Kulit & Perawatan Tubuh

5 Manfaat Minum Air Putih untuk Kulit Berjerawat

October 17, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Air putih memang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, benarkah air putih mampu mengatasi persoalan kulit seperti jerawat?

Meski tidak berdampak secara langsung, ternyata air putih bisa menunjang kesehatan kulit wajah lho.

Bagaimana bisa hal itu terjadi? Mari simak pembahasan mengenai konsumsi air putih dan kesehatan kulit berikut ini!

Kaitan air putih dan masalah kulit

Menurut beberapa penelitian, kesehatan kulit juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan tubuh secara keseluruhan serta pola makan.

Minum air putih dan cairan sehat dapat memberikan keajaiban bagi kulit. Jika berbicara soal masalah jerawat, dehidrasi dan kekurangan beberapa nutrisi bisa menjadi salah satu alasan kulit kamu menghadapi masalah yang mengerikan ini.

Faktanya, kulit kering yang terus-menerus bisa menyebabkan sekresi minyak berlebihan, yang menyebabkan timbulnya jerawat. 

Meskipun penelitian tentang hubungan antara asupan air dan jerawat masih terbatas, penelitian menunjukkan bahwa cairan ini dapat membantu mendukung kesehatan kulit melalui beberapa mekanisme.

Baca Juga : Efektif dan Aman, Begini Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tepat

Manfaat air putih untuk masalah jerawat

Meski tidak memberikan efek secara langsung, tetapi air putih punya peranan penting dalam membantu mengatasi permasalahan jerawat pada kulit.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi air putih:

1. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Kulit kering dapat memicu produksi minyak berlebih, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Dengan konsumsi air putih yang cukup, kamu bisa meningkatkan hidrasi pada kulit.

Melansir Healthline, beberapa penelitian menemukan bahwa menambah asupan air dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus saat digunakan bersamaan dengan pelembab dan produk perawatan kulit lainnya.

Tinjauan lain dari enam penelitian menyimpulkan bahwa meningkatkan asupan cairan meningkatkan hidrasi lapisan luar kulit sekaligus mengurangi kekeringan dan kekasaran kulit.

Air putih dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit, yang pada akhirnya dapat membantu mencegah jerawat.

2. Mendukung kekebalan tubuh

Minum lebih banyak air dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang dapat membantu melindungi tubuh dari jenis bakteri tertentu yang berkontribusi pada jerawat.

Bakteri yang dimaksud adalah Cutibacterium acnes (C. acnes), yakni strain bakteri yang diduga terlibat dalam perkembangan jerawat

Memang penelitiannya masih sedikit, dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan apakah minum lebih banyak air dapat melindungi terhadap C. acnes secara khusus.

Tetapi bukti menunjukkan bahwa minum cukup air dapat mendukung kemampuan tubuh untuk melawan infeksi untuk mendukung kesehatan kulit.

Baca Juga : Rekomendasi Obat Apotek dan Alami yang Ampuh Menghilangkan Jerawat

3. Detoksifikasi alami tubuh

Faktanya, hati, ginjal, paru-paru, saluran pencernaan, dan kulit semuanya terlibat dalam proses pengeluaran limbah dan racun dari dalam tubuh.

Air sangat penting untuk proses detoksifikasi yang tepat, karena air membantu membawa nutrisi ke seluruh tubuh, membuang racun, dan menjaga hati serta ginjal bekerja secara efisien.

Selain itu, air juga dikeluarkan dari kulit sebagai keringat, yang dapat membantu mengeluarkan racun dan logam berat dari tubuh secara alami.

Meskipun penelitiannya masih terbatas, konsumsi cukup air putih dapat mencegah pori-pori kulit kamu tersumbat, yang pada akhirnya dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

4. Mengurangi peradangan

Salah satu penyebab peradangan adalah kurangnya air dalam tubuh. Pada kasus penderita artritis, ditemukan bahwa minum air membantu meredakan gejala rasa sakit.

Demikian pula, minum air dapat membantu kamu melawan peradangan dan dengan demikian mengurangi umur jerawat.

Selain air minum, menggunakan air dingin untuk mencuci muka juga bisa mengurangi kemerahan pada jerawat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam yang Membandel, Mau Coba?

5. Kontrol produksi minyak

Minum air putih dapat membantu mengelola kadar gula darah dan juga insulin di dalam tubuh tetap normal. Sebab kadar insulin yang tinggi dalam tubuh bisa memperparah jerawat dengan cara meningkatkan sekresi minyak.

Minum lebih banyak air dapat membantu mengatur kadar gula darah dan insulin, yang pada akhirnya dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

Namun, seiring dengan peningkatan asupan air, kamu juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat untuk mencegah jerawat.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline. Diakses pada 16 Oktober 2020. Does Drinking Water Help with Acne?

The Coldest. Diakses pada 16 Oktober 2020. 7 Fantastic Benefits of Drinking Water for Skin Acne

E-Times. Diakses pada 16 Oktober 2020. Drink water to get rid of those pimples!

    register-docotr