Kulit & Perawatan Tubuh

Menghilangkan Bulu Ketiak, Pilih Hasil Sementara atau Permanen?

November 4, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Menghilangkan bulu ketiak bukan cuma demi penampilan, tapi ternyata juga ada manfaatnya lainnya, lho. Menurut Healthline, menghilangkan bulu ketiak dapat mengurangi keringat, karena tidak ada bulu atau rambut yang menahan kelembaban.

Selain itu, mencukur rambut ketiak juga dapat mengurangi bau badan. Karena keringat tidak tertahan di ketiak. Jika kamu berniat mencukur bulu ketiakmu untuk mendapatkan manfaat tersebut, berikut ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba.

Menghilangkan bulu ketiak dengan hasil permanen

Jika ingin mendapat hasil maksimal, seperti kulit ketiak mulus dan juga bebas bau badan, tidak ada salahnya kamu mencoba perawatan yang memberikan hasil permanen, seperti perawatan berikut ini.

Elektrolisis

Menggunakan frekuensi radio gelombang pendek yang terhubung dengan jarum halus. Jarum tersebut akan diletakkan langsung ke folikel, dengan tujuan menghancurkan folikel rambut agar tidak merangsang pertumbuhan rambut baru.

Kelebihannya, dengan hasil yang maksimal, prosedur ini minim efek samping. menurut Healthline, efek samping hanya berupa nyeri dan kemerahan akibat iritasi kulit. Perawatan ini juga bisa dilakukan di bagian tubuh lain selain ketiak.

Kekurangannya, walaupun disebut sebagai solusi permanen oleh Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat atau FDA, hasilnya tidak langsung terlihat. Kamu perlu melakukan beberapa kali elektrolisis hingga mendapat hasil yang diinginkan.

Menggunakan laser

Laser tak jauh berbeda dengan elektrolisis. Cara kerjanya juga untuk merusak folikel agar menghentikan pertumbuhan rambut baru. Bedanya, merusak folikel menggunakan laser dan cenderung memberikan efek paling baik untuk orang berkulit terang dengan rambut gelap.

Kelebihannya juga sama seperti elektrolisis, menghilangkan bulu ketiak dengan laser hanya memberi sedikit efek samping. Berupa iritasi kemerahan pada kulit yang hilang dalam beberapa jam. Meski ada yang mengalami efek serius seperti kulit melepuh dan luka, namun jarang terjadi.

Sementara kekurangannya, setiap orang memiliki hasil yang berbeda-beda saat melakukan laser ketiak. Ada yang hanya membutuhkan empat hingga enam kali perawatan dan mendapatkan hasil bagus.

Namun ada juga yang butuh waktu lebih lama untuk menghilangkan rambut secara permanen. Serta tidak ada jaminan rambut berhenti tumbuh secara total.

Krim khusus

Kamu bisa mendapatkannya di dokter kulit. Salah satu jenisnya disebut eflornithine, yang digunakan dua kali selama satu bulan. Krim tersebut bekerja dengan menghambat produksi enzim yang merangsang pertumbuhan rambut.

Kelebihannya, perawatan lebih mudah dan lebih murah. Sayangnya kekurangan perawatan ini, tidak permanen melainkan hanya menahan pertumbuhan dalam jangka panjang, sekitar 8 minggu. Jika rambut mulai tumbuh, kamu bisa mengulangi perawatan yang sama.

Menghilangkan bulu ketiak dengan hasil sementara

Jika kamu tidak berniat melakukan tiga pilihan di atas, masih ada beberapa pilihan menghilangkan bulu ketiak. Namun tentu saja, hasilnya hanya sementara atau tidak bertahan lama. Berikut pilihannya.

Waxing

Waxing adalah salah satu pilihan yang paling banyak dipilih. Kamu bisa melakukannya di banyak tempat ahli kecantikan. Cara kerjanya pun mudah, dengan menarik rambut langsung dari akarnya.

Kekurangannya, hasil hanya bertahan setidaknya dua minggu. Kamu harus sering melakukannya untuk mempertahankan ketiak bebas bulu. Serta menyebabkan rasa sakit saat proses penarikan rambut menggunakan lilin wax.

Namun kelebihannya, biaya yang dikeluarkan lebih murah dibanding perawatan untuk menghilangkan bulu ketiak jangka panjang atau permanen.

Menggunakan krim berbahan kimia

Sama seperti menggunakan krim khusus, penggunaan krim berbahan kimia ini dengan mengoleskannya ke kulit. Krim akan melemahkan protein di rambut dan rambut akan rontok dengan sendirinya dan mudah dibersihkan.

Kelebihannya, tidak seperti krim khusus yang didapatkan harus melalui dokter kulit, krim dengan bahan kimia ini dijual bebas dan mudah digunakan.

Kekurangannya, hasil hanya bertahan hanya sekitar 2 minggu. Serta, berisiko terjadinya luka bakar akibat bahan kimia, ruam dan lecet pada kulit.

Menggunakan epilator

Epilator adalah alat listrik yang dirancang khusus untuk menghilangkan bulu ketiak. Jika ingin menggunakannya sebaiknya lakukan setelah mandi air hangat, agar kulit dalam kondisi lembap.

Kemudian, nyalakan alat dan gerakan untuk menghilangkan bulu ketiak. Terakhir, oleskan gel atau losion untuk menenangkan kulit.

Kelebihannya, dapat dilakukan di rumah tanpa bantuan orang lain. Lebih minim rasa sakit, dan tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan lebih. Kekurangannya, menggunakan epilator berisiko membuat rambut tumbuh di dalam kulit. Jika terjadi akan menyebabkan rasa sakit pada ketiak.

Menggunakan pisau cukur

Pisau cukur adalah solusi mudah lainnya. Karena kamu hanya membutuhkan pisau cukur. Harganya juga pasti lebih terjangkau dibanding epilator, karena bukan benda elektronik.

Kelebihannya, menggunakan pisau cukur sangat mudah dilakukan dan lebih cepat. Selain itu, tidak menimbulkan efek sakit pada kulit.

Sayangnya terdapat kekurangan jika menghilangkan bulu ketiak dengan pisau cukur, salah satunya adalah membuat kulit ketiak menjadi gelap. Serta rambut akan tumbuh kembali hanya dalam waktu beberapa hari.

Menggunakan pinset untuk menghilangkan bulu ketiak

Mencabut bulu ketiak dengan pinset juga bisa menjadi pilihan. Mudah dan juga bisa dilakukan di mana saja.

Kelebihan lainnya, rasa sakit lebih ringan dibandingkan dengan wacing. Selain itu, pertumbuhan bulu ketiak selanjutnya tidak secepat dengan mencukur dengan pisau cukur.

Tapi mencabut bulu ketiak juga memiliki kekurangan. Karena kamu harus sabar dan teliti saat mencabut bulu ketiak, jika tidak akan menyebabkan sakit. Karena harus mencabut satu per satu, kamu juga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Itu tadi berbagai pilihan menghilangkan bulu ketiak yang bisa kamu coba. Jadi, kamu pilih perawatan yang mana? Jika masih bingung, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 26 Oktober 2020 Are There Benefits to Shaving Arm Hair?
Healthline, diakses 26 Oktober 2020 Hair Removal Options: Are There Permanent Solutions?
Parentingfirstcry, diakses 26 Oktober 2020 How to Remove Underarm Hair
Kidshealth.org, diakses 26 Oktober 2020 Hair Removal

    register-docotr