Info Sehat

Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Aman untuk Lambung

October 26, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Memenuhi asupan vitamin C merupakan hal yang sangat penting lho. Ya, hal ini karena vitamin C adalah nutrisi yang memainkan peranan penting untuk fungsi tubuhmu. Untuk menjaga daya tahan tubuh kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C.

Eitss, tetapi memilih suplemen vitamin C tidak boleh sembarangan lho, sebaiknya pilihlah vitamin C yang aman untuk lambung. Yuk simak tips-tipsnya berikut ini.

Baca juga: Beragam Vitamin untuk Perkuat Sistem Imun Tubuh Lawan Virus Corona

Mengapa memenuhi asupan vitamin C itu sangat penting?

Vitamin C atau yang juga dikenal sebagai asam askorbat sangat diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, serta perbaikan semua jaringan tubuh. Vitamin C terlibat dalam banyak fungsi tubuh, seperti pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, serta berfungsinya sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, vitamin C juga terlibat dalam penyembuhan luka, pemeliharaan tulang, dan gigi. Vitamin C juga merupakan salah satu antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas yang menumpuk dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan, seperti kanker, penyakit jantung, serta arthritis (radang sendi).

Asupan vitamin C yang tidak memadai dapat menyebabkan gejala seperti kulit kering, nyeri sendi, gusi berdarah, serta penyembuhan luka yang lambat.

Tak hanya itu, pada kasus defisiensi berat vitamin C, ini dapat menyebabkan penyakit skorbut (scurvy), yang ditandai dengan kelelahan, kelesuan, kelemahan jaringan ikat yang meluas, dan kerapuhan kapiler.

Tips memilih vitamin C yang aman untuk lambung

Perlu kamu ketahui bahwa vitamin C tidak diproduksi sendiri oleh tubuhmu. Kamu dapat memenuhi asupan vitamin C melalui sumber makanan tertentu, seperti buah jeruk, tomat, kentang, kiwi, brokoli, atau bahkan stroberi.

Ketika kamu tidak dapat memenuhi asupan vitamin C melalui sumber alami, kamu dapat mengonsumsi suplemen vitamin C. Nah, berikut ini adalah tips memilih vitamin C yang aman untuk lambung.

1. Memilih vitamin C yang aman untuk lambung: Perhatikan jenisnya

Vitamin C datang dalam bentuk murni atau terikat pada mineral untuk menciptakan bentuk “askorbat”. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, berikut penjelasan selengkapnya, seperti yang telah dilansir dari Chicago Tribune.

Asam askorbat

Asam askorbat adalah vitamin C dalam bentuk paling murni. Ini mudah untuk diserap oleh tubuh melalui aliran darah.

Sodium askorbat

Jika asam askorbat murni terlalu asam untuk perut, pilihlah asam askorbat yang terikat pada molekul sodium, yang dapat meminimalkan keasaman.

Perlu diketahui bahwa bentuk sodium askorbat dari vitamin C dapat meningkatkan kadar sodium (natrium) di dalam tubuh. Oleh karenanya, pastikan selalu memeriksa sumber natrium lainnya saat kamu mengonsumsi suplemen jenis ini ya.

Kalsium askorbat

Jenis vitamin C ini, mengikat asam askorbat ke kalsium, yang mana ini juga dapat menetralkan keasaman. Kalsium askorbat sangat ideal bagi mereka yang memiliki perut ekstra sensitif, atau tidak dapat mentolerir bentuk vitamin C lain.

Askorbat mineral lainnya

Kamu juga mungkin saja melihat asam askorbat terikat pada mineral tambahan lainnya dalam suplemen, misalnya saja magnesium, kromium, zinc, atau bahkan mangan.

Ketika kamu memilih bentuk askorbat mineral (termasuk sodium dan kalsium). Kamu juga harus memerhatikan berapa banyak mineral yang kamu konsumsi ya sehingga jumlahnya tidak melebihi asupan harian yang disarankan untuk konsumsi mineral tersebut.

2. Perhatikan dosisnya

Memilih vitamin C yang aman untuk lambung juga harus memerhatikan dosisnya. Dilansir dari Healthline, jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita.

Batas atas asupan vitamin C untuk pria dan wanita yang berusia 19 tahun ke atas adalah 2.000 mg sehari. Beberapa kondisi medis tertentu mungkin mengharuskan konsumsi vitamin C dalam dosis yang lebih tinggi.

Suplemen vitamin C tersedia dalam berbagai pilihan dosis. Mengonsumsi suplemen vitamin C yang memiliki dosis terlalu tinggi bisa menimbulkan efek samping.

Baca juga: Bahaya Bagi Tubuh, Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Kelebihan Vitamin C

3. Pilihlah yang juga aman untuk ginjal

Memilih vitamin C yang aman untuk lambung memang penting, tetapi kamu juga harus memilih yang aman untuk ginjal ya.

Sebaiknya pilihlah yang memiliki kadar oksalat rendah. Hal ini karena ketika kadar oksalat terlalu tinggi di dalam tubuh, ini dapat mengikat mineral dan membentuk kristal yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Nah, itulah beberapa tips memilih vitamin C yang aman untuk lambung. Sebaiknya janganlah konsumsi vitamin C secara berlebihan ya. Ada baiknya, sebelum kamu memutuskan untuk mengonsumsi vitamin C berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Chicago Tribune (2019). Diakses pada 19 Oktober 2020. The Best Vitamin C Supplement 

Healthline (2020). Diakses pada 19 Oktober 2020. The Best Vitamin C Supplements of 2020 

Healthline (2019). Diakses pada 19 Oktober 2020. Does Too Much Vitamin C Cause Side Effects? 

National Institutes of Health (2020). Diakses pada 19 Oktober 2020. Vitamin C 

Webmd (2020). Diakses pada 19 Oktober 2020. The Benefits of Vitamin C 

    register-docotr