Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Menghilangkan Kutu Rambut: Minyak Zaitun hingga Shampo

September 7, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Kutu rambut tentu menjadi masalah yang cukup mengganggu penampilan. Selain itu juga dapat menimbulkan gatal-gatal yang berlebihan pada kulit kepala. Namun jangan khawatir, ini cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun. 

Baca Juga: Pernakah Kamu Mengalami Kutu Rambut? Ini Lho Penyebabnya

Penyebab kutu rambut

Parasit yang berkembang di kulit kepala serta mengakibatkan gatal disebut kutu rambut. Biasanya kamu akan mengalami hal ini jika telah melakukan kontak dengan orang yang memiliki kutu rambut. 

Timbulnya kutu rambut pada kulit kepalamu pertanda kebersihan yang buruk dan bisa menjadi penyebab penyakit.

Kutu rambut ini pada umumnya menyerang anak-anak usia prasekolah dan sekolah dasar.

Dilansir dari Healthline, kamu perlu berhati-hati karena kutu rambut sangat cepat menular. Penyebab kutu rambut yang bisa membuatmu terinfeksi adalah beberapa hal berikut ini: 

  • Menyentuh kepala orang yang memiliki kutu 
  • Berbagi barang pribadi seperti sisir dengan seseorang yang memiliki kutu rambut 
  • Menggunakan pakaian atau kain dari orang yang memiliki kutu rambut.

Penyebab kutu rambut melalui benda mati juga sangat memungkinkan. Benda mati tersebut seperti sikat, sisir, jepit, ikat kepala, headphone, dan topi.

Mungkin juga kutu akan hidup selama beberapa waktu pada furnitur, tempat tidur, handuk, atau pakaian.

Namun kamu tak perlu khawatir, kutu rambut dapat disembuhkan dengan beberapa perawatan salah satu cara yang paling efektif menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun. 

Cara menghilangkan telur kutu

Membasmi kutu tanpa menghilangkan telurnya yang menempel pada rambut adalah hal yang sia-sia. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), satu kutu betina bisa menghasilkan 30 telur dalam sebulan.

Jika kutu dewasa memiliki tubuh sebesar 2 milimeter, telurnya bisa lebih kecil dari itu. Sebagian orang mungkin akan kesulitan untuk melihatnya. Telur kutu pada rambut biasanya berwarna coklat atau putih, memiliki tekstur yang keras.

Untuk menghilangkannya, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Gunakan sisir kutu

Cara menghilangkan telur kutu yang pertama adalah menggunakan sisir kutu atau yang lebih dikenal dengan serit. Berbeda dengan sisir pada umumnya, serit memiliki gigi yang lebih rapat. Jeda antar rongga yang sempit inilah bisa membuat kutu beserta telurnya tersangkut.

Mengutip Medical News Today, mulailah untuk menyisir dari atas kepala hingga mendekati leher, lalu ulangi pada sisi lainnya. Lakukan cara menghilangkan telur kutu yang satu ini setiap hari setidaknya selama satu minggu.

2. Obat pembasmi kutu rambut

Cara menghilangkan telur kutu pada rambut selanjutnya adalah menggunakan obat pembasmi parasit. Mengutip Medline Plus, obat pembasmi kutu rambut yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini biasanya mengandung permethrin.

Permethrin cukup ampuh untuk membunuh berbagai macam parasit beserta telurnya yang menempel pada kulit, seperti tungau, kutu, dan serangga kecil lainnya. Obat ini cocok digunakan untuk segala usia, termasuk pada bayi di atas 2 bulan.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu cukup oleskan pada kulit kepala dan rambut yang terdapat telur kutu. Gunakan secara rutin selama 14 hari, lalu lihat perkembangannya. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai obat ini mengenai mata karena bisa sebabkan iritasi.

3. Shampo kutu rambut

Selain obat pembasmi kutu rambut, kamu juga bisa menggunakan beberapa produk sampo. Berbeda dengan produk biasa, shampo kutu rambut memiliki kandungan yang diformulasikan untuk menangani masalah ini.

Beberapa senyawa aktif yang biasanya terdapat pada shampo kutu rambut di antaranya adalah permetrin, piretrum, dan ivermektin. Senyawa aktif tersebut masuk dalam golongan insektisida.

Meski relatif aman untuk orang dewasa, penggunaan shampo kutu rambut pada anak-anak memerlukan perhatian lebih.

Selain bisa menyebabkan iritasi di kulit kepala, kandungan-kandungan tersebut juga dapat membuat mata perih.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan mayones

Tidak hanya menggunakan obat-obatan dan shampo, ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang bisa kamu lakukan. Meski, cara ini mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang menggunakan bahan-bahan kimiawi.

Kamu dapat menggunakan mayones untuk mengatasi kutu rambut. Mengutip Medical News Today, mayones yang digunakan bersama serit bisa mempermudah untuk menghalau kutu beserta telurnya. Selain itu, mayones juga diklaim bisa meredakan gatal dan iritasi akibat gigitan kutu.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun  

Selain melakukan perawatan, ada kalanya kamu juga membutuhkan sebuah alat untuk membasmi parasit ini seperti sisir kutu untuk menyisir telur kutu, nimfa, dan kutu dewasa pada rambut.

Kamu dapat menggabungkan pemakaian sisir kutu dengan beberapa perawatan di rumah yang mudah.

Pada beberapa metode pengobatan rumahan untuk membasmi kutu. Salah satu perawatan dengan bahan alami yaitu menggunakan minyak zaitun. 

Dilansir dari Olive Oil Source, minyak zaitun adalah salah satu obat alami yang paling efektif untuk mengatasi kutu rambut. 

Cara melakukannya pun cukup mudah, kamu bisa memulai dengan meletakkan handuk di bahu, lalu oleskan minyak zaitun secukupnya ke seluruh kepala dan usapkan secara perlahan ke seluruh rambut. 

Akan lebih baik jika seluruh kulit kepala mendapatkan olesan minyak zaitun.

Kemudian kamu rapikan rambut di atas kepala, dan bungkus semua helai rambut yang sudah diminyaki dengan topi mandi yang terbuat dari plastik. Lalu tutup lagi dengan handuk sekencang mungkin. 

Sebelum keramas, sisir rambut menggunkan sisir kutu. Pastikan seluruh bagian rambut disisir secara perlahan. 

Jika sudah, segera untuk cuci rambut hingga bersih untuk menghilangkan bekas minyak dengan menggunakan sampo yang lembut. Kamu juga sangat disarankan melakukan pijatan pada kulit kepala. 

Baca juga: Awas! Sering Gonta-ganti Shampo Datangkan Masalah Bagi Rambut

Manfaat minyak zaitun

Minyak zaitun akan membunuh kutu-kutu rambu, tetapi tidak untuk telur. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus mengulangi perawatan beberapa hari kemudian sampai kulit kepala bebas dari seluruh kutu dan telurnya.

Ada beberapa alasan praktis yang membuat minyak zaitun menjadi pilihan yang lebih baik dalam pengobatan kutu rambut. 

Bahan alami ini tentu harganya lebih terjangkau dan mudah untuk dicuci daripada menggunakan petroleum jelly dan zat-zat kimia lainnya. 

Minyak zaitun adalah pilihan yang baik untuk perawatan kutu karena tidak menimbulkan efek samping yang serius untuk kesehatan. 

Selain itu perawatan kutu dengan bahan alami juga akan menghindari kamu dari potensi penyerapan pestisida kimia. 

Jika kulit kepala atau kutu-kutu rambut terlalu sering terkena dengan bahan-bahan kimia tentu saja akan menjadi kebal terhadap berbagai pestisida. 

Perawatan minyak zaitun mungkin akan lebih rumit dalam proses pengolahannya, tetapi memiliki manfaat yang bagus dan sehat untuk kulit kepala dalam jangka panjang.

Bila kamu telah melakukan berbagai macam pengobatan secara mandiri di rumah tetapi kutu rambut tidak kunjung hilang dan malah semakin bertambah, jangan ragu untuk segera konsultasikan dengan dokter ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 22 Juli 2020. What can I do about head lice?
  2. Healthline.com (2019) diakses 22 Juli 2020. Head Lice Infestation
  3. Healthline.com (2019) diakses 22 Juli 2020. Home Remedies for Head Lice: What Works?
  4. Oliveoilsource.com (2010) diakses 22 Juli 2020. Olive Oil is One of the Best Ways to Combat Head Lice: It’s a FACT
  5. Stylecraze.com (2020) diakses 22 Juli 2020. How To Use Olive Oil To Treat Head Lice 
  6. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), diakses 7 September 2020, Parasites.
  7. Medical News Today, diakses 7 September 2020, 6 home remedies for lice.
  8. Medical News Today, diakses 7 September 2020, Seven effective steps to get rid of lice.
  9. Verywell Health, diakses 7 September 2020, The 7 Best Lice Shampoos of 2020.
  10. Medline Plus, diakses 7 September 2020, Permethrin Topical.
    register-docotr