Kulit & Perawatan Tubuh

Benarkah Makeup Adalah Penyebab Muncul Jerawat di Wajah? Ini Jawabannya

August 13, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Riasan wajah atau makeup adalah salah satu yang dapat menunjang penampilan. Namun, tak sedikit yang enggan menggunakan riasan wajah karena takut menjadi penyebab timbulnya jerawat. Ada juga yang ragu menggunakan riasan wajah karena takut dengan berbagai efek sampingnya.

Tak jarang orang beranggapan makeup dapat memberi efek buruk bagi kulit wajah, salah satunya muncul kerutan. Namun apakah semua itu sudah terbukti secara klinis? Berikut beberapa informasi mengenai mitos atau fakta tentang penggunaan makeup dan efeknya bagi kesehatan kulit wajah.

Mitos dan fakta seputar makeup yang perlu kamu ketahui

Bukan cuma anggapan makeup adalah penyebab jerawat, berikut informasi yang perlu diluruskan seputar penggunaan makeup dan dampaknya bagi kulit.

Mitos atau fakta jika makeup menyebabkan jerawat?

Pada dasarnya jerawat bisa muncul karena minyak atau sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit wajah. Dengan kata lain, bisa dipastikan jika jerawat yang muncul bukan disebabkan oleh riasan wajah.

Namun, faktanya ada beberapa kondisi yang dapat memicu timbulnya jerawat saat kamu menggunakan riasan wajah. Apa saja kondisi tersebut?

1. Salah memilih produk

Ada beberapa produk yang bersifat comedogenic. Comedogenic adalah produk dengan bahan yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah. Jika kamu menggunakan produk-produk ini, mungkin saja akan menyumbat pori-pori dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Namun tidak semua produk makeup bersifat comedogenic. Saat ini sudah banyak pilihan makeup yang melampirkan label non-comedogenic. Kamu hanya perlu lebih teliti saat membeli makeup, agar tak salah pilih produk.

2. Menggunakan makeup terlalu tebal

Di satu sisi, makeup seringkali dianggap penyebab jerawat. Namun di sisi lain, ada orang-orang yang menggunakan makeup untuk menutupi jerawat mereka. Nah, tak jarang orang-orang tersebut menggunakan makeup yang terlalu tebal demi menutupi masalah jerawat mereka.

Makeup tebal ini yang kemudian akan membuat kondisi kulit semakin parah. Juga bisa menyebabkan jerawat baru lainnya. Karena itu sebaiknya gunakan produk yang lebih bersahabat bagi kondisi kulit.

Orang berjerawat tetap boleh menggunakan riasan wajah, tapi pilih produk yang ringan dan memberikan ruang bernapas untuk kulit wajahmu.

“Produk yang lebih ringan seperti bedak tabur atau bedak yang terbuat dari bahan mineral alami tidak terlalu mengganggu kondisi kulit,” ungkap Amy Derick, MD, FAAD, seorang ahli dermatologi, seperti dilansir dari Webmd.

3. Menggunakan jari tangan saat mengaplikasikan makeup

Jari-jari tangan bisa saja membawa kuman ke kulit wajah saat kamu menggunakan produk makeup. Untuk menghindari perpindahan kuman ke kulit wajah, sebaiknya gunakanlah spons atau kuas.

4. Penggunaan alat rias yang kotor

Spons dan kuas adalah alat yang diandalkan untuk mengaplikasikan makeup pada kulit wajah. Namun tak sedikit yang lupa untuk memerhatikan kebersihan alat-alat tersebut. Spons dan kuas yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Jika alat-alat tersebut terus digunakan tanpa memerhatikan kebersihannya, bisa berakibat membawa bakteri ke wajah dan menimbulkan jerawat. Untuk mencegahnya, sebaiknya kamu rutin untuk membersihkan kuas dan juga spons riasmu.

Dilansir dari womenshealthmag, setidaknya bersihkan kuas seminggu sekali dan bersihkan spons setiap kali habis digunakan. Kamu dapat membersihkan spons menggunakan sabun dan air panas, kemudian bilas dan peras hingga bersih.

5. Tidur tanpa membersihkan wajah

Kelelahan setelah beraktivitas seringkali membuat orang malas untuk membersihkan wajah. Padahal makeup yang telah digunakan seharian, ditambah debu dan minyak akan membuat pori-pori kulit wajah tersumbat.

Jika membiarkan pori-pori tersumbat, inilah yang akan menimbulkan jerawat pada wajah. Karena itu penting untuk membersihkan makeup terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan produk makeup remover dan dilanjutkan dengan mencuci wajah hingga semua makeup terhapus.

Selain memastikan pori-pori bebas dari sumbatan, mencuci muka sebelum tidur juga akan membantu kulit menjadi lebih rileks. Jika tidur dalam kondisi kulit bersih, kulit bisa melakukan proses regenerasi dengan maksimal.

Mitos lain terkait penggunaan makeup yang perlu diluruskan

Selain dianggap menjadi penyebab jerawat, ternyata ada juga anggapan yang menyebutkan jika makeup dapat memberikan berbagai efek negatif bagi kulit seperti:

  • Penuaan pada kulit, seperti munculnya keriput
  • Menyebabkan kulit kering atau berminyak

Namun anggapan tersebut dibantah oleh Jeanne Vos, LMA, seorang ahli kecantikan klinis.

“Riasan wajah tidak menyebabkan kulit menua atau menyebabkan kulit kering atau berminyak. Penuaan atau keriput dapat disebabkan oleh stres, faktor lingkungan, merokok dan faktor lainnya,” ungkap Jeanne seperti dilansir dari Pennmedicine.org.

Jeanne juga menambahkan, jika kulit wajah terlalu kering atau berminyak, mungkin tandanya kamu perlu mulai memerhatikan perawatan kulit wajahmu. Karena perawatan kulit yang dilakukan secara rutin dan benar akan mengatasi masalah hingga ke akarnya.

Demikian pembahasan tentang riasan wajah yang kerap dianggap menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah. Jika punya pertanyaan seputar kesehatan kulit wajah lainnya kamu bisa langsung konsultasikan dengan dokter kami.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd diakses 11 Agustus 2020 Myths and Facts About Adult Acne
  2. Womenshealthmag diakses 11 Agustus 2020 Makeup Mistakes That Are Giving You Serious Acne 
  3. Pennmedicine.org diakses 11 Agustus 2020 6 Makeup Myths Debunked
    register-docotr