Kulit & Perawatan Tubuh

Mata Panda Bikin Minder, Begini Cara Menghilangkannya yang Perlu Kamu Coba!

May 4, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mata panda atau lingkaran berwarna hitam yang muncul di bawah mata membuat penampilanmu jadi kurang oke? Itu saatnya kamu cari tahu cara menghilangkan mata panda.

Namun sebelum mengetahui cara-caranya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu mata panda dan kenapa bisa terjadi.

Baca Juga: Peluang Hamil Lebih Besar, Begini Cara Menghitung Masa Subur

Apa itu mata panda?

Mata panda adalah kondisi kulit yang terlihat menghitam di bawah mata. Bentuknya yang melingkar membuat orang yang mengalaminya terlihat seperti panda. Itu sebabnya kondisi ini dikenal dengan sebutan mata panda.

Kondisi ini seringkali juga muncul bersama dengan kantung mata. Seseorang yang mengalaminya akan terlihat tampak lebih tua dari usia aslinya.

Lingkaran hitam di bawah mata ini bisa terjadi pada wanita dan juga pria. Biasanya mata panda bukan indikasi masalah medis.

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya mata panda?

Secara umum, kondisi menghitamnya bagian bawah mata disebabkan oleh kelelahan. Namun ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata, seperti:

Kurang tidur

Kurangnya waktu tidur akan berpengaruh pada kondisi pembuluh darah dan akibatnya membuat kulit sekitar mata menjadi lebih gelap.

Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, kulit akan berkurang keelastisitasannya. Proses regenerasi juga melambat. Ini berpengaruh pada kulit di bawah mata yang menjadi lebih gelap.

Mata tegang

Melakukan aktivitas seperti menonton televisi atau menatap komputer terus menerus bisa membuat mata tegang. Ini akan menyebabkan pembuluh darah di sekitar mara membesar dan berakibat pada timbulnya mata panda.

Efek pigmentasi

Berada di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama dapat membuat tubuh memproduksi melanin berlebih. Ini akan berpengaruh pada warna kulit, termasuk kulit di sekitar mata.

Faktor genetik

Beberapa orang terlahir dengan kondisi genetik tertentu, seperti kondisi kulit bawah mata yang mudah menghitam. Biasanya kondisi ini tetap ada meski sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Lalu bagaimana cara menghilangkan mata panda?

Ada dua pilihan yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan mata panda. Pilihan pertama yaitu dengan perawatan mandiri di rumah.

Perawatan di rumah sebagai cara menghilangkan mata panda

  1. Kompres mata dengan air dingin

Sisihkan waktu setidaknya 20 menit untuk mengompres mata dengan waslap yang sudah dibasahi dengan air es. Mengompres dapat membantu mengurangi pembengkakkan pada pembuluh darah di sekitar mata.

Jika pembuluh darah berada dalam kondisi normal, maka lingkaran hitam di bawah mata juga akan menghilang.

  1. Tidur cukup

Usahakan untuk memenuhi waktu tidur selama tujuh hingga delapan jam. Dengan cukup istirahat dapat membantu menghilangkan mata panda dengan sendirinya.

  1. Tidur dengan bantal lebih tinggi

Posisi kepala yang lebih tinggi mencegah cairan terkumpul di bagian bawah mata. Berkumpulnya cairan ini biasanya yang menyebabkan mata bengkak dan juga terlihat menghitam di bagian bawah.

  1. Mengompres mata dengan teh

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat merangsang sirkulasi darah dan mengecilkan pembuluh darah.

Caranya rendam dua kantung teh hijau atau hitam di dalam air panas selama lima menit. Kemudian dinginkan. Bisa diletakkan di lemari es selama 15 hingga 20 menit

Baru kemudian gunakan untuk mengompres mata selama 10 sampai 20 menit. Setelahnya bilas dengan air.

  1. Dengan teknik makeup

Meski bukan menghilangkan secara permanen, namun dengan make up mata panda akan tertutup sempurna. Menggunakan concealer dapat menyamarkan mata panda dan membuatnya terlihat sama dengan warna kulit wajah lainnya.

Baca Juga: Tidak Kalah Sehat, Ini Makanan Pengganti Nasi untuk Sahur dan Buka Puasa

Cara menghilangkan mata panda dengan beberapa cara medis:

  1. Peeling wajah. untuk mengurangi pigmentasi kulit.
  2. Penggunaan laser kulit. Selain menghilangkan mata panda, prosedur ini juga dapat mengencangkan kulit.
  3. Filler jaringan yang mempengaruhi kondisi pembuluh darah dan melanin, sehingga dapat menghilangkan mata panda.

Dengan cara-cara di atas, mata panda akan membaik. Namun jika kondisi kulit di bawah mata terus memburuk, tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan dokter kulit, untuk memastikan kesehatan kulitmu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com diakses 30 April 2020 What Causes Dark Circles Under Your Eyes?
  2. Mayoclinic.org diakses 30 April 2020 Dark circles under eyes
    register-docotr