Info Sehat

Begini Lho, Waktu Tidur Siang yang Baik untuk Tingkatkan Produktvitas Kamu

August 27, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pastinya kamu seringkali merasa mengantuk di saat siang hari apalagi setelah makan siang. Nah, ternyata meluangkan waktu untuk tidur siang adalah hal yang baik untuk meningkatkan produktivitas lho.

Baca Juga: Kamu Susah Tidur? Coba 10 Cara Ini

Kapan waktu tidur siang yang baik untuk produktivitas?

Tidur siang merupakan cara paling tepat untuk meningkatkan produktivitas saat di kantor. Waktu tidur siang yang baik untuk produktivitas seringkali disebut dengan power nap

Power nap adalah tidur singkat yang hanya berdurasi selama 20-30 menit. Aktivitas ini biasanya dilakukan saat istirahat makan siang atau di kala senggang di tengah pekerjaan.

Tidur siang tingkatkan untuk produktivitas sebaiknya tidak dilakukan sembarangan, misalnya tidak boleh dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur malam. 

Tidur siang lebih baik dilakukan delapan jam setelah bangun tidur, bila lebih dari itu, maka jaraknya dengan tidur malam terlalu pendek sehingga meningkatkan risiko kesulitan tidur.

Selain itu, jika durasi tidur siang lebih dari 30 menit, maka akan membuat kamu merasa lemas, lamban, pening, dan lebih lelah daripada sebelumnya. Untuk itu, sebaiknya batasi tidur siang kamu maksimal hanya 30 menit saja.

Manfaat tidur siang di sela-sela aktivitas

Dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat yang didapatkan dari tidur siang, antara lain:

Meningkatkan produktivitas

Tidur siang adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan otak sejenak. Kebiasaan menumpuk tidur di malam hari dan melewatkan tidur siang adalah sebuah kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari.

Meningkatkan kewaspadaan dan lebih fokus

Tidur siang atau power nap merupakan cara yang lebih ampuh dan sehat untuk mengatasi rasa kantuk saat di kantor. 

Biasanya setelah bangun dari power nap, kamu bisa merasakan kewaspadaan kembali meningkat. Bahkan, tidur siang singkat juga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Meningkatkan kesehatan jantung

Tidur siang juga mampu mencegah penyakit jantung dan stroke. Apalagi bagi kamu yang terbiasa begadang, tentu harus memperbanyak waktu tidur siang agar kekurangan waktu tidur di malam sebelumnya bisa tergantikan.

Kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal jika kamu rutin tidur siang sekitar 30 menit saja per harinya.

Mengatasi insomnia

Hal ini sangatlah penting bagi kamu yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur di malam hari. Kamu bisa mengatasinya dengan tidur siang secara rutin. 

Gangguan insomnia dalam waktu lama pasti akan merusak kinerja tubuh dan bila tak diatasi dengan beristirahat di siang hari, bisa mengancam kesehatan kamu lho.

Memperbaiki mood

Tidur siang secara rutin dapat menurunkan tingkat stres, lalu setelah tingkat stres turun akan ada kenaikan neurotransmitter serotonin dalam tubuh.

Serotonin ini berguna untuk mengatur suasana hati, menghasilkan perasaan puas sehingga dapat memperbaiki mood.

Mempunyai ide lebih baik

Orang yang sering tidur siang, baik itu lama atau singkat seperti power nap, memang bisa lebih kreatif dalam menyalurkan ide-ide baru. 

Hal ini dikarenakan siklus tidur REM (rapid eye movement) dapat membantu aktivasi bagian otak yang berhubungan dengan imajinasi dan mimpi.

Mengkombinasikan tidur siang dengan kopi

Coffee nap merupakan istilah yang merujuk pada mengonsumsi kafein lalu tidur siang. Hal ini dikarenakan efek kafein baru dapat dirasakan 20-30 menit setelah diminum. Karena itu, tidur pada waktu menunggu tersebut sangatlah mungkin.

Jadi, jika kamu mengonsumsi secangkir kopi dan setelah itu langsung tidur siang paling tidak 20 menit, dapat membuat efek dari kafein akan langsung muncul setelah terbangun. Maka kamu pun akan merasa segar selama berjam-jam.

Kamu bisa mencoba coffee nap jika kamu merasa mengantuk di kantor untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Sebaiknya hindari tidur lebih dari 1 jam, karena itu malah bisa bikin bingung dan grogi saat terbangun, serta berpotensi mengganggu jam tidur malam.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr