Kulit & Perawatan Tubuh

Manfaat Sheet Mask yang Menguntungkan untuk Wajah

December 5, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Manfaat sheet mask memang bisa kamu dapatkan, terutama jika digunakan secara rutin. Sheet mask sendiri bisa dibuat dengan bahan alami atau membelinya di toko kecantikan terdekat.

Setiap wanita pasti ingin memiliki wajah yang sehat dan bersinar. Demi mendapatkan kecantikan seperti itu banyak yang menggunakan produk skincare seperti sheet mask. Namun, ternyata ada beberapa mitos seputar penggunaan sheet mask yang seharusnya tidak perlu kamu percayai. 

Baca Juga: Benarkah Makeup Adalah Penyebab Muncul Jerawat di Wajah? Ini Jawabannya

Apa itu sheet face mask

Melansir penjelasan dari Womens Health, sheet face mask adalah masker lembaran yang berbentuk wajah dan masker ini kaya nutrisi dengan kandungan yang disebut serum. 

Masker ini terbuat dari berbagai bahan termasuk kertas, serat atau beberapa jenis gel. Masker yang seperti lembaran tipis ini berbeda dengan masker wajah jenis pasta yang hanya perlu kamu aplikasikan di wajah. 

Sheet mask biasanya digunakan sekali dan dikemas secara individual. Tentu saja banyak orang menggunakan sheet mask ini karena lebih instant, cepat, nyaman, dan mudah digunakan.

Manfaat sheet mask yang perlu diketahui

Manfaat sheet mask biasanya tidak mencakup pembersihan mendalam atau pengelupasan apapun. Pada dasarnya, manfaat sheet mask adalah melembabkan, menyeimbangkan, menenangkan, dan mencerahkan kulit.

Melembabkan kulit

Masker wajah atau sheet mask yang digunakan secara rutin dapat membantu dalam pengencangan dan peremajaan kulit. Setelah pakai sheet mask, seseorang yang memiliki kulit kering akan mendapatkan manfaat berupa kelembaban pada kulit wajah.

Mencerahkan wajah

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah seseorang bisa menjadi kusam. Dengan memilih masker sheet mask yang bagus dan cocok, maka bisa membantu menyeimbangkan warna kulit dan mencerahkan bintik-bintik kusam pada wajah.

Membantu detoksifikasi

Setiap hari kulit wajah bisa dipenuhi dengan kotoran, alergen, polusi, dan berbagai elemen ofensif lainnya. Jika kamu memilih masker sheet mask yang bagus dan tepat, maka bisa membantu membersihkan racun.

Setelah pakai sheet mask secara rutin, kulit halus akan didapatkan karena mendapatkan nutrisi dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, carilah masker wajah atau sheet mask yang mengandung arang untuk menklarifikasi kulit atau alga guna menenangkan serta menyeimbangkan kerusakan akibat polutan jahat.

Atasi jerawat

Sheet mask untuk jerawat ternyata juga bisa digunakan dan memberikan manfaat tersendiri. Sheet mask untuk jerawat biasanya mengandung bahan tertentu untuk membantu mengalami masalah pada kulit wajah.

Untuk itu, kamu perlu memilih masker sheet mask yang bagus untuk membantu mengobati dan mencegah jerawat. Sebaiknya, carilah sheet mask untuk jerawat yang mengandung sedikit asam salisilat untuk menenangkan dan meredakan iritasi atau peradangan akibat jerawat.

Antipenuaan

Manfaat sheet mask lainnya adalah untuk membantu mencegah penuaan dan keriput pada wajah. Setelah pakai sheet mask secara rutin, kamu bisa mendapatkan manfaat anti penuaan karena beberapa masker wajah mengandung bahan alami seperti teh hijau.

Teh hijau atau sumber kafein lainnya akan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus atau kerutan pada wajah. Karena itu, pastikan cara pakai sheet mask sudah benar dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Biar Kulit Cerah, 11 Bahan Ini Ternyata Cocok untuk Masker Wajah Alami

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kecantikan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

  1. womenshealthmag.com (2018) diakses pada 30 November 2020. Literally Everything You Need To Know About Sheet Masks 
  2. Vitacost.com (2018), diakses 4 Desember 2020. 5 Impressive Things Sheet Masks Can Do for Your Skin

 

    register-docotr