Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Memutihkan Kulit Tubuh dan Wajah Secara Alami, 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Kamu Pakai

September 2, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Cara memutihkan kulit bisa dilakukan dengan berbagai produk yang sudah banyak beredar. Namun, pemilihan produk perlu diperhatikan karena beberapa di antaranya memiliki kandungan yang tidak baik untuk kulit.

Karena itu, kebanyakan orang kini beralih menggunakan produk atau bahan alami untuk membantu memutihkan kulit. Selain relatif aman, kamu juga tidak perlu takut mengenai efek samping penggunaan produk pemutih kulit alami.

Baca juga: Muncul Kutil Pada Tubuh, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Cara memutihkan kulit tubuh dengan bahan alami

Sudah saatnya membuang produk pemutih kulit yang memiliki kandungan berbahaya dan pindah ke bahan alami. Nah, berbagai cara untuk memutihkan kulit yang aman menggunakan bahan alami, yakni:

1. Susu

Susu merupakan salah satu bahan alami yang mudah ditemukan dan murah. Tidak hanya memberikan kalsium ke tulang, namun juga bisa membantu mencapai kulit yang sehat dan putih secara alami.

Susu diketahui dapat merangsang melanosit, yakni sel penghasil melanin dan mencegah kulit dari kekeringan. Cara memutihkan badan dengan susu adalah mengaplikasikannya sebagai pembersih yang telah dicampur bubuk beras.

2. Lemon 

Manfaat lemon dalam kehidupan sehari-hari memang tidak ada habisnya. Pada kulit, lemon bertindak sebagai zat pembersih karena dapat membantu menghilangkan bintik gelap dan meratakan warna kulit.

Lemon merupakan salah satu cara memutihkan badan yang aman untuk kulit. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan lemon ke kulit atau campurkan dengan madu untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

3. Yoghurt

Yogurt diketahui memiliki kandungan asam laktat yang sangat membantu dalam mencerahkan kulit. Selain itu, yoghurt juga dapat membantu mengontrol produksi melanin sehingga pemutihan pada kulit berjalan dengan baik.

Aplikasikan yoghurt biasa tanpa rasa sebagai masker dan basuh dengan air hangat setelah 20 hingga 30 menit. Yoghurt juga bisa dicampurkan dengan madu dan gandum untuk membuat masker wajah alami dan sehat.

4. Bubuk beras

Butir beras yang dihaluskan memang dikenal dapat membantu memutihkan kulit. Tepung beras ini bisa kamu peroleh di pasaran atau menggilingnya sendiri di rumah. Campurkan bubuk dengan susu untuk mendapatkan tekstur seperti pasta.

Pasta bubuk beras yang sudah jadi bisa langsung diaplikasikan pada kulit tubuh atau wajah. Biarkan selama 15 hingga 20 menit lalu cuci bersih dengan air mengalir. Selain membantu meratakan warna kulit, pasta satu ini juga bisa mengurangi kerutan pada wajah.

5. Cara memutihkan kulit dengan lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya dapat dengan mudah diperoleh dan juga murah. Pengaplikasian gel lidah buaya yang teratur dapat membantu memutihkan kulit dan menghapus noda. Selain itu, berbagai antioksidan yang terkandung dalam gel bisa membantu mencapai kulit lembut dan kenyal.

Penggunaan bahan alami untuk memutihkan kulit bisa membantu kamu menghemat pengeluaran. Cara memutihkan badan dengan bahan ini tak hanya murah biaya, namun juga terbukti aman untuk kulit sehingga hasil bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Cara memutihkan wajah yang aman

Selain badan, terdapat juga pemutih wajah yang aman digunakan yakni dengan bahan alami. Nah, berikut beberapa cara memutihkan wajah secara alami yang perlu kamu ketahui.

1. Madu

Pemutih wajah yang aman adalah madu karena mengandung asma alfa-hidroksi dan senyawa bioaktif. Madu bisa dijadikan sebagai cream pemutih wajah yang aman karena dapat membantu mengurangi efek pigmentasi berlebihan pada kulit sehingga mencegah munculnya flek hitam.

Bahan yang diperlukan untuk membuat cream pemutih wajah yang aman adalah 1 sendok teh madu dan 1 buah lemon matang. Peras jus lemon matang ke dalam mangkok dan tambahkan madu. Setelah itu, gunakan kuas untuk mengaplikasikannya pada wajah hingga leher, diamkan, lalu bilas.

2. Timun

Selain madu, pemutih wajah yang aman lainnya adalah mentimun karena menjadi sumber cucurnitacin D. Timun memiliki senyawa yang dapat mengurangi sintesis melanin dan mungkin membalikkan efek pigmentasi sehingga cocok dijadikan sebagai cream pemutih alami.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan timun adalah mencampurkannya dengan gel lidah buaya dan oleskan pasta yang sudah jadi ke wajah hingga leher. Biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air biasa.

3. Kunyit

Cara memutihkan wajah secara alami selanjutnya yakni menggunakan kunyit. Cream pemutih alami yang terbuat dari kunyit diketahui bisa mencegah munculnya tanda penuaan dan memberikan kilau alami pada kulit. Gunakan pemutih wajah yang aman satu ini seminggu sekali untuk hasil optimal.

Untuk membuat cream pemutih yang aman, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, madu, dan yoghurt segar. Aplikasikan pasta yang sudah jadi di wajah, biarkan hingga mengering, dan bilas wajah secara menyeluruh dengan air hangat.

Baca juga: Yuk, Ketahui Jenis Obat Batuk untuk Ibu Hamil Berikut Ini

Cara memutihkan badan dengan pola hidup sehat

Kulit termasuk salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting untuk melindungi diri dari berbagai paparan. Namun, jika terganggu maka kemampuan kulit untuk bekerja sebagai penghalang yang efektif akan terganggu.

Karena itu, selain memutihkan kulit beberapa cara membuatnya sehat juga perlu dilakukan, seperti:

Rutin berpuasa

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa berpuasa dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama untuk anti-aging dan peremajaan kulit.

Kamu dapat mencoba untuk berpuasa selama 8 jam sehari untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan kulit. Jangan lupa untuk minum air mineral selama 2 liter untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Berpuasa secara teratur ditambah dengan pola tidur yang sehat berpengaruh pada peremajaan sel kulit serta detoksifikasi. Kulit kita terlihat lebih segar.

Konsumsi makanan sehat

Kesehatan kulit luar dan dalam harus diperhatikan agar fungsi tidak terganggu. Nah, makanan sehat yang bisa kamu konsumsi, seperti mangga dan tomat.

Mangga sendiri diketahui mengandung senyawa dengan antioksidan yang dapat membantu melindungi komponen kulit, seperti kolagen.

Sementara itu, tomat juga berfungsi menjaga kesehatan kulit karena memiliki antioksidan yang bermanfaat sebagai pencegah kanker kulit. Tomat mampu memberikan perlindungan dari sengatan matahari sehingga sangat bagus jika dikonsumsi rutin setiap hari.

Cara memutihkan badan dengan menjaga kelembapan kulit

Menjaga kelembapan kulit sangatlah penting, terutama jika sedang dalam proses memutihkan tubuh.

Pelembap biasanya mengandung humektan untuk menarik kelembapan, agen oklusif untuk mempertahankan kelembapan di kulit, dan emolien untuk menghaluskan ruang antara sel-sel kulit.

Beberapa cara mudah dalam menjaga kelembapan kulit adalah mandi dengan air hangat, tidak menggosok kulit terlalu keras, dan gunakan salep atau krim daripada lotion untuk meminimalkan iritasi.

Menghindari penggunaan produk pemutih kulit dengan kandungan yang tidak jelas merupakan cara yang paling tepat. Jika cara memutihkan kulit dengan bahan alami ini belum menunjukkan hasil yang jelas, bisa konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lainnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medical News Today (2017), diakses 19 Mei 2020. Five life hacks for healthy skin
  2. Boldsky (2015), diakses 19 Mei 2020. 10 Natural Substances For Skin Whitening 
  3. Healthline.com (2018), diakses 8 Juni 2020. 8 Health Benefits of Fasting, Backed by Science.
  4. Stylecraze.com (2020), diakses 2 September 2020. 9 Natural Ways To Lighten Your Skin Tone
    register-docotr