Kulit & Perawatan Tubuh

Bagaimana Cara Membuat Lesung Pipi yang Aman? Simak Faktanya!

April 30, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Fahri Trisnaryan P
feature image

Ada beberapa hal yang diyakini bisa menjadi cara membuat lesung pipi. Ini karena tak sedikit orang yang berpendapat bahwa memiliki lesung pipi akan menambah kesan manis bagi wajah.

Selain itu, lesung pipis juga bisa menarik perhatian dan bahkan kerap dianggap sebagai pendatang rezeki.

Seperti apa fakta yang perlu kamu ketahui tentang cara membuat lesung pipi? Yuk simak dulu informasi lengkapnya berikut ini!

Bagaimana lesung pipi terbentuk?

Lesung pipi terbentuk karena adanya variasi otot wajah, yakni otot zygomaticus yang pendek sehingga menarik kulit wajah dan akhirnya membentuk lesung pipi.

Hal ini bisa juga disebabkan oleh faktor genetik, namun faktor genetik ini masih belum bisa dibuktikan apakah akan dominan atau tidak.

Beberapa orang juga mengalami perubahan ketika kecil memiliki lesung pipi, namun hilang saat sudah beranjak dewasa. Hal ini bisa dikarenakan otot wajah yang semakin memanjang sehingga kerutan otot yang terbentuk juga semakin menghilang.

Baca juga: Cara Alami dan Aman untuk Mengatasi Batuk Membandel, Yuk Dicoba!

Bagaimana cara membuat lesung pipi?

Benarkah ada cara membuat lesung pipi yang aman? Foto: Shutterstock.com

Ada beberapa cara membuat lesung pipi yang bisa coba kamu lakukan, di antaranya:

Menekan bagian pipi

Kamu bisa mulai dengan menekan bagian pipi yang anda inginkan untuk memiliki lesung, lakukan secara rutin selama 30 menit setiap hari.

Cara ini memungkinkan untuk membentuk lekukan di pipi, namun tidak menjanjikan pipi kamu bisa memiliki lesung seperti pada umumnya, ya.

Memasang tindik pipi

Memasang tindik di bagian pipi bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat lesung pipi. Ini karena tindik akan membuat bagian pipi tertarik saat kamu berbicara atau tersenyum.

Umumnya penggunaan tindik selama beberapa bulan bisa membantu kamu memiliki lesung pipi.

Tapi ingat, pemasangan tindik ini sebaiknya dilakukan di tempat yang sudah terpercaya. Penggunaan alat-alat atau jarum untuk tindik juga harus kamu perhatikan, apakah sudah memenuhi syarat bersih dan steril?

Ini penting untuk menghindari kemungkinan terinfeksi atau tertular penyakit berbahaya. Risiko ini sangat mungkin terjadi jika kamu melakukan tindik secara bebas dan tidak memerhatikan teknik steril.

Baca juga: Jangan Malas Makan Bawang Putih, Ini 7 Khasiatnya untuk Kesehatan

Operasi plastik sebagai cara membuat lesung pipi

menjaga kebersihan vagina
Untuk operasi, penting berkonsultasi dulu dengan dokter ahli. Foto: Shutterstock.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan operasi plastik untuk membentuk lesung pipi. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh dokter bedah plastik dan diawali dengan konsultasi rutin, ya.

Dimpleplasty dilakukan dengan menggunakan metode sayatan pada bagian pipi sehingga otot akan bergerak turun mengikuti luka yang dibuat, dan pada bagian luar wajah akan terlihat sebagai lesung pipi.

Teknik ini merupakan  operasi  yang  sederhana  dan  hanya  menggunakan  bius lokal. Lamanya operasi yakni sekitar 30 menit dan tidak memerlukan rawat inap. Apabila terjadi pembengkakkan setelah operasi, kompres dengan air dingin.

Proses penyembuhan memerlukan waktu sekitar 2-3 hari dan waktu kontrol 1 minggu setelah masa operasi untuk kembali dilihat oleh dokter.

Dengan  berbagai  cara  di  atas, kamu bisa  memiliki  lesung pipi yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi jangan lupa, bahwa prosedur yang berbahaya haruslah tetap dilakukan di bawah pengawasan dokter, ya!

Reference

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3385407/ https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0748806819883085

    register-docotr