Kulit & Perawatan Tubuh

Yuk Simak Cara Menghilangkan Kutil di Sekitar Kelopak Mata Berikut Ini

September 2, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kutil memang membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Kutil juga biasanya tumbuh di bagian tubuh mana saja termasuk kelopak mata. Nah, berikut adalah cara menghilangkan kutil di sekitar kelopak mata.

Baca Juga: Hati-hati! Jenis-jenis Kutil Berbahaya Ini Bisa Picu Komplikasi

Cara menghilangkan kutil di sekitar kelopak mata

Kutil biasanya muncul pada bagian kulit yang kerap bergesekan dengan kulit atau pakaian. Bagian yang sering muncul kutil antara lain kelopak mata, leher, ketiak, bagian bawah payudara dan pangkal paha. 

Berikut ini adalah cara menghilangkan kutil di sekitar kelopak mata, antara lain:

Air lemon

Lemon adalah buah yang mengandung vitamin C dan sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga disebut sangat ampuh digunakan untuk melawan virus penyebab kutil.

Agar mendapatkan hasil maksimal, kamu cukup oleskan air perasan lemon setiap hari hingga kutil mengecil dan hilang.

Madu 

Cara menghilangkan kutil di sekitar kelopak mata selanjutnya dengan menggunakan madu. Kamu bisa mengoleskan madu pada kutil di sekitar kelopak mata untuk menghalangi keluarnya oksigen di dalam kulit yang terinfeksi virus.

Hal ini akan membuat virus mati dengan seketika sehingga infeksi akan berangsur-angsur sembuh.

Kulit pisang

Kulit pisang mengandung enzim proteolitik yang mampu dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil.

Kamu cukup gosok kulit pisang di area yang terserang kutil dan pastikan untuk mencuci tangan setelahnya agar virus kutil tidak menyebar. Lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Air nanas

Air nanas mengandung asam dan enzim pelarut yang dapat membantu menghancurkan benjolan kutil pada kulit. Kamu bisa menggunakannya dengan cara merendam kutil secara rutin mampu mempercepat masa penyembuhan.

Bawang putih

Tak hanya dijadikan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih diyakini dapat melepuhkan dan merontokkan jaringan kulit berlebih yang menyebabkan benjolan kutil. 

Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat membasmi virus herpes.

Cuka apel

Zat asam yang terkandung dalam cuka apel sangat efektif digunakan untuk menghilangkn beberapa jenis bakteri dan virus penyebab kutil. 

Selain itu, tingkat keasaman yang sangat tinggi dari cuka mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil.

Kamu bisa menggunakanannya dengan cara mengoleskan cuka apel pada kutil di sekitar kelopak mata setiap malam dan lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antivirus dan antiseptik sehingga sangat ampuh untuk mengatasi virus penyebab kutil. Tea tree oil juga berfungsi untuk menghentikan infeksi dan perkembangan jamur dan bakteri untuk mengurangi peradangan, kemerahan, dan iritasi.

Cara menggunakannya, cukup oleskan setetes tea tree murni oil ke kutil. Lalu gunakan kapas atau perban di atasnya dan biarkan selama delapan jam, atau idealnya biarkan dalam semalam. 

Saat pagi hari, lepas perban dan bersihkan area tersebut. Lakukan cara ini sampai kutil menghilang atau rontok, biasanya antara satu hingga empat minggu.

Minyak serai

Selain ampuh untuk mengatasi virus herpes simplex tipe 1. Minyak serai ternyata juga ampuh digunakan untuk menghilangkan kutil dengan cepat dan memberikan kesan dingin pada luka.

Minyak oregano

Minyak oregano memiliki efek antibiotik yang ampuh untuk membunuh bakteri serta mengendalikan infeksi. Oleh karena itu, menggunakan minyak oregano sebagai obat mengatasi kutil adalah langkah paling efektif.

Lakban 

Ini adalah cara paling unik untuk menghilangkan kutil. Kamu hanya perlu menempelkan lakban di area berkutil selama 12 jam. Setelah lakban dilepaskan, segera rendam area tersebut dengan air hangat.

Daun basil 

Daun basil memiliki kandungan antivirus yang efektif digunakan untuk menghancurkan virus penyebab kutil. Caranya kamu cukup tumbuk daun basil hingga halus dan beri sedikit air setelahnya jika kamu ingin memanfaatkannya.

Setelah itu, kamu hanya perlu mengoleskan campuran tersebut pada area yang tumbuh kutil seperti kelopak mata.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 1 September 2020. 16 Natural Home Remedies for Warts. 1 September 2020 pukul 17.30.
  2. webmd.com (2020) diakses 1 September 2020. Warts: Treatments and Home Remedies. 1 September 2020 pukul 18.00.
    register-docotr