Info Sehat

Makan All You Can Eat? Lakukan 6 Tips Ini Agar Tetap Sehat

July 6, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Restoran buffet saat ini sedang menjamur di kota-kota besar. Tak jarang juga yang menyediakan menu makan all you can eat. Restoran jenis ini memungkinkan para pengunjung untuk makan sebanyak-banyaknya sesuai dengan keinginan.

Sayangnya, tidak sedikit yang lengah dan justru abai dengan kondisi tubuh. Pilihan menu yang tidak tepat dan cara makan yang keliru bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Apa saja yang harus dilakukan saat berada di restoran all you can eat? Yuk, simak enam tips-nya berikut ini.

Tips sehat makan all you can eat

Salah satu aspek yang harus diperhatikan pada makanan all you can eat adalah nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sebab, secara tidak langsung, ini bisa memengaruhi keseimbangan gizi di dalam tubuh. Selain itu, masih ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

1. Pilih makanan rendah kalori

Saat makan all you can eat di restoran, kenali dulu tiap menu berdasarkan kalorinya. Ini menjadi penting, karena terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan obesitas, jika tidak diimbangi dengan pembakaran.

Mengutip Healthline, sayuran adalah salah satu jenis makanan yang tidak memiliki tinggi kalori. Brokoli dan seledri misalnya, mempunyai kalori yang sangat rendah. Kamu juga bisa memilih sup kaldu, aneka jamur, dan salad.

2. Jangan terlalu banyak karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang diperlukan tiap manusia sebagai sumber energi. Tapi, asupan yang terlalu banyak juga tidak menyehatkan. Ini karena terdapat glukosa yang bisa menaikkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Sebagian orang masih berpikir bahwa karbohidrat hanya bisa didapat dari nasi. Padahal, pendapat tersebut tak sepenuhnya benar. Di restoran all you can eat, ada banyak makanan yang mengandung zat tersebut. Misalnya, kentang, sereal, sushi, roti, pasta, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengambil lebih dari satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Misalnya, jika kamu sudah meletakkan sushi di atas piring, jangan ambil pasta atau kentang.

Baca juga: Untuk Kebutuhan Nutrisi, Lebih Sehat Mie atau Nasi? Ini Faktanya!

3. Seimbangkan nutrisi

makan all you can eat
Nutrisi seimbang. Sumber foto: www.nhs.uk

Saat berada di restoran all you can eat, banyak orang cenderung mengambil makanan yang hanya disuka. Padahal, ini bisa memungkinkan tubuh mengalami ketidakseimbangan gizi.

Misalnya, terlalu banyak makan daging akan membuat kadar zat besi meningkat, bahkan melebihi takaran yang dibutuhkan tubuh. Hasilnya, nutrisi lain mengalami ketidakseimbangan, sehingga penyerapannya menjadi tidak maksimal.

Kamu bisa mengimbanginya dengan telur sebagai sumber protein, sayur sebagai sumber serat, dan ikan laut sebagai sumber omega-3.

Saat makan all you cat eat, jangan lupakan buah sebagai makanan penutup. Selain bisa menetralkan rasa asin dan gurih dari makanan sebelumnya, buah-buahan adalah sumber terbaik dari vitamin.

4. Kunyah secara perlahan

Hampir semua restoran yang menyediakan menu makan all you can eat memberikan batas atau durasi waktu untuk pengunjungnya. Ini membuat tak sedikit tamu bergegas menghabiskan makanan dan mengambil menu lainnya.

Padahal, cara makan seperti ini sangat tidak dianjurkan. Mengutip Healthline, melahap makanan dengan cepat bisa menyebabkan obesitas. Tekstur dari makanan yang tidak dikunyah sampai lembut akan sulit dicerna oleh tubuh.

Hasilnya, kalori dan lemak yang ikut masuk ke dalam tubuh akan lama terurai, dan menyebabkan penumpukan yang dapat menyebabkan kegemukan.

Belum lagi, saat mulut sudah tidak mengunyah sesuatu, kamu akan terpancing untuk lebih banyak memasukkan makanan lain. Akibatnya, tanpa disadari, ada banyak makanan yang bisa masuk ke dalam perut.

5. Terus bergerak

Saat makan all you can eat, kebanyakan orang mungkin akan mengambil menu yang banyak dalam sekali waktu. Akhirnya, ia akan lebih sering duduk dan menyantap makanannya.

Alih-alih melakukannya, kamu bisa mengambil sedikit demi sedikit makanan ke atas piring. Ini akan membuatmu terus bergerak dan melangkah menuju food station untuk mengambil menu selanjutnya.

Aktivitas berjalan inilah yang akan membakar kalori dalam tubuh. Sehingga, risiko obesitas akibat penimbunan kalori bisa diminimalkan.

Baca juga: Daftar Penyakit Tidak Menular di Indonesia: Penyebab Kematian Tertinggi

6. Perhatikan minuman

Selain memilih menu makan all you can eat, kamu juga sangat disarankan untuk memerhatikan minuman yang tersedia. Dari beragam minuman yang ada, sebagian besar memiliki kandungan gula tinggi, atau bahkan tambahan soda.

Minuman seperti teh manis dan air jeruk mungkin akan terasa menyegarkan. Tapi, terdapat tinggi gula di dalamnya. Lalu, bagaimana dengan jus dan susu? Kedua jenis minuman tersebut juga sarat akan gula.

Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti diabetes. Gula terlalu banyak juga bisa memacu pelepasan insulin, yang dapat membuatmu lemas.

Minum air putih adalah solusi paling tepat. Sayangnya, di restoran makan all you can eat, air putih sering tidak diletakkan pada booth minuman. Kamu bisa memintanya pada petugas.

Nah, itulah enam tips sehat saat makan all you cat eat yang bisa kamu terapkan. Yuk, tetap perhatikan nilai gizi dan nutrisi pada setiap makanan yang dilahap. Dengan begitu, risiko berbagai gangguan kesehatan bisa diminimalkan. Selamat makan!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Centers for Disease Control and Prevention, diakses 27 Juni 2020, Healthy Eating for a Healthy Weight.
  2. Healthline, diakses 27 Juni 2020, Does Eating Fast Make You Gain More Weight?
  3. Healthline, diakses 27 Juni 2020,38 Foods That Contain Almost Zero Calories.
  4. Food Network, diakses 27 Juni 2020, Dining Out: All-You-Can-Eat Buffets.
  5. The Health Site, diakses 27 Juni 2020, 7 tips to eat healthy at a buffet.
  6. TheHealthy.com, diakses 27 Juni 2020, 10 Things You Should Avoid at Your Favorite All-You-Can-Eat Buffet.

    register-docotr