Kulit & Perawatan Tubuh

Yuk, Kenali 10 Cara Menghilangkan Komedo Putih pada Wajah

October 11, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Komedo putih ternyata dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih parah atau bahkan menjadi bisul. Jika kamu mengalaminya, berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo putih yang perlu kamu ketahui.

Apa itu komedo putih? 

Komedo putih adalah jenis jerawat yang terbentuk saat kulit mati sehingga minyak dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori kulit. 

Penyumbatan pori-pori adalah penyebab utama munculnya komedo putih. Biasanya penyumbatan pori-pori ini terjadi di sekitar kulit hidung, dagu dan dahi atau yang dikenal dengan zona T. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan berbagai cara alami. Atau bisa juga menggunakan obat yang dijual bebas di apotek dan toko obat.

Cara menghilangkan komedo putih

Komedo putih dianggap sebagai jenis jerawat yang ringan. Sehingga cara menghilangkan komedo putih pun relatif lebih mudah dibanding jenis jerawat lainnya. Cara-cara yang bisa dilakukan antara lain:

1. Menggunakan uap hangat

Saat kulit terkena uap hangat akan mendorong pori-pori yang tersumbat menjadi terbuka. Sehingga sumbatan mudah keluar dan komedo putih bisa menghilang dari kulit. 

2. Menggunakan cuka apel

Cuka apel dipercaya mampu membantu mengeringkan dan mengecilkan pori-pori. Jika ingin menggunakannya sebagai cara menghilangkan komedo putih, kamu cukup mencampur dua sendok makan cuka apel dengan 250 ml air hangat. 

Aduk dua bahan tersebut dan oleskan pada kulit ditumbuhi komedo putih. Biarkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan dengan rutin untuk mendapat hasil maksimal. 

3. Menggunakan jus lemon

Sifat asam jus lemon dapat berfungsi mengeringkan kulit dan menyerap minyak berlebih. Jus lemon juga bersifat antibakteri dan membantu mengurangi peradangan. 

Jika ingin menggunakannya untuk menghilangkan komedo putih, kamu perlu memeras lemon dan kemudian mengoleskannya pada area yang berkomedo. Biarkan selama 20 menit dan bilas. Lakukan hingga komedo putih menghilang dari kulit.

4. Memakai masker madu 

Kamu bisa menggunakan masker madu di wajah untuk mengatasi komedo putih. Oleskan madu yang telah dihangatkan selama 15 menit pada wajah. Sifat antibakteri madu akan membantu mengusir komedo putih dari permukaan kulit wajahmu.

5. Astringent witch hazel

Astringent adalah produk kecantikan seperti toner. Berbentuk cair dengan fungsi membantu mengecilkan pori-pori. Menggunakan astringent dengan kandungan witch hazel dapat mengatasi komedo putih pada kulit. 

Karena kandungan witch hazel dapat menghilangkan minyak berlebih serta mampu memaksimalkan fungsi dari astringent dalam mengatasi komedo putih. 

6. Tea tree oil

Banyak pembersih wajah, penyegar atau produk wajah lainnya yang mengandung tea tree oil. Ini karena kandungannya dikenal sebagai antiinflamasi dan antimikroba. 

Karena sifat antiinflamasi dan antimikroba tersebut tea tree oil juga dianggap dapat mengangkat sumbatan pori-pori dan komedo putih dari permukaan kulit. 

7. Asam salisilat

Yang satu ini termasuk ke dalam obat yang dijual dengan bebas. Kamu dapat menggunakan asam salisilat untuk mengatasi komedo putih karena zat ini dapat menurunkan produksi minyak dan membantu mendorong sumbatan ke luar dari dalam pori-pori kulit. 

Selain itu dengan mengoleskan asam salisilat pada kulit berkomedo juga dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati. Tapi penggunaan asam salisilat dapat menyebabkan kulit kering, sehingga ada baiknya hanya digunakan sesekali saja dan tidak berlebihan. 

8. Benzoyl peroxide

Seperti asam salisilat, benzoyl peroxide juga termasuk obat yang dijual dengan bebas. Kandungannya juga bisa ditemukan dalam sabun wajah, toner hingga krim perawatan wajah. 

Benzoyl peroxide bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan mengeringkan minyak berlebih. Sifat antibakterinya juga dipercaya dapat mengangkat sumbatan penyebab munculnya komedo putih pada kulit wajah. 

Namun obat ini juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Karenanya, kamu perlu memilih produk dengan cermat. Pilihlah produk yang hanya mengandung 2 persen benzoyl peroxide dan gunakanlah hanya satu kali sehari di awal pemakaian. 

9. Menggunakan krim retinoid ringan

Krim retinoid mengandung vitamin A yang kuat. Di mana vitamin A dapat mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan pertumbuhan kulit. 

Untuk menunjang kesehatan kulit dan mengatasi komedo putih, kamu bisa mencoba krim retinoid ringan seperti adapalen, yang bisa didapatkan dengan bebas di apotek atau toko obat. 

Kamu cukup mengoleskan krim tersebut sesuai dengan petunjuk penggunaan. Lakukan dengan rutin hingga komedo putih hilang dari kulitmu.

10. Asam alfa hidroksi (AHA)

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kandungan AHA pada produk kecantikan. Karena memang kandungannya sangat bermanfaat.

AHA dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kemungkinan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Dengan kata lain, AHA dapat mengatasi komedo putih sekaligus mencegahnya datang kembali. 

Demikian beberapa cara menghilangkan komedo putih yang bisa kamu coba di rumah. Selain itu, usahakan untuk tidak menyentuh area berkomedo dengan tangan, apalagi memencetnya. Karena tangan yang kotor akan menambah bakteri pada kulit dan dapat menyebabkan iritasi. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 8 Oktober 2020
12 Ways to Get Rid of Whiteheads
Healthline, diakses 8 Oktober 2020
Everything You Need to Know About Whiteheads
Medical News Today, diakses 8 Oktober 2020
Ten home remedies to get rid of whiteheads

    register-docotr