Kulit & Perawatan Tubuh

Beragam Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut

July 26, 2020 | Anisya Fitrianti
feature image

Minyak zaitun telah dikenal sebagai minyak yang baik digunakan saat memasak. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk merawat wajah dan rambut. Nah supaya bisa merasakan manfaatnya, yuk kenali cara memakai minyak zaitun untuk wajah dan rambut. 

Minyak zaitun untuk wajah

Minyak alami yang satu ini sudah lama digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit seperti sabun muka, sabun mandi, hingga lotion.

Nah karena minyak zaitun merupakan bahan yang serbaguna, kamu juga bisa menggunakannya dalam berbagai cara untuk mendapatkan manfaat yang berbeda-beda. 

Untuk melembabkan kulit

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai lotion pelembab dengan mengoleskannya langsung ke kulit. Jangan salah, bahkan bila kulitmu berminyak minyak ini tidak akan memperparah kondisi kulit.

Untuk digunakan sebagai pelembab, teteskan sejumlah minyak pada tangan lalu usapkan pada wajah sambil dipijat lembut. 

Digunakan sebagai exfoliator

Bila kamu memiliki kulit wajah yang kering, minyak zaitun adalah bahan yang tepat untuk mengeksfoliasi kulitmu. Caranya, campurkan minyak zaitun dan garam laut kemudian dengan pijat lembut pada wajah. Jangan lupa, pilih butiran garam yang terasa halus. 

Untuk menghilangkan riasan mata

Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk memecah zat-zat waterproof atau anti air yang biasanya ada pada riasan mata. Nah ketika kamu kesulitan menghapus riasan mata, tidak ada salahnya lho mencoba minyak zaitun. 

Caranya pun cukup mudah, tuangkan beberapa tetes minyak di atas kapas kemudian usap lembut area mata. Menghapus riasan mata pun dapat terasa lebih mudah. 

Digunakan sebagai masker

Masker yang terbuat dari minyak zaitun akan cocok untuk kamu si pemilik kulit kering. Cara membuatnya pun tidak sulit.

Kamu bisa campurkan minyak zaitun dengan bahan-bahan alami lainnya seperti putih telur, madu, atau oat bubuk. Diamkan beberapa saat dan kamu akan mendapatkan wajah yang lebih lembut dan lembab. 

Untuk menghilangkan kerutan 

Salah satu kandungan yang tinggi dalam minyak zaitun adalah antioksidan. Antioksidan ini dapat berguna untuk mengurangi penuaan dan kerutan pada kulit.

Cara memakai minyak zaitun untuk menghilangkan kerutan adalah dengan mengoleskannya langsung di area yang terdapat kerutan pada malam hari. Lakukan hal ini selama tiga kali dalam seminggu. 

Digunakan sebagai penghilang bekas luka

Vitamin dan antioksidan dalam minyak zaitun dapat memudar bekas luka dengan membantu sel-sel kulit beregenerasi. Bila kamu ingin menghilangkan luka dengan minyak zaitun, cukup pijatkan beberapa tetes pada area bekas luka. Selain itu kamu juga bisa lho menggunakannya untuk mencegah atau mengobati stretch mark.

Minyak zaitun untuk rambut

Selama ribuan tahun minyak zaitun telah dipercaya dapat memelihara kesehatan rambut. Bahan alami yang satu ini juga diketahui mengandung asam oleat, asam palmitat, dan squalene yang sering digunakan pada shampo juga kondisioner. 

Digunakan sebagai kondisioner

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat bekerja dengan baik sebagai kondisioner rambut. Minyak zaitun dapat menambah kelembutan serta kilau alami pada rambut. Berikut cara menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner. 

Pertama, gunakan satu atau dua sendok makan minyak untuk seluruh rambut. Pijat dengan lembut hingga ke area kulit kepala. Kemudian bungkus rambut dengan shower cap dan biarkan minyak meresap selama 15 menit atau lebih.

Lalu sisir rambut dengan sisir bergigi lebar dan lanjutkan dengan keramas. Bilas hingga bersih dan pastikan minyak tidak tersisa. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil terbaik. 

Untuk mengurangi ketombe

Minyak zaitun mampu melembabkan rambut dan mengurangi iritasi kulit kepala sehingga dapat mengurangi ketombe.

Caranya, cukup panaskan secangkir minyak zaitun kemudian oleskan ke rambut. Pijat dengan lembut terutama pada kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan bilas rambut dengan shampo. 

Digunakan sebagai masker rambut

Ketika rambutmu terlihat kering dan kurang nutrisi, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk merawatnya.

Biasanya orang yang memiliki rambut kering adalah orang yang sudah melakukan banyak perawatan rambut seperti bleaching atau keriting permanen. Nggak sulit kok melakukannya, ikuti langkah berikut ini ya. 

Campurkan 1/2 sendok teh minyak zaitun, 2 sendok makan madu dan kuning telur, aduk hingga merata. Oleskan campuran tersebut pada rambut lalu diamkan selama dua puluh menit. Bila sudah, bilas dengan air dingin. Kamu bisa melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu. 

Untuk menguatkan rambut

Kandungan vitamin E dalam minyak yang satu ini dapat membuat rambut kuat dan mencegah rambut rontok. Untuk mendapatkannya, kamu perlu memijat minyak zaitun pada rambut secara rutin. Dengan begitu, kamu juga bisa terhindar dari masalah rambut bercabang. 

Nah itu dia berbagai cara memakai minyak zaitun untuk wajah dan rambut yang mungkin bisa kamu coba di rumah. Meski memiliki banyak manfaat baik untuk kulit maupun rambut, penggunaan minyak zaitun belum tentu cocok untuk semua orang.

Bila kamu ingin mencobanya, pilihlah minyak berkualitas tinggi dan lakukan tes alergi terlebih dahulu ya. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr