengecilkan pori-pori. Hal ini akan menjaga wajahmu tetap bersih dari kotoran pemicu jerawat.

4. Memperlambat tanda penuaan dini

Menua adalah sesuatu yang pasti, tapi tanda-tandanya bisa diperlambat menggunakan es batu. Skin icing sebelum tidur bisa menghidrasi kulit wajahmu, sehingga dapat memperlambat munculnya garis halus dan kerutan di sekitar mata.

Nah, itulah cara melakukan perawatan menggunakan es batu sebelum tidur dan manfaatnya untuk kulit yang bisa kamu rasakan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan skin icing secara rutin, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Healthline, diakses 15 Oktober 2020, Can Ice Facials Reduce Puffy Eyes and Acne?
  2. Stylecraze, diakses 15 Oktober 2020, Ice Cube On Face: 15 Beauty Benefits.
  3. Femina, diakses 15 Oktober 2020, Benefits of skin icing.

    register-docotr