Kulit & Perawatan Tubuh

Dengan Obat Kimia atau Bahan Alami, Berikut Cara Mengobati Bisul yang Benar

July 21, 2020 | Nanda Hadiyanti
feature image

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus dapat menimbulkan benjolan berisi nanah di bawah permukaan kulit, yang biasa disebut bisul. Meski bukan masalah serius, kamu perlu memahami cara mengobati bisul agar tidak semakin parah. 

Cara mengobati bisul sendiri, dapat dibagi sesuai dengan ukuran. Karena bisul ada yang berukuran kecil, ada bisul besar dan bisul bisa muncul beberapa benjolan sekaligus di satu waktu. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan berikut ini. 

Baca Juga: Cara Mengempeskan Bisul yang Aman, Salah Satunya dengan Bahan Alami!

Berikut beberapa cara mengobati bisul yang bisa kamu lakukan

Cara mengobati bisul bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa obat-obatan atau bisa juga menggunakan obat yang dijual bebas. Jika diperlukan, kamu bisa menemui dokter untuk mendapat perawatan medis.

Berikut pilihan cara mengobati bisul, sesuai dengan jenis bisul yang kamu alami. 

Bisul kecil

Cara mengobati bisul kecil bisa dirawat sendiri di rumah tanpa memerlukan obat-obatan. Umumnya, bisul akan membaik setelah beberapa hari jika kamu melakukan:

  • Mengompres bisul dengan waslap hangat
  • Saat mengompres beri tekanan untuk membantu bisul lebih cepat pecah secara alami
  • Namun perlu diingat, jangan memecahkan bisul secara paksa
  • Jangan juga menusuknya dengan jarum, karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi pada bisul dan kulit
  • Jika rutin mengompres hangat, bisul akan pecah dalam dua atau tiga hari
  • Setelah pecah bersihkan kulit dari nanah dan segera tutup luka dengan perban atau kain kasa untuk mencegah infeksi
  • Jika perlu, kamu bisa mengoleskan salep untuk bisul sebelum menutupnya dengan perban
  • Pastikan bersihkan tangan dengan sabun sebelum membersihkan bisul. Setelah membersihkan bisul, kamu juga perlu mencuci tangan untuk mencegah penyebaran infeksi. 

Bisul besar

Bisul besar terkadang juga bisa pecah dengan sendirinya. Hanya saja akan lebih baik jika kamu mengunjungi dokter untuk mendapat perawatan yang terjamin aman. Ini juga berlaku jika kamu mengalami bisul yang muncul beberapa benjolan sekaligus atau yang biasa disebut karbunkel.

Perawatan medis yang umum dilakukan adalah tindakan bedah untuk mengeluarkan nanah dari dalam kulit. Dokter akan membuat sayatan kecil dan akan mengeluarkan nanah dan membersihkannya. 

Setelahnya, kamu mungkin akan diberikan resep obat minum. Umumnya dokter akan memberikan obat minum untuk penghilang rasa sakit dan obat oles atau salep yang membantu menyembuhkan bisul. 

Obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan antara lain ibuprofen atau acetaminophen. Sementara untuk obat oles, yang umum digunakan antara lain:

Mupirocin

Mupirocin adalah antibiotik topikal atau oles untuk mengatasi penyakit pada kulit, umumnya penyakit yang disebabkan oleh staphylococcus aureus. Namun obat ini juga bisa digunakan pengobatan lain, jika memang dokter yang meresepkannya untuk pasien. 

Sefaleksin

Sama seperti mupirocin, sefaleksin adalah antibiotik yang digunakan dengan cara dioles. Kegunaannya untuk mengatasi sejumlah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri

Klindamisin

Ini juga termasuk antibiotik yang digunakan untuk menangani infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Tidak cuma digunakan untuk bisul, obat ini juga umum digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan penyakit lain. 

Baca Juga: Sering Mencukur Rambut Kemaluan, Hati-hati Bisa Kena Bisul

Cara mengobati bisul dengan bahan-bahan alami

Artikel Medicalnewstoday menyebutkan, selain perawatan medis, kamu juga bisa menerapkan cara mengobati bisul dengan bahan-bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang dipercaya dapat membantu mengempiskan bisul dan menyembuhkannya. 

  • Bawang bombay. Cara menggunakannya, potong bawang kecil-kecil, kemudian letakkan di atas bisul dan bungkus dengan kasa selama satu jam, dua kali sehari
  • Bawang putih. Kamu bisa menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya pada bisul, diamkan 10 hingga 30 menit dan lakukan dua kali sehari
  • Kunyit dan jahe. Cara mengobati bisul dengan bahan ini yakni rebus keduanya bersamaan, lalu gunakan air rebusan untuk mengompres bisul. Kompres selama lima hingga 10 menit setiap hari
  • Tea tree oil. Kamu cukup mengoleskan minyak ini pada permukaan bisul dan ini akan membantunya segera membaik
  • Minyak atsiri nimba. Jika dalam bentuk minyak, kamu bisa mengoleskannya pada kulit. Jika mendapatkan daunnya, kamu bisa menumbuknya. Setelahnya oleskan pada bisul dan biarkan 10 hingga 30 menit, dapat dilakukan hingga dua kali dalam sehari.

Demikian beberapa cara mengobati bisul yang bisa dilakukan. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmed diakses 16 Juli 2020 Boils
  2. Healthline diakses 16 Juli 2020 How to Get Rid of a Boil: Treating Small and Large Boils 
  3. Medicalnewstoday diakses 16 Juli 2020 Home remedies for boils
  4. MedicineNet diakses 16 Juli 2020 Boils (Skin Abscesses) 
    register-docotr