Kulit & Perawatan Tubuh

Punya Kulit Wajah Berminyak? Tenang, Atasi dengan Cara Ini!

June 5, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki wajah yang berminyak terkadang sangat menyebalkan karena dapat membuat wajah terlihat kusam. Namun tak perlu khawatir, karena ada berbagai cara menghilangkan minyak di wajah yang dapat kamu lakukan.

Selain membuat wajah terlihat kusam, jika kamu menggunakan make up dan memiliki tipe kulit berminyak, make up pun akan lebih cepat luntur. Bagaimana saja cara mengatasi kulit berminyak, yuk simak di sini!

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Apa penyebab wajah berminyak?

Pada umumnya setiap orang memiliki minyak di wajah, tetapi kadar minyak pada masing-masing orang berbeda.

Di bawah pori-pori terdapat kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak alami yang disebut sebum. Minyak tersebut membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.

Pada beberapa orang kelenjar sebaceous dapat menghasilkan terlalu banyak minyak. Hal inilah yang menyebabkan kulit berminyak.

Kulit berminyak dapat menyebabkan risiko terkena jerawat lebih tinggi karena sebum bercampur dengan sel kulit mati dan terjebak di dalam pori-pori.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya kulit berminyak. Berikut adalah faktor tersebut seperti yang dilansir dari Healthline.

  • Genetik
  • Usia
  • Lingkungan tempat tinggal
  • Pori-pori besar
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang salah
  • Menggunakan skin care secara berlebihan
  • Tidak menggunakan pelembap wajah

Faktor yang sudah disebutkan di atas merupakan faktor umum yang dapat menyebabkan kelebihan minyak di wajah. Tetapi, kamu tak perlu khawatir karena minyak di wajah dapat dihilangkan.

Baca juga: Bye-bye Jerawat! Begini Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Cara menghilangkan minyak di wajah

Bagi kamu pemilik tipe kulit berminyak dan ingin menghilangkan minyak di wajah, ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan.

Dirangkum dari Foreo.com berikut adalah berbagai cara tersebut.

1. Sesuaikan rutinitas perawatan kulit

Produk perawatan wajah biasanya harus disesuaikan dengan tipe kulit yang kamu miliki, tak terkecuali kulit berminyak. Maka dari itu pilihlah produk yang cocok untuk kulit berminyak.

Berikut rekomendasi perawatan kulit rutin untuk tipe kulit jenis ini:

Gunakan pembersih, toner, dan pelembab dua kali sehari

Carilah pembersih yang mengandung sulfur, salicylic acid, atau tea tree oil, kandungan tersebut biasanya dapat melarutkan kelebihan sebum.

Glycolic acid juga merupakan bahan aktif yang bagus untuk kulit berminyak, karena dapat meningkatkan keseluruhan warna dan tekstur kulit.

Setelah menggunakan pembersih, sebaiknya gunakanlah toner yang bebas alkohol untuk menghilangkan kotoran yang mungkin terlewat ketika menggunakan pembersih.

Setelah itu , tahap terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan pelembab ringan yang bebas minyak.

Gunakan astringent

Jika kulit kamu benar-benar berminyak, kamu dapat menggunakan astringent untuk menutup pori-pori yang juga dapat menghilangkan minyak.

Akan tetapi, karena astringent mengandung kadar alkohol yang tinggi, banyak yang mengatakan bahwa ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar.

Perlu diingat sebaiknya jangan menggunakan produk ini setelah kamu melakukan eksfoliasi pada wajah.

Lakukanlah eksfoliasi seminggu sekali

Eksfoliasi adalah hal yang bagus untuk mencegah pori-pori tersumbat, yang mana merupakan kondisi yang seringkali terjadi pada kulit berminyak.

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan oil-free scrub yang diciptakan untuk kulit wajah berminyak.  

Hal perlu diperhatikan adalah, aplikasikanlah scrub secara lembut pada kulit wajah untuk menghindari terjadinya iritasi.

Oleskan masker wajah seminggu sekali

Masker wajah yang dapat membersihkan kotoran secara mendalam seperti clay mask dapat menyerap minyak berlebih serta dapat mengurangi kilang minyak pada wajah selama beberapa hari.

Carilah masker yang juga mengandung bahan madu atau shea butter yang dapat menenangkan kulit dan mencegahnya menjadi kering.

2. Mengontrol kilau minyak dengan make up

Ketika menggunakan make up pada pagi hari, pertama, gunakanlah matte primer atau oil control primer. Ini akan menyerap minyak sepanjang hari, menjaga kulit tetap segar, dan bebas kilau.

Kamu juga dapat mengaplikasikannya di bagian T-zone untuk menyerap sebum tambahan di area wajah yang paling berminyak, seperti dahi dan hidung.

3. Cara menghilangkan minyak di wajah dengan berkonsultasi pada profesional

Jika semua hal tersebut tidak bekerja dengan baik, pertimbangkanlah untuk menemui ahli dermatologi. Banyak obat penghilang jerawat yang juga sama-sama direkomendasikan untuk merawat kulit berminyak.

Dokter juga dapat meresepkan krim topikal dengan tretinoin, adapalene, atau bahkan tazarotene yang dapat mengubah cara pori-pori mengeluarkan sebum.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati karena produk ini dapat membuat kulit iritasi, jadi sebaiknya aplikasikanlah pada area wajah yang paling berminyak.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Foreo.com. Diakses pada 02 Juni 2020. Oil’s Well That Ends Well: The Best Way to Treat Oily Skin

Healthline (2018). Diakses pada 02 Juni 2020. 7 Causes of Oily Skin 

    register-docotr