Info Sehat

Waib Tahu! Cara Pakai Lensa Kontak yang Benar Agar Tak Iritasi

June 16, 2020 | Husni Efendi
feature image

Lensa kontak atau softlense merupakan salah satu pilihan lain selain kacamata untuk membantu proses penglihatan. Sayangnya, masih ada yang keliru tentang cara pakai lensa kontak, sehingga berisiko menimbulkan iritasi.

Ini penting untuk diperhatikan karena pada dasarnya lensa kontak termasuk salah satu benda asing yang langsung menempel pada bagian sensitif, yakni mata.

Nah, berikut informasi lengkap tentang cara pakai lensa kontak yang benar, sekaligus hal apa saja yang perlu kamu hindari saat menerapkannya:

Cara memakai lensa kontak yang benar

Untuk memakai lensa kontak secara benar dan terhindari dari risiko iritasi, beberapa hal yang perlu kamu perhatikan antara lain:

1. Selalu cuci tangan terlebih dahulu

Hal penting yang pertama dilakukan adalah mencuci dan membersihkan tangan sebelum menggunakan lensa kontak.

Jika kamu langsung memegang dan menggunakan lensa kontak tanpa membersihkan dan mencuci tangan sebelumnya, hal tersebut bisa membuat lensa kontak menjadi kotor.

Kebiasaan buruk ini bisa memindahkan kuman dari tangan ke lensa kontak yang akan dipakai. Risiko infeksi dan iritasi pun akan menjadi besar.

Disiplinkan diri untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun, kemudian membilasnya dengan air dan keringkan sebelum menggunakan lensa kontak.

2. Jangan bersihkan lensa kontak dengan air keran

Saat kamu melepas lensa kontak, kemudian menyimpannya dalam kondisi terendam saat disimpan, sebaiknya kamu tetap membersihkan lagi saat akan menggunakannya.

Cara mengambil lensa kontak juga perlu diperhatikan, ambil lensa kontak dari wadahnya menggunakan jari telunjuk. Ini yang penting, bersihkan lensa kontak menggunakan cairan pembersih khusus yang sudah disediakan, bukan menggunakan air biasa atau air keran.

3. Perhatikan jari telunjuk saat menggunakan lensa kontak

Setelah tangan dan jari telunjuk dicuci bersih, ambil lensa kontak menggunakan jari telunjuk tangan.

Gunakan jari telunjuk kanan untuk memasang lensa kontak pada mata kiri, atau sebaliknya. Pastikan kamu memasangnya dengan jari yang paling nyaman digunakan.

Pastikan posisi lensa kontak terpasang dengan benar, hindari posisi lensa kontak yang terbalik saat dipasang.

4. Gunakan di depan cermin agar benar

Setelah memastikan posisi lensa kontak berada di permukaan jari telunjuk, dengan wajah menghadap ke cermin, kemudian tarik perlahan, tahan bagian atas dan bawah kelopak mata menggunakan telunjuk yang lain.

Hati-hati dan perlahan, letakkan lensa kontak tepat pada bagian hitam bola mata.

Selanjutnya, pejamkan mata beberapa detik, buka, dan kedipkan beberapa kali untuk menempatkan lensa kontak pada posisi yang sesuai.

5. Pastikan terpasang dengan pas dan nyaman

Lensa kontak yang terpasang di mata harus dipastikan terasa nyaman. Jika kamu masih merasa tidak nyaman, lepas kontak lensa secara perlahan. Bilas menggunakan cairan pembersih khusus, lalu pasang kembali seperti langkah-langkah tadi.

Apa saja yang harus dihindari saat menggunakan lensa kontak?

Berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk menentukan jenis lensa kontak mana yang paling tepat bisa kamu lakukan. Dari situ kamu juga bisa mendapat informasi tentang apa saja yang harus dilakukan sekaligus apa yang harus dihindari.  

Berikut beberapa hal umum yang harus kamu hindari, jika kamu adalah pemakai lensa kontak:

  • Jangan memakai lensa kontak selama 24 jam lebih tanpa melepasnya sama sekali, atau bahkan terbawa sampai tertidur. Ini bisa membahayakan kesehatan mata kamu.
  • Jangan memakai lensa kontak yang telah melewati batas waktu pemakaiannya (expired).
  • Jangan sekali-kali menggunakan lensa kontak bekas milik orang lain yang sudah dipakai, sebab bisa menyebabkan infeksi pada mata.
  • Memakai lensa kontak bisa jadi membuat mata kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari. Gunakan pelindung seperti kacamata atau memakai topi untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Jangan menggunakan air mineral atau air keran untuk membersihkan lensa kontak, gunakan cairan khusus yang sudah disediakan.
  • Jangan memakai lensa kontak saat berenang, kalaupun terpaksa harus dipakai, lindungi dengan memakai kacamata renang untuk melindungi lensa kontak. Pastikan kamu memakai kacamata renang dengan benar, supaya tidak ada air yang masuk ke area mata.

Demikian informasi tentang cara tepat menggunakan lensa kontak dan apa saja yang perlu dihindari supaya mata tidak iritasi. Jika perlu, lakukan konsultasi dengan dokter mata sebelum kamu memutuskan memakai lensa kontak, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

– WebMD, Tips for Contact Lens Wearers at Every Age, diakses 12 Juni 2020

https://www.webmd.com/eye-health/ss/slideshow-contact-lens-tips

 

– Healthline, The Safest Way to Put in Contact Lenses, diakses 12 Juni 2020

https://www.healthline.com/health/eye-health/how-to-put-in-contact-lenses

 

– WebMD, How to Care for Your Contact Lenses and Eyes, diakses 12 Juni 2020

https://www.webmd.com/eye-health/caring-contact-lens

 

– Perfectlens.ca, 8 Tips for Wearing Contact Lenses for the First Time, diakses 12 Juni 2020

https://www.perfectlens.ca/articles/8-tips-wearing-contact-lenses-for-the-first-time

    register-docotr