Kulit & Perawatan Tubuh

Bad Hair Day Jadi Mimpi Buruk? Coba Hindari dengan Lakukan Ini

August 8, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mengalami bad hair day menjadi mimpi buruk bagi semua orang, terutama kaum hawa. Sebagai mahkota, tentu sangat penting untuk menjaga kondisi rambut, apalagi rambut juga menjadi penunjang penampilan kita.

Mengalami bad hair day membuat kita jadi kehilangan kepercayaan diri. Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari bad hair day. Yuk, disimak!

Penyebab bad hair day

Bad hair day, yaitu di mana kondisi rambut sangat tidak menarik untuk dilihat sehingga merusak penampilan. Ada beberapa penyebab mengapa kamu bisa mengalami bad hair day.

Misalnya saja karena paparan sinar matahari, yang membuat rambut menjadi kering, lepek dan bau matahari. Atau juga bisa karena kamu salah memerlakukan rambut dan memilih produk perawatan yang kurang tepat sehingga rambut jadi sulit di atur dan mudah rusak.

Hindari bad hair day dengan cara cara ini

Jika kamu sering mengalami bad hair day, jangan terlalu cemas, karena hal ini bisa kamu hindari loh dengan beberapa cara berikut ini:

1. Pilih potongan rambut yang tepat

Ketika kamu memotong rambut kamu ke salon, cobalah minta rekomendasi dari penata rambut untuk memilih potongan rambut yang tepat. Pilihan potongan rambut yang tepat dapat menentukan seberapa mudah rambut kamu untuk ditata.

Dan gaya rambut yang baik dapat membantu kamu menghindari bad hair. Ketika kamu mendapatkan potongan rambut yang tepat, rambut akan secara alami rambut jadi mudah diatur disegala kondisi. 

Agar dapat memertahankan potongan rambut, disarankan kamu memotongnya setiap enam atau delapan minggu. 

2. Cobalah untuk tutupi rambut

Tahukah kamu? Ternyata sinar UV berdampak buruk bagi rambut, oleh sebab itu sebisa mungkin hindarilah beraktivitas di luar ruangan dengan keadaan rambut terbuka. Cobalah untuk menutupi rambut dengan topi, scraf, atau bisa juga handbands yang berukuran lebar.

Tidak hanya menghindari kamu dari bad hair day, tapi juga membuat penampilan kamu lebih modis. 

3. Jangan keramas setiap hari

Sebaiknya kamu jangan mencuci rambut setiap hari. Keramas terlalu sering dapat menghilangkan nutrisi penting dan minyak yang dibutuhkan rambut.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas untuk menghindari rambut terasa lepek. 

Selain itu, untuk mempertahankan kelembaban alami rambut, hindari menggunakan pengering rambut dan usahakan membiarkannya kering secara alami.

4. Jangan merokok

Kita semua tahu efek merokok pada kulit kita, tetapi tahukah kamu merokok juga merusak rambut kita yang membuat kita mengalami bad hair day? Ini disebabkan oleh asap rokok.

Asap meninggalkan residu yang tidak menyenangkan pada rambut dan kulit kepala. Residu ini membuat rambut tampak tidak bernyawa dan kusam. 

Belum lagi karena rokok rambut kita menjadi bau asap yang tidak menyenangkan.  

5. Pastikan nutrisi rambut terpenuhi

Rambut juga butuh nutrisi, jadi pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut agar terhindar dari bad hair day, ya!

Untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi rambut, cobalah produk perawatan rambut yang punya kandungan keratin. Biasanya rambut yang kusam, bergelombang, adalah sebab dari kurangnya protein rambut, kandungan keratin dapat mengatasi hal ini.

Gunakan juga bahan-bahan alami untuk merawat rambut, seperti lidah buaya, atau madu.

6. Jangan keluar dengan rambut yang basah

Angin, matahari, dan suhu dingin bisa membuat rambut kita kasar. Apalagi ketika rambut dalam keadaan basah, rambut jadi lebih rentan rusak. Jangan gosok rambut Anda secara agresif saat basah. Dan hindari untuk menguncir rambut dalam keadaan basah. 

Tunggu sampai rambut benar-benar kering agar terhindar dari bad hair day.

7. Gunakan pengering rambut terbaik

Menggunakan pengering rambut tidak sepenuhnya dilarang, tapi memang kamu harus membatasi penggunaanya dan pilihlah pengering rambut terbaik. 

Pengering rambut berkualitas rendah biasanya punya suhu yang terlalu panas yang dapat membuat kulit kepala kepanasan, dan dapat membuat rambut mudah patah. 

Indikator pengering rambut yang baik adalah pilih yang tidak mengeluarkan suara terlalu keras, semakin keras suaranya semakin buruk kualitasnya.

Pilih juga yang memiliki teknologi ionik, teknologi ionik membantu mengecilkan molekul air sehingga rambut Anda akan lebih cepat kering dan lebih sedikit kerusakan.

8. Jangan tidur dalam keadaan rambut basah

Buat kamu yang suka keramas pada malam hari, pastikan rambut kamu benar-benar kering sebelum tidur. Rambut basah yang langsung dibawa tidur dapat membuat bentuk rambut jadi tidak karuan ketika kamu bangun. Rambut basah mudah kusut dan mudah patah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghindari bad hair day dalam penampilan sehari-hari. Jika rambut kamu benar-benar rusak, hindarilah produk penata rambut yang punya kadar alkohol tinggi.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Web MD (2007). Diakses pada 5 Agustus 2020. Surviving a Bad Hair Day

Cheat Sheet (2017). Diakses pada 5 Agustus 2020. 5 Reasons Why You’re Having a Bad Hair Day (and What to Do About It)

Time of India (2016). Diakses pada 5 Agustus 2020. Keep aside bad hair days during summers

Herbal Life Nutrition (n.d). Diakses pada 5 Agustus 2020. Five Ways to Prevent a Bad Hair Day

Best Oil Hair (n.d). Diakses pada 5 Agustus 2020. How to survive bad hair day?

    register-docotr