Kulit & Perawatan Tubuh

7 Cara Menghilangkan Selulit yang Mudah, Wajib Kamu Coba Nih!

June 16, 2020 | Anisya Fitrianti
feature image

Selulit bisa muncul baik pada pria maupun wanita. Biasanya selulit muncul di area pinggul, paha, perut, pantat, dan payudara. Terkadang kemunculan selulit dapat mengganggu penampilan dan membuat stres. Ingin tahu cara menghilangkan selulit? Yuk simak di sini! 

Apa penyebab selulit? 

Tumpukan lemak di bawah kulit yang terjadi pada selulit. (Foto:https://www.shutterstock.com)

Selulit terjadi akibat ketidakmampuan tubuh untuk membuang racun, lemak, serta cairan. Sehingga lemak terperangkap di bawah kulit dan menyebabkan jaringan berserat yang menjadi keras dan menimbulkan efek tidak rata. 

Selulit disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari hormon, diet yang buruk, gaya hidup yang tidak sehat, akumulasi racun dalam tubuh, pertambahan berat badan, kurang bergerak, atau kehamilan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Aman dan Ampuh

Sebenarnya keberadaan selulit adalah sesuatu yang normal. Tetapi jika kamu ingin menguranginya, kamu dapat mencoba cara menghilangkan selulit berikut ini. 

Cara menghilangkan selulit

1. Jaga hidrasi tubuh

Sel kulit sama dengan sel tubuh lainnya yang membutuhkan air. Air dapat membantu mempertahankan penampilan kulit yang lembap. Sehingga bila kamu dehidrasi, kamu berpotensi menambah selulit. 

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, sebenarnya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Namun  rata-rata wanita dewasa direkomendasikan mengonsumsi sekitar 2,7 liter air setiap hari, termasuk air dari makanan.

2. Mempertahankan berat badan yang sehat

Faktanya seseorang dengan berat berapapun bisa mendapatkan selulit. Namun orang dengan jaringan lemak yang lebih banyak dalam tubuh meningkatkan risiko untuk mendapat selulit yang lebih banyak. Juga, orang yang kelebihan berat badan dapat memperjelas selulit yang ada pada kulitnya. 

3. Cara menghilangkan selulit dengan dry brushing

Cobalah lakukan dry brushing. Dry brushing adalah proses menyikat tubuh atau kulit dalam keadaan kering menggunakan sikat lembut. 

Meskipun tidak akan sepenuhnya menghilangkan selulit, dry brushing dapat membantu meratakan timbunan lemak di bawah kulit. Dry brushing  juga dapat melembutkan dan mengencangkan kulitmu jika kamu rutin melakukannya.

4. Gunakan krim penghilang selulit

Kamu juga bisa mencoba krim penghilang selulit yang  dijual bebas di apotek atau toko obat online. 

Berdasarkan rekomendasi American Academy of Dermatology, pilihlah obat penghilang selulit yang mengandung retinol 0,3 persen serta vitamin A. Biasanya krim penghilang selulit juga mengandung vitamin C, E, carnitine, forskolin, escin atau sacred lotus. 

Kamu juga harus menggunakannya minimal selama 6 bulan atau lebih untuk melihat perubahan pada kulitmu. 

Baca juga:  Bikin Gatal dan Tidak Nyaman, Ini Cara Menghilangkan Biang Keringat

5. Cara menghilangkan selulit dengan rajin olahraga

Olahraga memang tidak akan menghilangkan selulit seutuhnya, tapi olahraga dapat membantumu menurunkan berat badan memperlancar aliran darah, yang berarti dapat mencegah timbulnya selulit yang baru. 

Cobalah lakukan olahraga kardio seperti jogging, renang, bersepeda, atau menari. Selain itu lakukan gerakan seperti squat atau lunges yang fokus di bagian paha. Hal ini dapat membantu menghilangkan selulit di bagian bawah paha. 

cara menghilangkan selulit
Gerakan lunges untuk menghilangkan selulit. Foto: https://www.verywellfit.com

6. Konsumsi suplemen kolagen 

Beberapa pilihan suplemen kolagen kulit tersedia dan bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan selulit. 

Selulit sebenarnya merusak pita-pita kolagen di dalam kulit. Sehingga meminum kolagen kulit dapat membantu memperbaiki selulit dan struktur lainnya yang mampu meningkatkan metabolisme dalam sel-sel kulit.

Pada sebuah penelitian di 2015, ditemukan bahwa suplemen kolagen memiliki pengaruh dalam pengurangan selulit serta peningkatan ketebalan kulit. Penelitian tersebut dilakukan pada kelompok orang berat badan yang sehat.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sejauh mana suplemen kolagen dapat mengurangi selulit.

7. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol sama-sama menghasilkan racun di dalam tubuh. Mengonsumsi keduanya secara berlebih dapat memperlambat produksi kolagen di kulit sehingga menyebabkan timbulnya keriput dan selulit.

Selain melakukan cara-cara  di atas, untuk menghilangkan selulit kamu juga perlu menghindari beberapa hal berikut

  • Memakai baju ketat
  • Menambah kadar lemak dalam tubuh
  • Obat-obatan yang menyebabkan retensi air
  • Menjalankan diet yang tidak seimbang 

Itu dia beberapa cara menghilangkan selulit yang bisa kamu coba di rumah. Perlu diingat menghilangkan selulit tidak akan memakan waktu yang singkat. Sehingga kamu harus melakukannya dengan rajin dan teratur ya. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr