Kulit & Perawatan Tubuh

Efektif Atasi Iritasi, Begini Cara Membuat Masker Timun

May 24, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Cara membuat masker timun sebenarnya sangatlah bervariasi. Kamu bisa menggunakan timun sebagai bahan satu-satunya atau mencampurkannya dengan bahan alami lain. Buah yang satu ini sangat cocok lho untuk dijadikan perawatan alami bagi kulit wajah. 

Pada sebuah penelitian, mentimun terbukti memiliki sifat antiinflamasi, mengandung antioksidan, zat astringent, serta vitamin C.

Sehingga selain baik untuk dikonsumsi mentimun juga dapat memberikan banyak khasiat bagi kulit wajah. Timun mampu memberikan sensasi menenangkan pada kulit yang iritasi sekaligus melembapkan kulit. 

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Wajib Diketahui

Cara membuat masker timun di rumah 

Lidah buaya, almond oil, dan bahan alami lainnya bisa dicampurkan sebagai bahan masker. (Foto: https://www.freepik.com)

1. Cara membuat masker timun sederhana 

Cara ini adalah cara yang paling simpel dalam menggunakan timun sebagai masker.

Kamu hanya perlu memotong tipis timun dan letakkan dalam wadah bersih. Kemudian simpan timun di dalam kulkas selama 15 menit atau freezer selama 5 menit. Setelah dingin, letakkan irisan timun di atas wajah selama sekitar 15 menit.

Cara ini cocok untuk menghilangkan segala peradangan dan kelelahan. Gunakan masker timun ini setiap hari untuk mendapatkan kulit yang halus dan awet muda. Namun ingat ya, segera buang timun setelah selesai digunakan! 

Baca juga: Biar Kulit Cerah, 11 Bahan Ini Ternyata Cocok untuk Masker Wajah Alami

2. Masker jus timun

Blender atau haluskan setengah mentimun yang belum dikupas. Kemudian saring hasil timun yang sudah dihaluskan tadi. Oleskan jus mentimun yang telah disaring ke wajah. Gunakan kuas khusus masker atau aplikasikan dengan jari. Pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih ya.

Biarkan masker selama sekitar 15 menit. Setelah selesai, segera bilas wajah dengan air dingin atau hangat dan keringkan dengan cara  menepuk-nepuk wajah menggunakan kain lembut.

3. Cara membuat masker timun dan lidah buaya

Kedua bahan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering. Campuran lidah buaya dan timun dapat membantumu meningkatkan hidrasi pada kulit.

Caranya juga mudah, pertama-tama haluskan setengah mentimun yang belum dikupas dalam blender. Pastikan timun menjadi encer kemudian saring. 

Tambahkan dua sendok makan gel lidah buaya dan blender kembali hingga halus. Oleskan masker sambil pijat lembut wajah. Biarkan masker setidaknya 15 menit lalu bilas masker menggunakan air dingin. Terakhir, keringkan wajah dengan kain lembut.

4. Masker timun, oatmeal, dan madu

Untuk kamu pemilik kulit berjerawat, coba deh gunakan resep masker yang satu ini.

Timun dapat membantu menyembuhkan luka, sedangkan oatmeal dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara itu madu dapat bekerja untuk menyeimbangkan bakteri pada kulit. Cara membuatnya juga tak kalah mudah. 

  • Pertama-tama haluskan setengah mentimun yang belum dikupas menggunakan blender.
  • Pastikan timun sudah mengencer kemudian saring.
  • Tambahkan satu sendok makan oatmeal dan aduk dengan jus mentimun hingga merata.
  • Terakhir tambahkan satu sendok madu dan aduk kembali. 
  • Oleskan campuran tersebut pada bagian wajah dan leher. Tunggu sekitar 15 menit hingga masker agak mengering.
  • Setelah selesai, bilas masker dengan air hangat. Jangan lupa keringkan wajah dengan handuk yang lembut. 

Baca juga: 8 Manfaat Masker Telur Putih untuk Kulit Wajah

5. Masker timun, pisang, dan almond oil 

Kombinasi timun, pisang dan almond oil cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan garis-garis halus di wajah. Masker ini tidak hanya mencegah penuaan dini tetapi juga akan membantu kamu dalam memperbaiki kulit yang rusak.

Untuk membuatnya, ini langkahnya:

  • Pertama kamu harus menghaluskan satu buah pisang. Sisihkan sebanyak 2-3 sendok makan.
  • Kemudian haluskan timun, ambil ekstraknya sebanyak satu sendok makan dan campurkan dengan pisang yang sudah halus. Tambahkan satu sendok teh almond oil dan aduk hingga rata. 
  • Aplikasikan campuran bahan-bahan di atas selama 20-30 menit pada kulit wajah.
  • Setelah selesai, bilas masker dengan air hangat. Kamu juga bisa aplikasikan moisturizer sesaat setelah mengeringkan wajah. 

Tips menggunakan masker

Untuk mendapatkan hasil terbaik setelah menggunakan masker, pastikan kamu selalu membersihkan wajah terlebih dahulu ya. Jangan sampai kamu menggunakan masker dengan kondisi masih ada sisa riasan di wajah. 

Kamu juga sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan pijatan lembut pada wajah setelah menggunakan masker. Gunakan gerakan memutar kecil dengan jari. Hal ini mampu merangsang aliran darah di permukaan kulit wajah. 

Setelah selesai menggunakan masker, gunakan air dingin atau hangat untuk membilasnya. Jangan pernah menggunakan air panas untuk membilas masker karena dapat membuat kulit kering dan iritasi. 

Kemudian, jangan gunakan masker timun ini lebih dari dua atau tiga kali seminggu. Penggunaan berlebih dapat mengiritasi kulit atau mengganggu keseimbangan minyak alami pada kulit. Silakan mencoba!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr