Info Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Selama Idul Adha di Tengah Pandemi Corona agar Ibadah Tetap Khidmat

July 27, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha. Salah satu perayaan yang identik dengan berbagai olahan daging ini terkadang membuat orang mengabaikan kesehatan.

Apalagi pada perayaan tahun ini, kita merayakannya di tengah pandemi COVID-19. Penting sekali untuk kita menjaga kesehatan selama Idul Adha. Jika kamu ingin tahu bagaimana caranya, berikut ini tipsnya.

Tips menjaga kesehatan selama Idul Adha 

Perayaan Idul Adha identik dengan daging dan segala masakan olahan daging yang tinggi kolesterol. Sebab perayaan setahun sekali ini sering kali membuat kalap dengan sajian masakan daging kurban yang tersaji.

Dan tanpa kita sadar kadar kolesterol kita sudah naik, hal ini untuk sebagian orang dapat membahayakan dirinya. Karena seperti yang kita tahu, kolesterol tinggi dapat mendatangkan masalah kesehatan serius. 

Perayaan Idul Adha tahun ini juga berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pandemi COVID-19 (Corona) membuat kita perlu lebih waspada, dan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat daripada biasanya.

Agar kamu tetap bisa menjaga kesehatan selama Idul Adha, berikut ini beberapa tipsnya.

1. Sarapan yang bergizi

Walau seharian nanti kamu akan banyak makan, bukan berarti kamu jadi mengabaikan sarapan, ini salah. Kamu tetap perlu sarapan, dan bisa diisi dengan buah-buahan sehat dan nutrisi penting lainnya. Konsumsilah makanan rendah kalori untuk sarapan.

2. Hindari makan daging dengan minuman bersoda

Salah satu kebiasaan kita di hari Idul Adha adalah makan daging dengan konsumsi minuman manis dan bersoda. Minum minuman bersoda memang terdengar menyegarkan, tapi ini tidak baik bagi kesehatan jika kamu sedang mengonsumsi daging.

Bahkan kebiasaan ini bisa berbahaya. Efeknya memang tidak langsung kamu rasakan, tapi dalam jangka panjang seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Hindari kebiasaan untuk minum bersoda saat makan daging untuk kesehatan kamu. Justru, perbanyaklah minum air putih, karena daging sangat rendah serat.

3. Makan dalam porsi kecil

Jangan makan terlalu banyak dalam waktu yang berdekatan atau satu waktu. Mungkin kamu tidak bisa menahan berbagai hidangan daging yang menggugah selera, tapi cobalah atur waktunya dan makan dalam porsi yang kecil,

Makan berlebihan tanpa jeda hanya akan membuat kamu merasa kembung dan memicu masalah di lambung. Jadi, makanlah dengan bijak.

4. Konsumsilah daging yang dipanggang

Mengonsumsi makanan yang digoreng menyebabkan konsumsi minyak jenuh yang tidak sehat dalam jumlah berlebih. Daripada menggoreng makanan, panggang saja. Panggang dalam minyak zaitun agar Anda tidak mengonsumsi lemak jenuh.

5. Jaga tubuh agar tetap bergerak

Setelah makan banyak daging daripada hari biasanya, jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan di sore hari. Tujuannya adalah untuk mencegah makanan yang kamu konsumsi tadi disimpan oleh tubuh sebagai cadangan lemak.

Selain itu, berolahraga ringan juga dapat mencegah peningkatan berat badan.

Setidaknya, luangkanlah waktu 10 menit untuk olahraga ringan atau berjalan-jalan santai sebelum kamu tidur.

Tips menjaga kesehatan di Hari Idul Adha saat Covid-19

Selain itu, ada juga beberapa tips menjaga kesehatan di hari Idul Adha di tengah pandemi COVID-19 yang juga harus kamu perhatikan. Hal ini juga sudah ditentukan oleh Kementerian Pertanian dan Agama. Seperti berikut ini:

1. Kegiatan kurban disesuaikan dengan new normal 

Demi mencegah penyebaran COVID-19, langkah-langkah pencegahan dari penjualan dan penyembelihan hewan kurban perlu diperhatikan. Dalam penjualan hewan kurban perlu memenuhi syarat.

Seperti menjaga jarak fisik, penerapan kebersihan personal, dan kebersihan tempat, tidak lupa pemeriksaan kesehatan. Selain itu, penjualan hewan kurban juga harus pakai APD.

Untuk proses penyembelihan, yang biasanya dilakukan oleh banyak orang, pada tahun ini, hanya dilakukan oleh panitia saja, untuk menghindari kerumunan. Begitu juga pembagian daging.

2. Hindari jabat tangan

Salah satu kegiatan yang juga dilakukan di hari Idul Adha adalah tradisi salaman atau jabat tangan. Namun, untuk sementara ini, hindari hal tersebut. 

3. Membawa perlengkapan salat pribadi

Saat ini, masjid sudah kembali dibuka, dan bisa dipergunakan untuk keperluan salat Idul Adha. Namun, tentu dengan penerapan protokol kesehatan. Pihak masjid mungkin tidak akan menyediakan perlengkapan salat, untuk itu jangan lupa untuk membawa perlengkapan salat pribadi.

Jangan lupa juga untuk mengenakan masker atau face mask. Dan sebaiknya kamu mengambil wudhu di rumah.

4. Mandi dan cuci tangan

Setelah kamu menyelenggarakan salat Idul Adha, segeralah mandi atau mencuci tangan dengan sabun dan air selama 30 detik sebelum kamu melakukan kontak dengan keluarga.

5. Hindari merokok dan meludah di tempat penyembelihan

Bagi kamu yang mungkin menjadi panitia penyembelihan, hindari untuk merokok dan meludah sembarangan di tempat penyembelihan. Karena droplet adalah salah satu penyebar virus COVID-19.  

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan di Hari Idul Adha agar kamu bisa menjalankan ibadah Idul Adha dengan khidmat dan kesehatan tetap terjaga.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Ditjen Pertanian (2020). Diakses pada 23 Juli 2020. Kementan Keluarkan SE Tentang Pelaksanaan Kurban Dalam Situasi Pandemi Covid19

Marham (2018). Diakses pada 23 Juli 2020. Happy Eid-ul-Adha: 4 Tips To Keep You Sane And Healthy While You Eat Meat

Lifehealth (2018). Diakses pada 23 Juli 2020. Eid ul Adha 2018 Special: Health and diet tips to follow on Eid ul Adha

Ew Food (2017). Diakses pada 23 Juli 2020. How To Eat Healthy Over The Eid Al Adha Season

WHO (2020). Diakses pada 23 Juli 2020. Safe Eid al Adha Practices in the Context of COVID-19

Health.gov.il (2019). Diakses 23 Juli 2020. Eid al-Adha.

 

    register-docotr