Kulit & Perawatan Tubuh

Bau Kaki Bikin Enggak Percaya Diri? Begini Cara Menghilangkannya!

May 28, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Permasalahan bau kaki pastinya membuat kamu enggak percaya diri. Tapi sekarang kamu gak perlu khawatir lagi, berikut adalah cara menghilangkan bau kaki, simak ulasannya yuk!

Cara menghilangkan bau kaki

Pada dasarnya, kaki merupakan area tubuh yang sangat mudah berkeringat, karena memiliki lebih banyak kelenjar keringat dibandingkan tubuh lainnya. Inilah yang membuat kaki kamu menimbulkan bau yang kurang sedap.

Berikut tips dan cara menghilangkan bau kaki, antara lain:

Menjaga kebersihan kaki

Kamu sebaiknya membersihkan kaki dengan sabun minimal sekali sehari. Kamu bisa melakukannya saat mandi pagi dan sore. Kamu juga harus mengeringkan kaki setelah mencucinya agar tidak lembap.

Mengganti kaos kaki secara rutin

Usahakan kamu mengganti kaos kaki setiap harinya. Jangan sampai kamu menggunakan kaos kaki yang sama setiap hari. Apalagi saat berolahraga kamu harus segera menggantinya.

Mengangkat sel kulit mati

Kamu bisa menggunakan penggosok kaki untuk mengangkat sel kulit mati kaki yang mengeras. Sebab sel kulit mati yang mengeras dapat menjadi basah yang dapat menjadi tempat bakteri tumbuh.

Baca juga: Bingung Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak? Yuk, Simak Cara Pilih Produk yang Tepat!

Rajin potong kuku kaki

Sebaiknya kamu rajin memotong kuku kaki kamu secara rutin. Tidak hanya memotong saja, kamu juga harus membersihkannya dengan sabun. Kamu harus membersihkannya hingga ke sela-sela kuku kaki.

Memiliki beberapa sepatu

Usahakan memiliki sepatu cadangan lain minimal 2 pasang. Hindari menggunakan sepatu yang sama setiap harinya. 

Pilih bahan kaos kaki yang menyerap keringat

Pilihlah kaos kaki yang dapat menyerap keringat kaki. Contohnya, kaos kaki olahraga, berbahan katun, dan terbuat dari serat alami.

Mengoleskan alkohol

Salah satu caranya dengan meneteskan alkohol ke kapas lalu mengoleskannya ke kaki setiap malam. Hal ini dapat membantu mengeringkan kaki, karena kaki yang lembap dapat memicu pertumbuhan bakteri.

Menggunakan produk antibau kaki

Kamu bisa menggunakan produk antijamur kaki. Produk tersebut dapat berupa semprot antijamur kaki, bubuk untuk bau kaki, dan sabun antibakteri jamur.

Baca juga: 7 Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Cara menghilangkan bau kaki secara alami

Selain cara-cara di atas yang dapat kamu lakukan. Berikut bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bau kaki kamu, yaitu:

Lemon

Memang sudah tak asing lagi bahwa lemon memiliki banyak manfaat baik, salah satunya untuk menghilangkan bau kaki. Kandungan antibakteri yang ada di lemon dapat membasmi bakteri penyebab bau pada kaki.

Caranya: siapkan 6 buah lemon yang sudah diperas, lalu campurkan sarinya dengan 1 baskom air hangat. Kemudian rendam kedua kaki dengan campuran bahan tersebut selama 15 menit.

Garam

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata garam dapat menghilangkan bau kaki lho. Garam bisa mengurangi kelembapan pada kaki dan juga mengusir bakteri penyebab bau kaki.

Caranya: campurkan garam dengan 1 baskom air hangat, lalu rendamlah kaki selama 20 menit. Usahakan lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Kantung teh

Bahan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di rumah. Kamu bisa menggunakan kantung teh untuk menghilangkan bau kaki kamu. Asam yang dihasilkan dari kantung teh dapat menutup pori-pori pada kaki sehingga mengurangi jumlah keringat pada kaki.

Caranya: cukup gunakan dua kantung teh, lalu rebus dengan 1 liter air selama 15 menit. Kemudian tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan ke dalam bak. Setelah itu rendamlah kaki selama 20 menit dan lakukan hal ini setiap 1 kali seminggu.

Cuka

Kadar asam yang tinggi pada cuka juga efektif untuk menghilangkan bau kaki. 

Caranya: campurkan cuka dengan 1 baskom air, lalu rendamlah kaki selama 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin seminggu 1 kali untuk hasil yang maksimal.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2017) diakses 26 Mei 2o2o. How to Get Rid of Smelly Feet (Bromodosis). 26 Mei 2020 pukul 15.45.
  2. medicalnewstoday.com (2017) diakses 26 Mei 2020. Ten ways to get rid of smelly feet. 26 Mei 2020 pukul 16.15.
    register-docotr