Kulit & Perawatan Tubuh

Stretch Mark Bikin Enggak Percaya Diri? Yuk, Coba Hilangkan dengan 5 Cara Ini!

October 3, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Stretch mark sebenarnya tidak berbahaya. Namun jika muncul di bagian tubuh yang terlihat, dapat mengurangi kepercayaan diri lho. Tapi tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa kamu pilih.

Baik dengan obat maupun secara alami, yuk lanjutkan membaca artikel ini untuk mencari tahu cara menghilangkan gangguan kulit tersebut.

Baca juga: Jangan Keliru, Selulit dan Stretch Mark Tidak Sama, Ini Lho Perbedaannya!

Mengenal stretch mark

Stretch mark adalah guratan berlekuk yang sering muncul di perut, payudara, pinggul, bokong, dan paha. Kondisi ini biasanya berkembang saat kulit kita meregang dan menyusut dengan cepat.

Perubahan mendadak ini menyebabkan kolagen dan elastin yang menopang kulit kita menjadi pecah. Ketika kulit sembuh, stretch mark kemudian muncul.

Saat pertama kali muncul, stretch mark berwarna merah atau ungu, kemudian stretch mark memudar dan berubah warna menjadi lebih terang, atau yang seringkali kita lihat berwarna putih. Stretch mark tak hanya dapat terjadi pada wanita saja, pria juga dapat mengalami kondisi ini.

Kehamilan dan pubertas merupakan dua waktu yang paling umum untuk mengembangkan kondisi ini.

Cara menghilangkan stretch mark dengan obat

Untuk menghilangkan stretch mark sepenuhnya sebenarnya sangat sulit, akan tetapi beberapa perawatan dapat membantu untuk meminimalkan kemunculan stretch mark lain dan membantu memudarkan penampilan stretch mark lebih cepat.

Berikut adalah cara menghilangkan stretch mark dengan obat.

Krim retinoid

Vitamin A disebut sebagai retinoid. Membuat tampilan kulit menjadi lebih halus dan awet muda. Ini banyak digunakan pada krim kosmetik topikal yang dijual di pasaran.

Mengaplikasikan krim retinoid, seperti obat topikal yang mengandung tretinoin pada kulit dapat membantu untuk memperbaiki tampilan stretch mark yang berusia kurang dari beberapa bulan.

Tretinoin sendiri bekerja dengan cara membantu membangun kembali kolagen yang mana hal ini dapat membuat stretch mark terlihat seperti tampilan kulit normal.

Akan tetapi, bagi wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan menggunakan produk ini karena memiliki efek samping yang dapat berpengaruh pada bayi.

Krim asam hialuronat

Asam hialuronat adalah kandungan yang dapat meningkatkan produksi kolagen atau protein di kulit yang menjaga kulit tetap sehat. Maka dari itu, krim yang mengandung asam hialuronat dapat membantu menghilangkan stretch mark.

Namun, sebelum menggunakan krim ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya agar terhindar dari efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan.

Baca Juga: Penyebab Kulit Wajah ‘Bruntusan’ yang Kamu Wajib Ketahui

Cara menghilangkan stretch mark secara alami

Untuk memudarkan stretch mark ada beberapa bahan-bahan alami lho yang bisa kamu gunakan, seperti:

Lidah buaya

Memiliki banyak manfaat, menjadikan lidah buaya sebagai bahan favorit pada produk perawatan kulit. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya adalah dapat membantu memudarkan stretch mark.

Lidah buaya adalah tanaman yang membantu meregenerasi jaringan kulit dan memiliki khasiat penyembuhan yang ajaib.

Untuk menggunakannya pun caranya mudah. Ambil gel lidah buaya dari tanaman, kemudian oleskan pada area stretch mark dan pijat lembut. Biarkan selama 20-30 menit, bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukannya setiap hari.

Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak kelapa

Cara lain menghilangkan stretch mark secara alami yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Stretch mark adalah bekas luka akibat kerusakan kulit, minyak kelapa dapat membantu untuk menyamarkan penampilan stretch mark dengan cepat loh.

Mengoleksan minyak kelapa murni di area kulit yang terdapat stretch mark setiap hari dapat membantu menghilangkan kemerahan pada stretch mark.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 8 Cara Mencegah Stretch Mark saat Hamil

Gula

Mengoleskan scrub gula pada kulit juga dapat membantu memudarkan stretch mark. Cara menghilangkan stretch mark ini dilakukan untuk mengeksfoliasi kulit dengan menyingkirkan kulit mati.

Berikut cara yang dapat kamu lakukan:

  • Campurkan satu cangkir gula dengan ¼ bahan pelembut, seperti minyak almond atau minyak kelapa
  • Tambahkan jus lemon
  • Oleskan campuran tersebut ke bagian tubuh yang terdapat stretch mark, kemudian gosok dengan lembut
  • Pastikan untuk menggosok campuran ini pada kulit selama 8-10 menit
  • Kamu dapat melakukan cara ini beberapa kali seminggu.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa kamu lakukan. Jika kamu khawatir akan tampilan stretch mark, tak ada salahnya lho untuk melakukan cara yang sudah di jelaskan di atas. Selamat mencoba!

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 01 Oktober 2020. Stretch marks: Why They Appear and How to Get Rid of Them 

Healthline (2020). Diakses pada 01 Oktober 2020. Home Remedies for Stretch marks: 5 Ingredients to Try 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 01 Oktober 2020. Stretch mark

NDTV Food (2018). Diakses pada 01 Oktober 2020. How to Remove Stretch marks: 7 Effective Natural Remedies 

 

    register-docotr