Info Sehat

Benarkah Tidur Siang Bikin Gemuk? Yuk, Cek Fakta Lengkapnya!

August 28, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Banyak orang beranggapan bahwa tidur siang dapat meningkatkan berat badan tubuh dengan pesat. Apakah benar tidur siang bikin gemuk? Simak yuk jawabannya. 

Benarkah tidur siang bikin gemuk? 

Menurut penjelasan dari Scientific American, berat badan bergantung pada banyak faktor, beberapa diantaranya seperti gaya hidup dan genetika memainkan peran penting. Lalu apa hubungan tidur siang dengan berat badan?

Melansir penjelasan dari Doctor NDTV, tidur siang sering dilakukan oleh orang tua hingga kakek nenek selama bertahun-tahun. 

Perlu kamu ketahui bahwa antara 10 hingga 30 menit tidur siang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, kata ahli gizi Rujuta Diwekar. 

Idealnya, tidur siang harus dilakukan segera setelah makan siang, sebaiknya antara pukul 1 siang hingga 3 sore. Namun, sangat tidak disarankan bagi kamu untuk tidur antara jam 4 sore hingga 7 malam.

Tidur siang dapat meningkatan keseimbangan hormon dan kesehatan jantung, serta penurunan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat lainnya jika kamu melakukan tidur siang.

Baca juga: Penting untuk Masa Pertumbuhan, Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

1. Atasi kurang tidur

Ketika kamu memiliki masalah tidur saat malam hari, tidur siang bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengobati kurangnya waktu tidur tersebut. 

Kamu cukup tidur siang selama 15 sampai 20 menit dan sudah cukup untuk membuat tubuh menjadi segar kembali serta meningkatkan kewaspadaan, energi, dan kinerja motorik tubuh lho.

2. Memperbaiki daya ingat

Tak hanya itu saja, ketika kamu melakukan tidur siang selama 5 menit hal itu dapat meningkatkan fungsi memori. 

Kemudian, tidur siang selama 30-60 menit juga bisa membantu meningkatkan memori dan kreativitas serta membantu menghafal kosakata atau mengingat arah.

Terakhir, tidur siang 60-90 menit dinilai berperan dalam membuat koneksi baru dalam otak.

3. Baik untuk tekanan darah

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, bisa mencoba untuk rutin melakukan tidur siang karena dapat menurunkan tekanan darah. 

Beberapa manfaat di atas memang terbuki bahwa tidur siang baik bagi kesehatan tubuh, bukan membuat badan gemuk. Asumsi ini terkait dengan kebiasaan orang yang tidur siang setelah makan siang.

Ada mitos yang mengatakan bahwa tidur setelah makan siang akan membuat lemak di dalam tubuh menumpuk. Namun ternyata, sejauh ini belum ada penelitian yang menemukan hubungan antara obesitas dengan tidur siang.

Yang jelas, kebiasaan tidur siang yang panjang menyebabkan kalori yang terbakar sedikit.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Doctor.ndtv.com (2020) diakses 22 Agustus 2020. The Power Of Afternoon Naps- No, They Don’t Cause Weight Gain!
  2. Scientificamerican.com (2007) diakses 22 Agustus 2020. Does sleeping after a meal lead to weight gain?
  3. Htv.com.pk (2017) diakses 22 Agustus 2020. Does An Afternoon Nap Make You Fat? 
    register-docotr