Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Mau Berbagi Tempat Tidur dengan Tungau Kasur, Kenali Bahayanya bagi Tubuh

June 15, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Bahaya tungau kasur bagi kesehatan telah diteliti sejak lama. Illinois Department of Public Health mengatakan bahwa bahaya tungau kasur mampu meninggalkan ruam dan rasa tidak nyaman pada kulit.

Selain kulit, bahaya tungau kasur juga berdampak pada penderita asma. Kondisi ini terjadi karena tungau kasur merupakan salah satu pemicu alergi dan asma paling umum yang mengintai di dalam rumah.

Baca Juga: Ditakutkan Wanita, Pahami Gejala dan Penyebab Hamil di Luar Kandungan

Mengenal tungau kasur

Tungau kasur banyak dikenal juga dengan nama tungau debu. Hama mikroskopis ini hidup di kasur, furnitur berlapis kain, karpet, dan tirai. Seperti serangga yang umumnya hidup dalam debu rumah, tungau kasur memakan serpihan kulit mati, atau bulu, yang dilepaskan oleh manusia.

Keberadaan tungau kasur cukup sulit untuk dideteksi karena ukurannya yang kecil. Arthropoda mikroskopis ini diperkirakan hanya berukuran 1/4 hingga 1/3 milimeter. Tungau kasur jantan bisa hidup lebih dari sebulan, sedangkan tungau betina bisa hidup hingga 90 hari.

Apa saja bahaya tungau kasur

Tungau kasur merupakan salah satu hama mikroskopis yang mampu memicu alergi dan asma di dalam rumah. Tungau kasur tidak menggigit, namun mengeluarkan reaksi alergi yang dapat menyebabkan gatal dan ruam kulit.

Bahaya tungau kasur: menimbulkan reaksi alergi

Pada kondisi ekstrem, reaksi alergi tungau kasur akan menyebabkan kudis (scabies) pada area kulit yang terasa gatal. Bahkan, hingga menyebabkan demam.

Tungau kasur juga bisa menyebabkan kudis (scabies) pada area kulit yang terasa gatal. Foto: Freepik.com

Reaksi alergi terhadap tungau kasur biasanya disebabkan karena manusia menghirup kulit dan kotoran tungau.

Jika kamu memiliki alergi terhadap tungau kasur, kamu akan mengalami gejala panjang yang akan memuncak pada bulan-bulan yang panas dan lembap.

Beberapa reaksi alergi yang umum terjadi akibat tungau kasur adalah:

  • Bersin
  • Batuk
  • Infus postnasal
  • Hidung tersumbat
  • Gatal pada kulit
  • Mata berair
  • Tenggorokan gatal

Bahaya tungau kasur: menimbulkan reaksi asma

Bahaya tungau kasur lainnya adalah asma. Jika kamu telah sampai pada tingkat keparahan tertentu, tungau kasur dapat memicu asma.

Tubuh kamu akan mengalami mengi (suara bernada tinggi saat bernapas), batuk dan nyeri pada dada. Gejala ini akan meningkat semakin buruk pada malam hari saat kamu berbaring.

Bahaya yang cukup ekstrem berikutnya adalah munculnya asma bahkan pada manusia yang tidak memiliki riwayat penyakit asma. Kondisi ini bisa terjadi jika kamu menghirup debu yang sudah bercampur dengan kotoran tungau kasur.

Mencegah datangnya tungau kasur

Melakukan pencegahan agar tungau kasur tidak muncul adalah langkah paling baik untuk menghindari alergi.

Banyak orang meyakini cukup sulit untuk mencegah agar tungau kasur tidak muncul sama sekali. Namun, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk mengontrol jumlah tungau kasur.

Beberapa langkah yang disarankan, adalah:

  • Hindari menggunakan karpet terlalu banyak di dalam rumah
  • Jika ingin menggunakan karpet, pastikan kamu selalu vakum dan membersihkan semua karpet sesering mungkin
  • Bersihkan debu secara teratur, berikan perhatian ekstra pada kerai, celah furnitur, dan area kecil lain tempat tungau menumpuk
  • Jaga kelembapan dalam rumah di bawah 50 persen untuk menangkal kondisi tungau berkembang
  • Gunakan filter penangkap alergen tersertifikasi di semua unit pendingin udara dan vakum
  • Cuci kasur setiap minggu menggunakan air panas
  • Gunakan seprai dan sarung bantal untuk mencegah tungau debu masuk ke kasur

Penting untuk dicatat bahwa pestisida tidak menghilangkan tungau kasur

Mengobati alergi akibat tungau kasur

Cara terbaik untuk mengobati alergi adalah dengan mengeliminir penyebabnya. Oleh sebab itu, untuk mengetahui seberapa berat kondisi yang kamu alami tentu harus berkonsultasi dengan dokter.

Setelah itu barulah kemungkinan dokter akan memberikan beberapa jenis obat, seperti:

Antihistamin over-the-counter (OTC).

Obat ini bekerja dengan memblokir histamin yang dilepaskan ketika sistem kekebalan tubuh bertemu alergen. Merek antihistamin yang umum adalah Zyrtec, Claritin, Allegra, dan Benadryl.

Dekongestan

Jika alergi menyebabkan hidung tersumbat, tetesan postnasal, dan sakit kepala sinus, kamu dapat memanfaatkan OTC atau resep dekongestan untuk menghancurkan lendir.

Obat alergi resep

Dengan memerhatikan gejala dan tingkat keparahan, dokter mungkin akan memberikan kamu resep obat seperti antagonis reseptor leukotrien oral dan kortikosteroid hidung

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait bahaya tungau kasur, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. healthline.com (2019). Diakses 11 Juni 2020. https://www.healthline.com/health/dust-mites-bites#allergic-reactions
2. healthline.com (2019). Diakses 11 Juni 2020. https://www.healthline.com/health/mite-bites#dust-mites
3. dph.illinois.gov. Diakses 11 Juni 2020. https://www.dph.illinois.gov/topics-services/environmental-health-protection/structural-pest-control/mites-affecting-humans
4. niehs.nih.gov . Diakses 11 Juni 2020. https://www.niehs.nih.gov/health/topics/agents/allergens/dustmites/index.cfm

    register-docotr