Info Sehat

7 Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Musim Hujan

October 7, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Beberapa daerah di Indonesia mulai memiliki curah hujan yang tinggi. Ini tandanya musim hujan akan datang tidak lama lagi.

Agar tetap sehat selama musim hujan, kamu harus melakukan prosedur PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat. PHBS mampu mencegah kamu terhindar dari penyakit selama musim hujan.

Tips PHBS agar tetap sehat selama musim hujan

Melansir situs Kementerian Kesehatan RI, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama musim hujan agar tetap sehat.

1. Tetap rutin olahraga

Cuaca dingin dan rintik hujan memang membuat kita lebih suka berbaring di kasur atau sofa. Tapi, jangan lupa untuk berolahraga ya. Selain mencegah tubuh terserang penyakit, olahraga juga bisa meningkatkan sistem imun agar tetap optimal.

Olahraga bukan berarti kamu harus pergi ke gym. Kamu bisa melakukan olahraga ringan dengan stretching, jalan cepat, lari keliling komplek, atau senam mengikuti instruktur video yang ada di internet.

Selain di rumah, olahraga juga bisa dilakukan di tempat kerja. Misalnya seperti lebih memilih menggunakan tangga ketimbang lift, atau memilih berjalan kaki ketimbang naik motor untuk bepergian jarak dekat.

Aktivitas fisik semacam ini akan membantu tubuh untuk sedikit berkeringat dan membuatnya tetap hangat saat kondisi musim hujan.

Baca Juga : Lakukan 5 Olahraga Ini di Rumah agar Tetap Bugar

2. Siapkan baju, sepatu, dan kaus kaki kering

Saat harus berkegiatan keluar rumah, jangan lupa untuk membawa pakaian, sepatu, dan kaus kaki ganti ya. Sebab hujan bisa saja membasahi apa yang kamu pakai.

Menggunakan pakaian dan kaus kaki yang basah dan lembab akan membuat tubuh rentan terserang jamur kulit atau jamur kuku.

Selain akan menimbulkan bau yang tidak sedap, lama kelamaan jamur ini juga bisa sebabkan gatal yang mengganggu kenyamanan.

3. Konsumsi minuman hangat non-kafein

Saat cuaca dingin, kamu disarankan mengonsumsi minuman hangat untuk menjaga suhu tubuh. Tapi jangan pilih minuman berkafein seperti kopi atau teh.

Minuman berkafein bisa memicu tubuh kamu lebih banyak buang air kecil. Maka bisa saja tubuh kamu mengalami kekurangan cairan secara tidak sadar.

Kamu bisa minum air putih hangat saja atau kalau mau tambahan rasa kamu bisa memasukkan jahe atau peppermint dan jeruk nipis kedalam air hangat.

Selain membantu tubuh tetap hangat, minuman ini juga bisa mengurangi rasa lapar. Tapi jangan pakai gula ya, alternatifnya tambahkan saja sedikit madu murni.

Baca Juga : Gemar Minum Kopi? Pahami Dulu Efek Kafein Bagi Tubuh Kamu

4. Perbanyak makan buah

Sistem kekebalan tubuh sangat rentan saat musim hujan. Untuk memastikan sistem imun kita tetap sehat, kamu bisa lakukan pola makan sehat dengan memperbanyak makan buah.

Kandungan nutrisi vitamin pada buah-buahan mampu bantu jaga sistem kekebalan tubuh tetap bekerja secara optimal. Selain itu, buah-buahan juga bisa jadi pilihan cemilan yang sehat.

Sebab pada musim hujan biasanya membuat kamu jadi lebih cepat lapar. Nah buah-buahan bisa sewaktu-waktu kamu santap dan akan menghindarkan kelebihan asupan karbohidrat dari tepung seperti roti, nasi, biskuit, gula, kelebihan garam dan lemak.

Baca Juga : Sederet Makanan dan Minuman yang Dapat Melemahkan Imunitas Tubuh

5. Selalu sedia payung

Pada musim hujan sangat penting untuk menyediakan payung, jas hujan, dan jika perlu sepatu boot khusus. Sebab air hujan tidak selalu bersih, apalagi di hari-hari hujan pertama.

Kandungan air hujan pertama mengandung partikel polusi yang dapat menyebabkan kepala kamu pusing. Jadi pastikan melindungi diri dengan payung dan alat semacamnya ya.

Baca Juga : Moms Jangan Dilarang, Main Hujan Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Anak Lho!

6. Jangan cemari lingkungan dengan rokok

Salah satu PHBS saat musim hujan yang harus dilakukan adalah peran masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih.

Salah satunya adalah bagi mereka perokok aktif diminta untuk tidak merokok di tempat umum. Kegiatan semacam ini bisa mencemari lingkungan sekaligus merusak kesehatan dirinya sendiri dan orang lain yang terpapar.

7. Jaga rumah dari serangan nyamuk

Nah, musim hujan juga jadi salah satu kondisi nyaman bagi nyamuk berkembang biak. Sebab akan ada banyak genangan air di mana mereka bisa menarik jentik atau telur mereka.

Melansir Sunlife, demam berdarah dengue (DBD) dan malaria sangat umum terjadi selama musim hujan jadi jangan lupa untuk menggunakan produk penolak serangga.

Selain itu, periksa sekitar rumah kamu apakah ada genangan. Kamu dapat mulai dengan memeriksa tempat-tempat yang dapat membiakkan nyamuk seperti selokan, pot tanaman, dan area lainnya.

Baca Juga : Waspada! Ini 3 Penyakit yang Paling Sering Muncul Akibat Banjir

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Kemenkes RI. Diakses pada 7 Oktober 2020. Agar Tetap Bugar Saat Musim Hujan

Antara Sumbar. Diakses pada 7 Oktober 2020. Dinkes: Laksanakan PHBS Tekan Penyakit Musim Hujan

Health Harvard. Diakses pada 7 Oktober 2020. Preventing seasonal maladies

Sunlife. Diakses pada 7 Oktober 2020. Five ways to stay healthy during the rainy season

    register-docotr