Kulit & Perawatan Tubuh

7 Cara Tepat Merawat Rambut Ikal Agar Tetap Sehat dan Berkilau

September 9, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Merawat rambut ikal ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Jika mendapatkan perawatan yang tepat, rambut ikal dapat memiliki daya tarik tersendiri.

Setiap jenis rambut memerlukan perawatan yang berbeda, termasuk rambut ikal. Merawat rambut sama pentingnya dengan merawat tubuh. Rambut yang sehat dan berkilau tentu saja dapat menambah kepercayaan diri seseorang.

Baca juga: Cegah Kebotakan, Yuk Coba Obat Penumbuh Rambut Alami dan Kimiawi Ini!

Bagaimana cara merawat rambut ikal yang tepat?

Masing-masing orang memiliki jenis rambut yang berbeda, baik lurus, bergelombang, maupun ikal.

Banyak yang mengatakan bahwa rambut ikal sulit untuk diatur, padahal pada kenyataannya rambut ikal hanya memerlukan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan jenis rambut lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara merawat rambut ikal agar tetap cantik dan sehat:

1. Jangan sembarangan memilih sampo

Terlepas dari jenis rambut yang dimiliki, mencuci rambut adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk perawatan rambut yang tepat. 

Mencuci rambut atau keramas berguna untuk memastikan tidak adanya debu, minyak berlebih, sel kulit mati dan penumpukan produk di kulit kepala.

Bagi pemiliki rambut ikal, sebaiknya janganlah memilih sampo sembarangan. Gunakan sampo yang bebas dari bahan kimia tertentu, seperti sulfat, alkohol, maupun paraben yang dapat mengiritasi kulit kepala.

Sebaiknya pilih sampo yang memiliki formula bebas pewangi, sulfat, dan bebas paraben.

2. Hindari telalu sering keramas

Rambut ikal cenderung mudah untuk kering, ini merupakan alasan utama mengapa sangat penting untuk tidak terlalu sering mencucinya. Keramas terlalu sering dapat membuka kutikula dan menghilangkan minyak alami rambut, yang mana akan membuat rambut ikalmu lebih kering.

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan kondisioner, ya. Pilihlah kondisioner yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya.

Kondisioner dapat membantu memastikan kutikula rambut tertutup rapat, sehingga rambut dapat terlindungi dari kerusakan lingkungan.

3. Melakukan perawatan rutin

Perawatan rutin untuk menjaga kelembapan rambut ikal penting dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan hair mask atau masker rambut. Kebiasaan ini dapat membantu menghilangkan kusut.

Oleskan masker rambut atau minyak kondisioner ke rambut kering dengan cara memisahkan beberapa bagian rambut. Diamkan selama 20 menit.

Untuk menahan panas dan membuka kutikula, kamu dapat menggunakan shower cap atau handuk. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu memastikan kondisioner meresap ke rambutmu dengan lebih baik.

4. Jangan menyisir rambut saat basah

Rambut basah lebih rentan patah dan rusak. Oleh karenanya, akan lebih baik jika kamu menyisir rambut sebelum keramas. Setelah keramas, cukup sisir rambut dengan menggunakan jari.

Hindari menyisir rambut saat basah dengan sisir bergigi rapat. Setelah kering, gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut ikalmu. Tak hanya itu, hindarilah untuk menggunakan sikat rambut karena ini dapat merusak tekstur alami rambut dan menyebabkan kerusakan pada rambut.

5. Selalu gunakan air dingin saat keramas

Keramas dengan menggunakan air panas dapat menghilangkan minyak alami atau sebum dari kulit kepala dan rambutmu. Ini juga dapat membuka kutikula sehingga helai rambut rentan kusut dan patah.

Membilas dengan menggunakan air dingin adalah hal yang paling baik saat kamu keramas.

6. Hindari panas berlebih saat menata rambut

Suhu tinggi dari alat penata rambut dapat menghilangkan tekstur alami rambut ikalmu, sehingga dapat membuatnya kusam dan tidak bervolume. Sebaiknya gunakanlah panas sedang dan diffuser untuk melindungi tekstur rambut ikalmu, ya.

7. Keringkan rambut dengan handuk berbahan lembut

Keringkan rambut dengan lembut menggunakan handuk berbahan dasar lembut, misalnya katun. Jangan mengeringkan rambut dengan handuk yang kasar, karena ini dapat menyebabkan kutikula terbuka dan membuat rambutmu menjadi kusut.

Setelah itu, biakanlah rambut mengering secara alami. Jika rambutmu mudah kusut setelah kering, gunakanlah produk rambut tanpa bilas yang ditunjukkan untuk rambut ikal, misalnya saja krim rambut atau minyak argan.

Nah, itulah beberapa cara merawat rambut ikalmu yang dapat kamu lakukan di rumah, mudah bukan? Merawat rambut itu sangat penting, maka dari itu, yuk rawat rambut ikalmu agar tetap cantik dan sehat mulai dari sekarang!

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Luxy. Diakses pada 08 September 2020. How to Take Care for Curly Hair 

Skin Kraft (2020). Diakses pada 08 September 2020. How to Take Care of Curly Hair: 11 Tips and Tricks 

    register-docotr