Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Khawatir, Ini Dia Cara Mengatasi Bintik Susu atau Milia pada Kulit secara Alami!

August 27, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bintik susu atau yang biasa disebut milia merupakan kista kecil yang bisa tumbuh pada kulit wajah. Milia sendiri biasa ditemukan pada bayi. Namun, tidak sedikit orang dewasa juga terkena masalah pada kulit ini. Lalu apa itu milia dan bagaimana cara mengatasinya secara alami?

Apa itu milia?

Milia adalah kista kecil yang berbentuk seperti benjolan di kulit. Bintik susu ini biasanya dapat ditemukan pada bagian hidung, pipi, dagu, bahkan kelopak mata sekalipun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan milia juga bisa terdapat pada bagian kulit tubuh lainnya.

Berukuran 1 hingga 2 milimeter (mm), milia terbentuk ketika serpihan kulit atau keratin, protein, terperangkap di bawah kulit.

Cara alami mengatasi milia

Milia sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun. Namun, ada juga beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah milia lainnya tumbuh.

Hal-hal yang bisa kamu lakukan cukup dengan menggunakan bahan-bahan rumahan aja lho! Diantaranya adalah:

Jangan mencoba memencetnya

Jika kamu memiliki milia pada wajah, jangan pernah memencetnya. Mencoba menghilangkan milia dapat menyebabkan iritasi pada kulit. seperti, bekas luka, keropeng, dan berdarah.

Tidak hanya itu, mengikis kulit juga bisa membawa kuman ke area tersebut, dan akan menyebabkan infeksi.

Bersihkan area yang terkena bintik susu

Pastikan kamu mencuci wajah dengan sabun bertekstur lembut dan bebas paraben setiap harinya. Penggunaan sabun bertekstur akan menghilangkan minyak yang dibutuhkan oleh kulit wajah, agar tetap sehat.

Lakukan uap untuk membuka pori-pori

Setelah membersihkan wajah, menggunakan uap pada wajah dapat membuat pori-pori terbuka dan juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan iritan lebih lanjut pada kulit.

Eksfoliasi area milia dengan lembut

Pengelupasan kulit yang lembut bisa membantu menjaga kulit kamu bebas dari iritasi yang menyebabkan milia. Pilih produk eksfoliasi yang mengandung asam salisilat, asam sirat, atau asam glikolat.

Eksfoliasi yang berlebih juga bisa menyebabkan kulit iritasi. Jadi, jangan lakukan setiap hari. Kamu bisa lakukan eksfoliasi dalam waktu seminggu sekali untuk membantu milia kamu hilang.

Gunakan masker madu manuka

Madu manuka mempunyai kandungan antimikroba yang dapat membantu mengurangi peradangan. Bakteri dan peradangan akan menyebabkan iritasi kulit. Jadi, dengan menggunakan masker madu manuka dapat membantu meredakan milia pada kulit kamu.

Semprotkan air mawar

Air mawar merupakan air demineralisasi yang mengandung minyak mawar. Minyak mawar sendiri, bisa menjadi kandungan yang memiliki anti-inflamasi saat digunakan pada kulit.

Semprotkan sedikit air mawar ke area yang terkena bintik susu, dan kamu juga bisa lakukan selama dua atau tiga hari dalam sekali untuk mendapatan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk hindari area mata ya! Karena minyak mawar bisa menyebabkan iritasi pada mata.

Gunakan krim retinoid

Krim retinoid mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan kulit. Maka, dengan menggunakan krim retinoid akan membantu kamu untuk meredakan milia pada kulit.

Gunakan produk apa pun yang mengandung retinol sekali dalam sehari. Perlu diingat bahwa penggunaan krim ini harus disertakan dengan tabir surya. Hal tersebut dikarenakan, krim retinol akan membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap paparan sinar matahari.

Baca Juga: Jangan Bingung, Berikut Tipe-tipe Sabun Cuci Muka yang Cocok dengan Jenis Kulit Kamu!

Pilih dan gunakan tabir surya yang ringan

Menggunakan tabir surya penting untuk dilakukan karena kulit wajah akan terlindungi dari sinar ultraviolet. Manfaat lain dari penggunaan tabir surya adalah penurunan iritasi kulit yang menyebabkan milia.

Gunakan tabir surya yang dirancang khusus untuk wajah. Juga, pastikan memiliki kandungan SPF 30 atau lebih. Tabir surya yang paling aman digunakan adalah yang menggunakan mineral sebagai bahan dasarnya.

Bagaimana cara mencegah milia tumbuh?

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah milia tumbuh, adalah:

  • Menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Menghindari penggunaan krim kental atau produk berbasis minyak
  • Melakukan eksfoliasi selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019). Diakses pada 26 Agustus 2020. How to Get Rid of Milia: 7 Ways
  2. Medicalnewstoday.com (2020). Diakses pada 26 Agustus 2020. How can I get rid of milia?
    register-docotr