Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Solusi Penanganan Terbaiknya

November 8, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Masih banyak orang belum paham cara mengatasi kulit kering dengan benar. Kulit kering dan gatal biasanya akan terlihat ketika suhu udara di sekitar dingin sehingga kelembaban tubuh menurun.

Namun, kulit kering juga bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti alergi, dermatitis dan psoriasis. Jika penyebab munculnya kulit kering sudah diketahui, maka kemungkinan penyembuhan juga lebih mudah dilakukan.

Baca juga: Resep Smoothies Bowl untuk Sahur, Makanan Mudah Nan Sehat!

Penyebab kulit kering

Kulit kering bersisik, gatal hingga mengelupas bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti terpapar bahan kimia dalam sabun atau faktor cuaca.

Penyebab lain masalah kulit kering adalah cuci tangan berlebihan, dehidrasi, nutrisi yang buruk, hingga penggunaan lotion dengan kandungan alkohol.

Selain itu, terdapat beberapa gejala lain penyebab bercak-bercak kulit kering, yakni:

Dermatitis kontak

Gejala dermatitis kontak, meliputi kulit kering bersisik, kemerahan, muncul sensasi gatal atau terbakar pada area yang terkena, hingga luka lecet. Dermatitis kontak terjadi pada area kulit yang bersentuhan dengan alergen dan dapat memengaruhi bagian tubuh manapun, termasuk wajah.

Jenis dermatitis satu ini biasanya disebabkan oleh kontak dengan alergen, seperti poison ivy atau bulu binatang. Selain itu, beberapa deterjen cucian juga bisa memicu reaksi alergi. Namun, perlu diketahui jika dermatitis kontak dapat sembuh dengan sendirinya.

Ichthyosis vulgaris

Ichthyosis merupakan istilah yang merujuk pada sekelompok kelainan kulit genetik dengan kondisi kulit kering dan bersisik. Sebagian besar anak-anak akan terlahir dengan kondisi ini, namun beberapa orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Kondisi ini biasanya muncul pada kaki, tangan, lengan, hingga beberapa bagian tubuh lainnya. Gejala yang akan dirasakan seperti kulit kering mengelupas, terasa gatal, kulit sisik, serta penebalan ringan pada kulit.

Psoriasis

Psoriasis adalah kelainan autoimun yang umumnya menyerang kulit. Meski dokter belum yakin tentang penyebab pastinya, namun kondisi ini diketahui berkaitan dengan genetika dan sistem kekebalan tubuh.

Psoriasis dapat memengaruhi seluruh tubuh, namun biasanya muncul pada wajah, telapak, tangan, lutut, siku, punggung bawah, hingga organ kelamin. Gejalanya meliputi kulit kering atau bersisik, bercak kulit kering mengelupas, hingga perubahan pada warna kuku.

Baca juga: Obat Salbutamol, Ini Cara Penggunaan serta Efek Sampingnya

Cara-cara mengatasi kulit kering

Kulit kering adalah masalah umum yang terjadi ketika tubuh terpapar suhu dingin dan tingkat kelembaban lebih rendah di udara. Dalam kasus ini, penggunaan pelembab sangat direkomendasikan karena bisa menenangkan dan menghilangkan bercak kulit kering. 

Namun, beberapa orang kerap mengalami kulit kering kronis atau tahan lama. Jika sudah kronis, maka segera cari bantuan medis atau gunakan bahan alami untuk merawat kesehatan kulit. Nah, beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering, seperti:

Minyak almond

Minyak almond memiliki beberapa manfaat yang bisa membantu merawat kesehatan kulit serta rambut. Cara mengatasi kulit kering menggunakan minyak almond ialah dengan mengoleskannya pada kulit secara lembut dan pijat agar lebih maksimal.

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan 1 sendok teh minyak dengan 1 sendok teh lidah buaya untuk dioleskan pada kulit kering.

Es batu

Salah satu bahan untuk mengatasi kulit kering adalah es batu. Kulit kering terkadang bisa berubah menjadi peradangan yang memerah dan terasa gatal. Nah, peradangan bisa diatasi dengan menggunakan es batu yang telah ditutup dengan handuk.

Pastikan untuk tidak mengoleskan es secara langsung pada kulit karena bisa menyebabkan kerusakan.

Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang merupakan pelembab efektif karena mudah diserap kulit.

Rutin menggunakan minyak kelapa bisa membantu meratakan warna kulit, menenangkan kemerahan pada kulit, dan membuat kulit lebih lembut bercahaya. Oleskan minyak kelapa secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Untuk menjaga kelembaban kulit, kamu perlu memperbanyak minum air putih agat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Tak hanya itu, kulit kering juga perlu dirawat dengan rutin menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan minyak zaitun atau lidah buaya.

Tips perawatan dan skincare kulit kering

Kamu perlu menerapkan perawatan rutin pada kulit kering. Baik itu menggunakan bahan alami atau produk yang ada di pasaran. Apa saja pilihan skincare kulit kering?

Menggunakan skincare kulit kering merupakan hal yang penting untuk membuat kulit menjadi lebih lembab dan nyaman. Terlebih, kulit yang kering merupakan pertanda kalau kulit kamu tidak bisa melindungi diri dari pengaruh lingkungan.

Pakar kesehatan kulit Joshua Zeichner, dalam laman byrdie.com menyebut ketika kulit kamu kering, maka muncul retakan kecil di lapisan terluar. Akibatnya, kemampuan kulit untuk menjaga tingkat hidrasi akan terganggu.

Dalam laman tersebut, Zeichner memberikan tips berikut untuk skincare rutin kamu, khususnya untuk mengatasi kulit kering:

  • Hentikan penggunaan produk yang berfungsi untuk mengangkat sel mati yang berbahan terlalu keras
  • Gunakan pembersih tanpa busa
  • Pilihlah pelembab kulit kering yang ringan

Pelembab kulit kering

Zeichner menyarankan agar kamu memilih pelembab yang ringan untuk kulit yang kering. Selain itu, penting agar kamu memilih pelembab yang mengandung bahan-bahan yang dapat melembutkan sel yang kasar, menahan tingkat hidrasi dan membentuk lapisan pelindung di kulit.

Situs kesehatan EverydayHealth menyebut bahan berikut bisa kamu jadikan pelembab kulit kering alami:

  • Minyak zaitun
  • Masker alpokat
  • Minyak zaitun dan scrub gula
  • Oatmeal
  • Oatmeal dengan madu
  • Minyak kelapa

Masker kulit kering

Mengatasi masalah kulit kering juga bisa dilakukan dengan memakai masker, lho! Kalau kamu tidak yakin dengan produk masker di pasaran, berikut ini adalah beberapa masker kulit kering yang dapat kamu buat sendiri:

Masker alpukat 

Membuat masker untuk kulit kering dari alpukat ini bisa kamu lakukan dengan mencampurkan setengah alpokat dengan satu sendok teh minyak zaitun. Kamu bisa tambahkan satu sendok teh madu jika kulit sangat kering.

Aplikasikan masker ke kulit, biarkan sekitar 15-20 menit lalu segera bilas dengan air. Kulit akan terasa lembab setelahnya, kamu pun bisa menggandakan efek hidrasi di kulit dengan tetap mengaplikasikan pelembab yang biasa kamu pakai seperti biasanya.

Masker oatmeal

Oatmeal termasuk salah satu bahan yang baik untuk dijadikan masker untuk kulit kering. Untuk membuatnya kamu bisa campurkan 2 sendok makan oat dengan 1 sendok makan madu dan air secukupnya.

Sebaiknya kamu hangat terlebih dahulu campuran tersebut, lalu aplikasikan ke kulit. Kamu bisa pakai masker ini sebagai exfoliator atau pengelupas kulit mati dengan cara aplikasikan lalu cuci, atau kamu bisa diamkan selama 15-20 menit untuk jadi masker pelembab.

Demikianlah segala sesuatu tentang kulit kering dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Selalu jaga kesehatan kulit supaya tidak terkena penyakit yang mengganggu kenyamanan kamu, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini! 

Reference
  1. Boldsky (2018), diakses 19 Meo 2020. Do You Have A Dry Skin? Here Are Some Tips To Follow
  2. Medical News Today (2020), diakses 19 Mei 2020. What causes patches of dry skin?
  3. Byrdie.com, diakses 08 November 2020. Dry Skin
  4. Everyday Health, diakses 08 November 2020. 10 Natural Dry-Skin Remedies You Can DIY at Home
    register-docotr