Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Membersihkan Alat Make Up yang Mudah dan Tepat

October 17, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Cara membersihkan alat make up memang memiliki teknik tersendiri, sehingga bekas kotoran bisa hilang dengan total. Perlu diketahui, membersihkan peralatan make up secara rutin bisa mencegah penumpukan bakteri penyebab utama jerawat.

Membersihkan alat rias wajah bisa dilakukan secara mandiri. Nah, untuk mengetahui cara membersihkan alat make up yang tepat, yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Ingin Bulu Mata Panjang dan Sehat? Simak, Begini Cara Alami yang Bisa Dilakukan!

Bagaimana cara membersihkan alat make up?

Dilansir dari The Spruce, alat make up yang kotor dapat menimbulkan ruam kulit karena kemungkinan adanya bakteri. Beberapa tips mudah untuk memelihara dan menjaga kebersihan alat make up, antara lain sebagai berikut:

Kuas rias

Salah satu alat make up paling sering digunakan adalah kuas rias sehingga tak jarang banyak bakteri di dalamnya.

Karena itu, peralatan make up termasuk kuas alas bedak dan concealer perlu dibersihkan minimal seminggu sekali untuk mencegah penumpukan produk.

Cara membersihkan alat make up satu ini bisa dimulai dengan membasahi kuas dengan menggunakan air dingin biasa. Usahakan hanya membasahi bagian bulu untuk mencegah melemahnya perekat yang menahan sikat ke pegangan.

Usapkan sedikit sampo atau sabun secara lembut ke bulu sikat, bilas, lalu ulangi hingga airnya jernih. Jika kesulitan mengeluarkan produk yang membandel pada sikat atau bulu kuas, pijatkan sedikit minyak kelapa untuk melonggarkan penumpukan dan mempermudah pembersihan.

Setelah kuas bersih, lanjutkan dengan pemberian desinfeksi dengan mencampurkan larutan air dan cuka. Sapukan sikat di sekitar mangkuk selama satu atau dua menit lalu bilas dengan air bersih.

Kemudian, tekan kuas pada handuk kering untuk menyerap kelebihan air atau taruh semalaman hingga kering.

Penjepit bulu mata

Selain maskara dan eyeliner, bakteri juga bisa melapisi permukaan penjepit bulu mata. Jika dibiarkan tanpa memerhatikan kebersihannya, maka mungkin akan memicu masalah kesehatan mata.

Penjepit buku mata harus dibersihkan setidaknya setiap minggu, terutama ketika kamu memiliki mata sensitif atau jenis infeksi lain. Nah, cara membersihkan alat make up satu ini bisa diawali dengan membasahi kapas dengan alkohol atau hidrogen peroksida dan oleskan pada penjepit.

Biarkan mengering selama beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih, dan tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk bersih. Idealnya, jenis alat kecantikan ini perlu dibersihkan dengan sabun dan air setelah digunakan.

Usahakan juga untuk memberikan perawatan penuh setiap dua minggu dan simpan di wadah bersih.

Spons rias

Selain kuas, kebanyakan wanita menggunakan spons rias untuk memperbaiki tampilan bedak pada wajah. Karena itu, tak jarang alat make up satu ini menjadi tempat paling berkumpul bakteri terutama jika tidak pernah dibersihkan.

Cara membersihkan alat make up ini bisa dengan membasahi spons dengan air hangat dan pastikan benar-benar basah. Setelah itu, gunakan beberapa tetes sabun lembut atau sampo untuk membersihkan produk yang menempel dan remas dengan menggunakan jari.

Untuk menghilangkan produk pada spons, mungkin kamu perlu mengulangi langkah ini beberapa kali. Lalu, pastikan untuk membilas spons secara benar menggunakan air jernih dengan cara menekan untuk mengeluarkan busa.

Jika produk sudah keluar bersamaan dengan busa sabun, keringkan spons dengan handuk kering atau biarkan mengering sendiri. Membilas spons bisa dilakukan dengan air hangat untuk membantu menjauhkan kuman.

Seberapa sering alat make up perlu diganti?

Spons riasan biasa atau jenis yang murah tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panjang sehingga harus dibuang setelah sekali pakai. Di sisi lain, spons tahan mikroba seperti beauty blender bisa digunakan berulang kali dan aman disimpan selama tiga hingga empat bulan.

Seperti halnya kuas rias, pastikan untuk membersihkan beauty blender minimal seminggu sekali karena spons bisa terisi dengan sel kulit dan bakteri akan tumbuh.

Perlu diketahui juga, meski pembersihan rutin dapat membantu memperpanjang masa pakai kuas, terdapat tanda yang tidak boleh diabaikan saat sudah tidak layak.

Beberapa pertanda kuas rias harus dibuang dan diganti dengan yang baru adalah ketika bulu mulai rontok, berjumbai, atau kehilangan bentuknya. Segera ganti dengan alat yang baru untuk mendapatkan tampilan riasan wajah yang diinginkan.

Baca juga: Biar Tubuh Makin Sehat, Kamu Perlu Tahu Gerakan Dasar Senam Aerobik Berikut Ini

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Allure.com (2020), diakses 14 Oktober 2020. How to Clean Your Makeup Brushes (and How Often You Should Do It)
  2. Makeup.com (2020), diakses 14 Oktober 2020. How to Clean Every Makeup Tool in Your Kit
  3. Thespruce.com (2020), diakses 14 Oktober 2020. How to Clean Makeup and Beauty Tools
    register-docotr