Kulit & Perawatan Tubuh

6 Tips Menjaga Kesehatan Kuku Agar Kuat dan Tidak Mudah Patah

August 13, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sama halnya dengan rambut dan kulit yang sehat, kuku yang kuat dan terawat juga bisa membuat penampilan menjadi lebih menarik.

Tidak hanya itu, kuku yang sehat juga bisa menjadi indikator kesehatan yang baik, lho. Kamu pun wajib tahu tips-tips menjaga kekuatan kuku agar tak mudah patah.

Tips menjaga kuku agar kuat dan tak mudah patah

Menjaga kuku agar tetap sehat tidak selalu harus dengan menggunakan perawatan yang mahal. Lalu, apa saja tips untuk menjaga kuku supaya tetap sehat?

1. Mencukupi kebutuhan biotin

Biotin dapat membantu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu sistem saraf tubuh berfungsi dengan baik.

Biotin bisa ditemukan pada beberapa makanan seperti sarden, telur yang dimasak, dan kacang-kacangan. Atau kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B.

2. Minimalkan terkena paparan air dan detergen berlebihan

Menjaga kelembapan dan kebersihan kuku dapat mencegah bakteri tumbuh pada kuku. Namun, kontak yang terlalu sering dengan air bisa menyebabkan kuku menjadi rapuh.

Jadi, kenakan sarung tangan karet jika kamu sedang melakukan kegiatan yang mengharuskan kamu untuk berkontak langsung dengan detergen, seperti mencuci piring atau kegiatan yang lainnya.

3. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Mengonsumsi cukup air sangatlah penting untuk kesehatan, termasuk kesehatan kuku. Jika kekurangan mineral, kuku bisa menjadi rapuh dan mudah patah.

Jadi, meminum air dalam porsi yang cukup, akan mempertahankan kelembapan kuku dan membuat kuku menjadi kuat.

4. Gunakan pelembap tangan secara teratur

Kuku yang gampang patah atau rapuh disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kuku yang terlalu kering.

Menggunakan pelembap menjadi salah satu solusinya. Saat kamu menggunakan losion untuk tangan, maka gosokkan juga ke bagian kuku dan kutikula pada jari kamu.

5. Hindari paparan zat kimia berlebihan pada kuku

Sekarang ini, banyak cat kuku atau yang biasa di sebut kuteks mengandung bahan kimia keras dan dapat melemahkan kuku. Penggunaan cat kuku dalam jangka panjang, bahkan yang tidak mengandung zat kimia pun bisa melemahkan kuku.

Setelah memakai cat kuku, bersihkan cat tersebut dengan penghapus cat kuku bebas aseton. Berikan waktu istirahat juga pada kuku ya, sebaiknya hindari memakai cat kuku terus-menerus.

6. Jaga agar kuku tetap pendek

Kuku yang panjang cenderung akan mudah patah. Memotong kuku secara teratur akan membuat kuku menjadi kuat juga sehat. Maka dari itu, kuku yang pendek akan menjadi tidak mudah patah, retak, dan juga pecah.

Kebiasaan yang perlu dihindari agar kuku tak mudah patah

Untuk mencegah kerusakan kuku, ada beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan. Hal tersebut meliputi:

Mencabut kutikula dan menggigit kuku

Kebiasaan seperti ini bisa merusak bantalan kuku. Bahkan luka kecil di sekitar kuku juga bisa memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.

Menarik kuku dengan paksa

Potong kuku dengan hati-hati. Jangan menariknya dengan paksa, karena bisa saja menyebabkan jaringan menjadi robek dan terluka.

Menggunakan produk perawatan kuku yang keras

Seperti disebutkan sebelumnya, batasi penggunaan cat kuku dan produk bahan kimia lainnya untuk kuku. Termasuk juga produk penghapus cat kuku seperti aseton.

Ciri-ciri kuku yang tidak sehat dan perlu diperhatikan

Kuku terdiri dari lapisan mengandung protein yang disebut keratin, yang tumbuh dari pangkal kuku hingga bawah kutikula. Kuku yang sehat biasanya terlihat halus, tanpa lubang ataupun tekukan.

Tidak hanya itu, kuku yang sehat juga memiliki warna dengan konsistensi yang sama, bebas noda ataupun perubahan warna. Namun, tidak semua kondisi kuku normal. Maka, konsultasikan ke dokter jika kuku kamu terlihat tidak sehat, seperti:

  • Perubahan warna kuku, seperti perubahan warna seluruh kuku atau garis gelap di bawah kuku
  • Perubahan bentuk kuku, seperti kuku yang melengkung
  • Kuku menipis atau menebal
  • Pemisahan kuku dari kulit di sekitarnya
  • Pendarahan di sekitar kuku
  • Bengkak atau nyeri di sekitar kuku
  • Kuku gagal tumbuh

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan kuku, maka konsultasikan secara online di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Baca Juga: Kenali 6 Vitamin Penting Berikut Ini untuk Jaga Kesehatan Kulit

Reference
  1. Healthline.com (2019). Diakses pada 11 Agustus 2020. 15 Tips for Stronger Nails
  2. Mayoclinic.org (2019). Diakses pada 11 Agustus 2020. Fingernails: Do’s and don’ts for healthy nails
  3. Webmd.com (2006). Diakses pada 11 Agustus 2020. A Dozen Tips for More Beautiful Nails
    register-docotr