Info Sehat

Kenali 4 Zona Titik Pijat Refleksi Kaki yang Berpengaruh pada Organ Tubuhmu!

September 24, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Beberapa orang percaya bahwa beberapa titik pijat refleksi kaki dapat membuat tubuh lebih rileks. Tidak hanya itu, manfaat pijat refleksi kaki juga dianggap dapat membantu mengatasi stres. Juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan organ-organ tubuh.

Namun apa sebenarnya pijat refleksi telapak kaki, apa perbedaannya dengan pijat lainnya serta bagaimana panduan melakukan refleksi? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Sakit Gigi Datang Tiba-tiba? Redakan Gejalanya dengan Pijat Refleksi pada Titik Ini!

Apa itu pijat refleksi kaki?

Pijat refleksi adalah salah satu teknik pijatan pada tubuh. Berbeda dari jenis pijat lainnya, pijat refleksi memiliki titik-titik tertentu pada tubuh. Kamu perlu mengetahui titik tersebut sebelum memijatnya, untuk memberikan hasil maksimal pada organ tertentu pada tubuh.

Dilansir dari Webmd, pijat refleksi memberikan pengaruh pada organ atau bagian tubuh melalui rangsangan sistem saraf. Kemudian rangsangan ini akan dikirim ke sistem saraf pusat.

Hasilnya akan membuat tubuh lebih rileks. Serta dianggap dapat membantu melancarkan aliran darah, pernapasan, respons kekebalan yang akan memengaruhi organ-organ di dalam tubuh.

Pijat refleksi bisa dilakukan di berbagai bagian tubuh, namun salah satu yang terkenal khasiatnya adalah pijat refleksi kaki. Meski pijatan dilakukan di bagian kaki, tapi khasiatnya bisa dirasakan di berbagai bagian dan juga organ tubuh.

Memahami teori pijat refleksi kaki

Meski awalnya pijat refleksi berasal dari Mesir dan Cina Kuno, seorang dokter dari barat, William H. Fitzgerald mengembangkan teori refleksi dan mengenalkan zonasi refleksi pada 1915 silam.

Kemudian teori zona refleksi ini kembali dikembangkan, hingga kini dikenal dengan istilah refleksi modern. Meski terus berkembang, namun ada empat zonasi titik pijat refleksi kaki yang dikenal luas.

4 zona titik pijat refleksi kaki kanan dan kiri

pembagian titik pijat refleksi kaki
Pembagian titik pijat refleksi kaki dan pengaruhnya pada organ tuguh. (Sumber: reflexologyinstitute.com)

Titik refleksi kaki kiri atau kanan ini bagaikan sebuah peta yang menampilkan gambaran seluruh organ di bagian-bagian kaki. Secara garis besar ada 4 zona titik refleksi di kaki kanan atau kiri yang menghasilkan manfaat berbeda-beda, yaitu:

1. Zona kepala

Refleksi kaki untuk sakit kepala bisa kamu temukan titiknya di ujung kaki, mulai dari jari-jari kaki hingga batas lengkung jari.

Tekan lokasi refleksi kaki untuk sakit kepala ini untuk secara efektif meningkatkan sirkulasi di leher agar sakit kepala kamu berkurang.

Dilansir Doctoroz.com, ada dua cara untuk memaksimalkan refleksi kaki untuk sakit kepala ini, yaitu:

  • Jika kamu merasa sakit kepala akan datang: Buat lingkaran kecil dengan jempol kamu di jempol kaki 
  • Jika sakit kepala sudah terjadi: Basahi handuk atau kain dengan air hangat, peras dan balutkan di antara jari kaki. Pijat lokasi antara jari kaki untuk menstimulasi saraf di sana

2. Zona dada

Kamu akan merasakan manfaat pijat refleksi pada organ yang berada di sekitar dada. Termasuk manfaat untuk jantung dan paru-paru, jika memijat titik-titik di bagian bawah jari kaki hingga bagian tengah telapak kaki.

3. Zona perut

Sementara titik pijat refleksi kaki bagian tengah, akan memberikan pengaruh pada organ yang berada di bagian perut. Pijat refleksi di bagian ini dapat memberikan pengaruh pada organ seperti ginjal, pankreas dan organ sistem pencernaan lain.

4. Zona panggul

Terakhir, jika pijat refleksi dilakukan di sekitar tumit maka akan memberikan pengaruh pada tubuh atau organ di sekitar panggul. Jika memiliki masalah pada pinggang, rektum, kaki, kamu membutuhkan pijat refleksi di zona ini.

