Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Wajib Kamu Ketahui

August 23, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Cacar air adalah penyakit yang sangat mudah menular. Hampir semua orang pernah mengalaminya terutama saat masih anak-anak. Umumnya penyakit ini menyisakan bekas luka pada kulit. Agar tak membekas lama, intip cara menghilangkan bekas cacar air berikut ini, yuk.

Cara menghilangkan bekas cacar air secara alami

Dilansir dari medicalnewstoday.com, kamu bisa mencoba beberapa cara alami di bawah ini agar luka bekas cacar air hilang dengan sempurna.

Roseship Oil

Minyak esensial rosehip ini mempunyai banyak manfaat karena memiliki efek antioksidan dan memiliki komposisi phytochemical. Kandungan phytochemical ini termasuk asam askorbat dan asam lemak.

Peneliti menganjurkan untuk penggunakan minyak roseship ini pada bekas luka yang baru sebanyak dua kali sehari selama 12 minggu akan membantu menyamarkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas cacar air melalui obat-obatan bebas

Apabila pengobatan secara alami belum berhasil menghilangkan bekas luka cacar pada kulitmu, kamu bisa mencoba memakai beberapa jenis obat yang tersedia bebas di pasaran berikut.

Krim retinol

Retinol merupakan produk turunan dari vitamin A yang terbukti secara klinis mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Oleh sebab itu kamu bisa mengoleskannya sebelum tidur untuk merangsang kolagen di area kulit yang mengalami kerusakan akibat cacar air.

Eksfoliasi

Dalam menghilangkan bekas luka cacar air, teknik ini bertujuan membuang sel-sel kulit mati dan memberi ruang bagi sel-sel kulit baru untuk tumbuh.

Caranya ada dua, yakni eksfoliasi mekanik, dan kimiawi. Teknik yang pertama melibatkan pemakaian scrub wajah, sikat, dan alat-alat lainnya. Ia dapat dipakai langsung di area kulit yang memiliki bekas luka cacar secara melingkar setiap 3 hari sekali.

Adapun eksfoliasi kimiawi memakai losion untuk merangsang reaksi kimia agar lapisan teratas kulit yang rusak terkelupas.

Cara menghilangkan bekas luka cacar secara profesional

Ini merupakan langkah pamungkas yang bisa kamu pilih jika bekas luka cacar pada kulit masih sulit dihilangkan. Beberapa metode yang layak dicoba adalah:

Tindakan bedah

Prosedur ini umumnya dilakukan dengan didahului pemberian anastesi. Selanjutnya dokter akan memakai pisau bedah untuk mengoperasi jaringan kulit yang memiliki bekas luka cacar.

Terakhir dokter akan menjahit luka hasil pembedahan sampai bisa benar-benar pulih.

Filler

Sempat tren beberapa waktu terakhir, metode ini ternyata juga bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka cacar pada kulit.

Filler semacam asam hyaluronic yang memiliki kesamaan sifat dengan lemak dapat disuntikkan secara langsung ke area kulit untuk mengurangi penampakan luka.

Namun perlu dicatat bahwa tindakan ini hanya memberikan hasil yang sementara yakni sekitar enam bulan.

Microneedling

Metode ini memakai semacam penggiling adonan yang ditutupi jarum-jarum kecil. Setelah diberikan obat bius, dokter akan menggelindingkan penggiling tersebut dengan tekanan tertentu pada area kulit yang luka.

Prosedur ini dipercaya bisa merangsang produksi kolagen dan menghasilkan kulit yang halus dan bebas dari bekas luka.

Cara mencegah terjadinya bekas luka cacar air

Saat kamu menderita cacar air, lakukan beberapa hal berikut ini agar tidak terjadi bekas luka pada kulit:

  1. Hindari menggaruk kulit
  2. Pakai sarung tangan berbahan kain wol untuk menghindari keinginan untuk menggaruk
  3. Oleskan losion pada benjolan cacar air
  4. Minum obat semacam Benadryl jika diperlukan.

Cacar air merupakan penyakit yang bisa disembuhkan. Jadi jangan terlalu khawatir jika kamu mengalaminya. Untuk menghilangkan bekas luka cacar air pada kulitmu, jangan lupa coba cara-cara di atas, ya.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu bertanya lebih lanjut pada dokter profesional melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

What Treatments Fade or Remove Chickenpox Scars?, https://www.healthline.com/health/chickenpox-scars#prevention-tips diakses pada 19 Agustus 2020

Best treatments for chickenpox scar removal, https://www.medicalnewstoday.com/articles/323651#how-to-remove-or-reduce-the-appearance-of-chickenpox-scars diakses pada 19 Agustus 2020

    register-docotr