Info Sehat

Tes Kesehatan pun Bisa Gagal, Ini Faktor Penyebabnya

May 8, 2020 | Haekal | dr. Febrina Fajria
feature image

Untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara berkala, kamu dapat melakukan tes medis atau medical check-up. Tapi tahukah kamu kalau tes kesehatan bisa saja gagal. Nyatanya ada beberapa hal yang membuat tes kesehatan gagal.

Baca Juga: Serangan Jantung Merenggut Nyawa, Cegah Sedini Mungkin

Tes medis untuk menemukan masalah kesehatan sedini mungkin 

tes kesehatan gagal
Tes kesehatan untuk menemukan masalah kesehatan sebelum terlambat. Foto: https://pixabay.com

Tes medis dapat dilakukan untuk menemukan masalah-masalah kesehatan dalam tubuh sebelum masalah tersebut menyerang semakin parah. Ada berbagai tes yang dapat ditempuh baik untuk mengetahui kondisi tubuh yang terlihat maupun tidak terlihat. 

Serangkaian tes yang dapat ditempuh ditentukan oleh usia, kondisi kesehatan pribadi, kesehatan keluarga, serta gaya hidup yang dijalankan termasuk seberapa aktif tubuh kamu, apa makanan yang dikonsumsi, dan apakah kamu merokok atau tidak.

Beberapa hal harus dipersiapkan sehingga bisa meminimalisir tes kesehatan gagal

Sebelum kamu melakukan tes medis, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri, antara lain:

  • Tinjau ulang rekam medis keluarga dekat 

Hal ini untuk melihat apakah ada faktor genetik yang memicu risiko tubuh kamu terserang penyakit jantung, stroke, diabetes, atau kanker. Tenaga medis akan memperhitungkan faktor-faktor tersebut pada tes medis dan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

  • Jika sebelumnya pernah melakukan tes medis 

Sebaiknya cari tahu apakah kamu sedang menantikan vaksinasi, tes lanjutan, dan tes-tes lainnya. 

  • Catat pertanyaan atau keluhan

Kamu juga sebaiknya mencatat pertanyaan-pertanyaan apa saja yang hendak ditanyakan serta masalah-masalah tubuh yang dirasakan pada tenaga medis agar dapat ditindaklanjuti saat tes medis.

Setelah proses tes medis dilakukan, kamu dapat berkonsultasi mengenai hasil dari tes medis yang telah dijalankan. Hasil tersebut dapat menjadi penentu langkah-langkah medis apa saja yang dapat kamu lakukan dan apa yang harus dicegah, terutama jika hasilnya mengindikasikan tubuh kamu tidak baik-baik saja.

Tes medis untuk kerja

tes kesehatan gagal
Tes kesehatan untuk melamar kerja. Sumber foto: https://www.shutterstock

Selain untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh dan langkah selanjutnya yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat, tes medis juga biasa dilakukan untuk berbagai hal lainnya seperti bekerja, sekolah, dan izin kerja di luar negeri.

Tes kesehatan sebagai syarat bekerja atau sekolah, umumnya bertujuan untuk:

  • Menguji kelayakan tubuh

Tes medis tersebut dilakukan untuk menguji kelayakan apakah tubuh kamu siap untuk bekerja maupun bersekolah dengan kondisi medis yang dimiliki. Jika tidak, langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan agar tubuh siap.

  • Memprediksi risiko kesehatan di masa mendatang

Tes medis juga dilakukan untuk melihat risiko-risiko apa saja yang dapat mencuat di masa depan dan bagaimana mengontrol risiko ini di tempat kerja atau bersekolah untuk mencegah penularan atau semakin parahnya penyakit yang diderita. 

Gaya hidup yang kamu jalani juga dapat menjadi faktor yang menentukan tes medis yang dilakukan.

  • Penempatan posisi

Beberapa perusahaan pada industri tertentu memiliki standar dan persyaratan legal yang harus harus dipenuhi. Tes medis ini dilakukan untuk menentukan kelayakan kamu untuk ditempatkan pada posisi tertentu, terutama pada pekerjaan yang membutuhkan tenaga fisik yang berat. 

Pada dasarnya, perusahaan tidak ingin risiko dari kondisi tubuh menjadi penghambat di masa depan baik bagi diri kamu sendiri, maupun orang lain.

Jika ditemukan adanya masalah kesehatan, kamu biasanya dirujuk ke dokter terkait agar masalahnya dapat ditindak lanjuti. Adanya masalah kesehatan dapat sangat menentukan apakah kamu akan “lolos” tes medis atau tidak. 

Baca Juga: Buka Puasa dengan Makanan Pedas, Apa Efeknya?

Faktor yang bisa membuat tes kesehatan gagal 

tes kesehatan gagal
Pernah cedera bisa membuat tes kesehatan gagal. Foto: https://www.shutterstock.com

Cukup umum bagi orang untuk takut gagal dalam proses ini.  Faktor penyebab kegagalan dalam sebuah tes kesehatan bisa meliputi cedera yang pernah diderita, atau kondisi medis yang ditakutkan sangat berpengaruh pada risiko saat bekerja nantinya.

Jika kamu khawatir mengenai kondisi kesehatan atau cedera yang pernah dialami sebelumnya, konsultasikan terlebih dahulu dengan manajer perekrutan di perusahaan yang kamu tuju, terutama jika pekerjaannya menuntut standar medis yang ketat. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

[1] Health Checkup. Diakses pada 1 November 2019. Medline Plus.

https://medlineplus.gov/healthcheckup.html.

[2] Check-Up Checklist: Things to Do Before Your Next Check-Up. Diakses pada 1 November 2019. Centers for Disease Control and Prevention.

https://www.cdc.gov/family/checkuplist/index.htm.

[3] Physical Examination. Diakses pada 1 November 2019. Healthline.

https://www.healthline.com/health/physical-examination.

[4] What do companies check when they send you for a medical? Diakses pada 1 November 2019. Adzuna.

https://www.adzuna.com.au/blog/2017/11/15/companies-check-send-medical/

 

 

    register-docotr