Variasi titik refleksi kaki kiri dan kanan

Peta titik refleksi kaki kanan dan kiri yang lebih detail. Foto: https://www.foot-pain-explored.com

Kamu mungkin akan menemukan peta titik refleksi di kaki kanan atau kiri yang lebih detail daripada yang sudah dijelaskan di atas. 

Sekilas mungkin titik refleksi baik di kaki kiri atau kanan ini terkesan sama, letak organ-organnya pun bisa serupa, tapi beberapa peta bisa menunjukan organ yang lebih detail  di kaki.

Berikut panduan titik pijat refleksi kaki yang bisa kamu coba di rumah

Ada banyak jenis pijat refleksi yang bisa dilakukan di bagian kaki. Namun tiga jenis pijatan berikut ini bisa kamu coba sendiri di rumah dan bisa kamu rasakan manfaatnya untuk kesehatan.

Pijat refleksi kaki untuk meredakan nyeri tubuh

Cara mudahnya, kamu cukup duduk di kursi, lalu letakan bola di bawah telapak kaki. Kamu bisa bola tenis atau golf. Selanjutnya kamu bisa gulingkan bola tersebut dengan telapak kaki. Lakukan beberapa menit untuk membantu meredakan nyeri secara umum.

Refleksi kaki untuk nyeri punggung bagian bawah

Tekan dan pijat bagian tepi telapak kaki. Kamu bisa memijatnya dari bagian bawah jari hingga mendekati tumit. Lakukan beberapa kali untuk meredakan nyeri punggung bagian bawah.

Refleksi kaki untuk mengatasi rasa cemas

Masih dengan titik pijat di bagian telapak kaki. Namun kali ini kamu cukup memijat bagian di bawah ibu jari, hingga ke bagian tengah telapak kaki. Titik ini akan membantu mengatasi rasa cemasmu.

Baca Juga: Tak Perlu ke Tempat Spa, Cara Pijat Bayi Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Manfaat pijat refleksi

Dari tiga cara pijat refleksi di atas, kamu mengetahui pijat refleksi kaki dipercaya dapat mengatasi rasa cemas, nyeri umum dan nyeri punggung. Selain itu, secara luas, pijat refleksi juga dikenal memiliki banyak manfaat lainnya.

Berikut daftar manfaat pijat refleksi secara luas:

  • Meredakan sakit kepala dan migrain
  • Gangguan pencernaan
  • Radang sendi
  • Insomnia
  • Hormon tidak seimbang
  • Cedera olahraga
  • Gangguan menstruasi
  • Masalah pencernaan
  • Serta sklerosis ganda.

Manfaat pijat refleksi kaki

Sementara untuk pijat refleksi telapak kaki, beberapa potensi manfaat adalah:

  • Menurunkan stres dan keresahan
  • Mengurangi nyeri atau rasa sakit
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan kondisi badan secara keseluruhan

Sebuah kajian yang dilakukan di East California University, Amerika Serikat menemukan adanya manfaat pijat refleksi kaki bagi pasien dengan kanker payudara dan paru-paru.

Salah satu manfaat yang dihasilkan dari refleksi telapak kaki tersebut adalah berkurangnya rasa resah pada para partisipan setelah melakukan pijat refleksi selama 30 menit.

Perbedaan pijat dengan refleksi telapak kaki 

Meskipun terdengar serupa, tapi pijat dan refleksi telapak kaki berbeda, lho. Pada refleksi telapak kaki, reflexologist atau pakar pijat refleksi akan bekerja di area kaki untuk meningkatkan kesehatan dari organ-organ yang secara spesifik tersambung dengan zona titik pijat.

Sementara, untuk pijat kaki biasa, tukang pijat hanya memanipulasi otot, dan jaringan lunak di sekitar kaki untuk meningkatkan sirkulasi, menghilangkan nyeri dan menyembuhkan cedera yang terjadi di area tersebut.

Jika kamu ingin mencobanya untuk perawatan, pastikan untuk melakukannya dengan para ahlinya, ya! Demikian beberapa informasi mengenai titik pijat refleksi kaki.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd diakses 4 September 2020 Reflexology
  2. Verywellhealth diakses 4 September 2020 Reflexology Overview 
  3. Healthline diakses 4 September 2020 3 Massages for Pressure Points on Feet
  4. Foot Pain Explored, diakses 24 September 2020. Reflexology Foot Chart
  5. Doctor Oz, diakses 24 September 2020. Reflexology Foot Chart
  6. Healthline, diakses 24 September 2020. What is Reflexology?
  7. Pubmed.gov, diakses 24 September 2020. The effects of foot reflexology on anxiety and pain in patients with breast and lung cancer
    register-docotr