Kulit & Perawatan Tubuh

Membersihkan Makeup Tak Boleh Asal-asalan, Bagaimana Cara yang Benar?

September 2, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Membersihkan wajah setelah menggunakan makeup ternyata tidak boleh asal-asalan lho! Jika sisa makeup masih menempel pada wajah dapat menyebabkan masalah pada kulit. Agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga, ada beberapa cara membersihkan wajah yang benar yang patut diketahui.

Makeup nampaknya sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan wanita menggunakan makeup untuk tampil lebih fresh dan memukau. Menggunakan makeup sah-sah saja, tetapi perhatikan juga ya bagaimana cara membersihkan wajah yang benar.

Baca Juga: Sudah Tepatkah Urutan Penggunaan Skincare-mu? Coba Pastikan di Sini!

Bagaimana cara membersihkan wajah yang benar setelah seharian menerapkan makeup?

Membersihkan wajah itu merupakan hal yang penting lho! Terutama bagi kamu yang sering menggunakan makeup dalam keseharian.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara membersihkan wajah yang benar setelah menggunakan makeup yang wajib kamu ketahui.

1. Mulailah dengan membersihkan makeup di sekitar mata

Dilansir dari The Guardian, untuk menghapus makeup dengan benar, kamu harus mulai dengan membersihkan makeup di sekitar mata. Alih-alih menggunakan tisu, basahilah tiga kapas dengan pembersih yang dirancang khusus untuk membersihkan area mata.

Gunting atau sobeklah satu kapas menjadi dua untuk ditempatkan di bawah setiap mata. Jangan langsung menghapus mascara. Sebagai gantinya peganglah kapas pada setiap mata selama 60 detik agar makeup lebih mudah untuk dihapus sebelum kamu menyekanya dengan lembut.

Memberikan waktu pada pembersih untuk bekerja dapat mencegah kamu menggosok makeup di area mata, yang mana ini merupakan suatu kesalahan. Gesekan dapat merusak kulit halus di sekitar mata, yang dapat menyebabkan iritasi yang berkontribusi pada kerutan.

2. Bersihkan wajah dengan micellar water

Micellar water merupakan pembersih makeup yang lembut dan efektif. Bagi kamu yang tidak biasa menggunakan micellar water, ini merupakan  air pembersih tanpa bilas, bebas sabun yang mengandung tetesan minyak kecil.

Untuk menggunakannya, basahilah kapas dengan menggunakan micellar water, lalu oleskan pada kulit dan bersihkan secara perlahan.

Micellar water merupakan pilihan yang bagus bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Produk ini menawarkan formulasi lembut yang tidak menghilangkan kelembapan kulit.

Yang terpenting adalah selalu pasikanlah kamu mengusapkannya dengan lembut ke wajah, dan jangan menggosoknya.

3. Cara membersihkan wajah yang benar yakni jangan lupakan area garis rambut

Kebanyakan orang seringkali menumpuk residu riasan di sekitar garis rambut mereka, yang mana hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Membersihkan makeup pada garis rambut, di bawah dagu dan di sekitar telinga merupakan hal yang juga sangat penting untuk dilakukan.

4. Gunakan pembersih makeup berbasis minyak untuk membersihkan lipstik yang tahan lama

Keempat, cara membersihkan wajah yang benar adalah dengan membersihkan lipstik.

Kapas yang dibasahi oleh cairan atau krim pembersih dapat membersihkan sebagian besar lipstik. Tetapi, kamu memerlukan pembersih berbasis minyak jika lipstik yang kamu gunakan tahan lama.

5. Manfaatkan uap panas

Sebelum mencuci wajah, kamu dapat memanfaatkan uap panas, dengan cara mengisi mangkuk dengan air hangat yang di arahkan ke wajah selama satu atau dua menit.

Uap akan membantu untuk mengendurkan pori-pori yang memudahkan pembersih menembus kulit kebih dalam untuk menghilangkan makeup dan kotoran yang menempel pada wajah. Ini merupakan pilihan yang baik.

Kamu juga dapat menambahkan setetes minyak esensial untuk mendapatkan efek yang lebih menenangkan.

6. Bersihkan wajah dengan pembersih

Setelah tahapan di atas sudah kamu lakukan, kemudian kamu dapat membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih (facial cleanser) untuk membersihkan wajah secara keseluruhan.

Untuk pembersihan yang lembut namun menyeluruh, gunakanlah ujung jari. Jari-jari dapat memberikan pijatan ringan yang dapat merangsang sirkulasi dan meningkatkan drainase limfatik. Kemudian, keringkanlah dengan handuk yang lembut.

Baca juga: Jangan Asal Pilih! Yuk, Ketahui Jenis Pembersih Wajah Sesuai Tipe Kulit

7. Selalu gunakan skin care adalah cara membersihkan wajah yang benar

Setelah kamu menghapus makeup dan membersihkan wajah, kamu dapat melanjutkannya dengan menggunakan produk skin care lainnya, seperti toner, pelembap, dan serum yang ingin kamu gunakan.

Meskipun kamu tidak memiliki tipe kulit yang kering, menghapus makeup harus selalu diikuti dengan menggunakan pelembap.

Menghapus makeup juga dapat menyebabkan kulit di area mata menjadi kering, yang mana itu merupakan kulit paling sensitif di area wajah. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaganya agar tetap terhidrasi.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan wajah yang benar setelah menggunakan makeup. Agar terhindar dari masalah kulit wajah, sebaiknya jangan malas ya untuk membersihkan wajah, terutama setelah menggunakan makeup.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Allure (2017). Diakses pada 31 Agustus 2020. How to Remove Your Makeup:7 Tips From Cosmetics Expert

Everyday Health (2019). Diakses pada 31 Agustus 2020. 8 Rules for Washing Your Face: Dermatologist Dos and Don’ts

Glamour (2019). Diakses pada 31 Agustus 2020. How To Remove Makeup: 7 Tips to Get Every Last Bit Off 

Real Simple (2019). Diakses pada 31 Agustus 2020. How to Properly and Thoroughly Remove Makeup – Even Waterproof Eyeliner and Mascara 

The Guardian (2019). Diakses pada 31 Agustus 2020. How to Remove Makeup Properly 

    register-docotr