Kulit & Perawatan Tubuh

Agar Cepat Pudar, Yuk Coba Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Ini!

July 12, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Tak sengaja memegang permukaan wajan panas atau tersiram air mendidih hanya sebagian kecil penyebab terjadinya luka bakar. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara menghilangkan bekas luka bakar yang konon efektif untuk dicoba.

Adapun di antara beragam cara menghilangkan bekas luka bakar yang ada, kamu bisa mempelajari kelebihannya masing-masing lewat ulasan menarik di bawah ini:

Tipe-tipe luka bakar

Untuk mengetahui apa saja cara untuk menghilangkan bekas luka bakar, kamu perlu paham dulu seperti apa tipe-tipe luka bakar yang sering terjadi.

Tingkat keparahan luka bakar akan berbeda-beda tergantung pada berapa lama seseorang terkena api. Adapun luka bakar sendiri dikategorikan menjadi 3, yakni:

Luka bakar tingkat pertama

Merupakan luka bakar yang merusak lapisan terluar kulit yang disebut epidermis. Luka jenis ini biasanya menyebabkan kemerahan dan rasa sakit. Dilansir Medical News Today, umumnya luka ini akan sembuh dalam jangka waktu 6 hari tanpa menyebabkan bekas luka.

Luka bakar tingkat kedua

Terjadi ketika api atau panas tidak hanya melukai epidermis, tapi juga lapisan di bawah kulit yang disebut dermis.

Selain menyebabkan kemerahan dan rasa sakit, luka ini juga akan menimbulkan lepuhan. Untuk bisa sembuh, ia membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu.

Luka bakar tingkat ketiga

Ini merupakan luka bakar yang paling parah karena bukan hanya kulit yang terluka, tapi sampai otot, tulang, dan bahkan ujung saraf pun dapat mengalami kerusakan.

Orang yang menderita luka ini akan mengalami perubahan warna kulit menjadi putih atau hitam. Luka ini memerlukan waktu yang sangat lama untuk sembuh dan sebagian besar akan menyebabkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Cara menghilangkan bekas luka bakar

Setiap penanganan bekas luka bakar akan disesuaikan dengan derajat dan ukurannya. Beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar yang umum dilakukan di antaranya adalah:

Mengoleskan gel silikon

Dilansir Very Well Health, tips yang satu ini dapat membantu mengurangi penampakan luka yang telah terbentuk. Hal ini termasuk  mengurangi ukuran, rasa gatal, nyeri, dan kemerahan pada luka.

Caranya kamu harus memakainya secara rutin selama setidaknya 6 sampai 12 bulan. Sebelum mengoleskannya, pastikan kulit yang terdapat bekas luka ada dalam kondisi bersih. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya ruam, iritasi, atau infeksi.

Kamu juga tidak disarankan memakai gel ini pada luka yang belum sembuh sepenuhnya, atau dikombinasikan dengan salep antibiotik.

Terapi pijat

Selain bisa mengurangi rasa sakit, cara ini juga dapat membantu mengurangi penampakan bekas luka bakar yang kamu alami. Ini disebabkan pada prosesnya, terapi pijat dinilai mampu mengurangi keterbatasan gerak pada lokasi terjadinya luka.

Ada banyak metode pijat yang menjadi cara menghilangkan bekas luka bakar di dunia kesehatan. Termasuk untuk meregangkan area kulit yang terdapat bekas luka. Semua akan disesuaikan dengan jenis dan ukuran luka bakar yang terjadi.

Suntikan steroid

Metode ini banyak digunakan untuk menangani bekas luka bakar yang membentuk keloid. Keloid sendiri adalah bentuk luka tebal, halus, dan mengelilingi area kulit yang terkena luka bakar.

Pemakaian steroid yang umumnya mengandung corticosteroid bertujuan melembutkan dan mengecilkan bekas luka. Cara ini juga dapat sekaligus mengurangi rasa sakit dan gatal yang diakibatkan luka bakar.

Adapun efek samping yang dapat ditimbulkan adalah perubahan warna kulit, dan penipisan kulit.

Terapi laser

Seiring dengan perkembangan teknologi, cara ini hadir untuk mengurangi kemerahan pada bekas luka bakar. Ada beberapa metode yang tersedia, namun yang paling banyak digunakan adalah pulse-dyed laser, fractional laser, CO2 laser, dan switched laser.

Tindakan ini biasanya baru memberikan hasil efektif setelah dilakukan beberapa kali. Adapun efek sampingnya adalah muncul kemerahan, pembengkakan, kelebihan pigmen, gatal, dan terbentuknya bekas luka yang baru.

Operasi

Tindakan ini biasa dilakukan untuk menangani bekas luka bakar serius yang menyebabkan kulit mengalami banyak kerusakan. Operasi pun hanya bisa dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.

Ada berbagai jenis metode yang dilakukan, mulai dari cangkok kulit, Z plasty (pembuatan bentuk Z dengan cara insisi pada luka bakar untuk mengurangi kontraktur, dan meningkatkan kelenturan kulit), dermabrasi, dan lain-lain.

Demikian informasi tentang cara-cara menghilangkan bekas luka bakar yang bisa kamu terapkan. Jika perlu, lakukan konsultasi ke dokter kulit sebelum menentukan jenis pengobatan yang sesuai, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

How Burn Scars Are Treated, https://www.verywellhealth.com/burn-scars-treatment-4173075 diakses pada 8 Juli 2020

How to get rid of burn scars, https://www.medicalnewstoday.com/articles/321314#prevention diakses pada 8 Juli 2020

 

    register-docotr