Info Sehat

Saat WFH Pandemi COVID-19, Waspadai Bahaya Terlalu Lama di Depan Komputer bagi Kesehatan

July 1, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Bagi kamu para pekerja, terlalu lama di depan komputer tentu sudah menjadi hal yang biasa apalagi saat work from home (WFH) pandemi COVID-19. Namun, tanpa disadari kebiasaan itu justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan lho. Yuk, simak ulasannya!

Efek terlalu lama di depan komputer

Apakah kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk sepanjang hari di depan komputer? Jika iya, sepertinya kamu tidak menyadari bahwa pekerjaan yang seperti itu membuat tubuh menjadi tidak sehat. 

Perlu kamu ketahui jika duduk terlalu lama, hal tersebut akan membawa beberapa masalah bagi kesehatan dan mengganggu sistem metabolisme. 

Dampak jangka panjang, kamu yang duduk dalam waktu lama akan meningkatkan risiko penyakit serius. Berikut ini beberapa penyakit yang akan timbul ketika kamu masih terus melanjutkan kebiasaan duduk terlalu lama di depan komputer dilansir dari invorma.com:

1. Postur tubuh 

Duduk terlalu lama akan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit yang berhubungan dengan postur tubuh. Gangguan ini tidak akan muncul dalam waktu singkat tetapi akan muncul selama bertahun-tahun dengan melakukan hal yang sama. 

Beberapa gangguan yang akan kamu rasakan yaitu rasa sakit yang berlebihan pada leher dan bahu, tulang belakang juga akan terpengaruh karena tulang punggung terus menopang tubuh  ketika kamu duduk terlalu lama.

2. Sindrom CVS

Sindrom ini disebut juga sebagai CVS atau Computer Vision Syndrome. Hal ini terjadi akibat fokus dan gerak mata yang tertuju hanya pada satu arah. 

Tak hanya itu biasanya kamu yang mengalami CVS melakukan kegiatan tersebut secara berulang kali dalam waktu lama, yaitu menatap layar komputer. 

Gejala yang akan kamu rasakan seperti mata tegang, sakit kepala berlebihan, penglihatan mulai kabur hingga mulai tidak bisa fokus terhadap suatu benda yang letaknya jauh. 

3. Serangan jantung 

Efek buruk pertama dari duduk terlalu lama adalah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit kelainan jantung lainnya. Ketika kamu duduk terlalu lama, tubuh akan merespons dengan memperlambat proses metabolisme. 

Kemudian aliran darah di dalam tubuh juga terganggu karena mengalir secara perlahan sehingga otot tidak dapat membantu untuk membakar kalori di dalam tubuh kamu. 

Tentu saja karena terjadinya proses seperti itu, lemak akan menyumbat bagian otot dan pembuluh darah. Ketika kamu melakukan kegiatan tersebut dalam jangka waktu lama, jumlah lemak dalam pembuluh darah bisa membawa serangan jantung. 

Pria atau wanita yang duduk lebih dari 10 jam per hari akan memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung. Jadi, sangat disarankan sebaiknya kamu menghindari atau mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung dengan bergerak dari kursi setidaknya 30 menit per hari ya. 

4. Mati rasa

Duduk terlalu lama akan membuat tubuh kamu mati rasa. Hal ini karena duduk terlalu lama dapat mengganggu sistem saraf dan membuat kondisi yang tidak nyaman. Tentu saja itu akan membawa masalah bagi kesehatan dalam jangka waktu yang lama.

Namun jangan khawatir, kamu dapat mencegahnya dengan minum cukup air karena itu akan membuat kamu buang air kecil dan berjalan ke toilet. Berdiri setiap 30 menit juga dianjurkan untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena duduk terlalu lama.

5. Kanker

Dilansir dari invorma.com, menurut penelitian saat ini, telah terbukti bahwa duduk terlalu lama akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara, leher rahim dan usus. Risiko terkena kanker ini lebih tinggi karena tubuh tidak terlalu aktif sehingga mengurangi kemampuan antioksidan. 

Rendahnya produksi insulin dan pertumbuhan sel tidak sehat yang lebih cepat juga dan menjadi faktor yang memicu kanker. Karena itu, menggerakkan tubuh kamu dari kursi sedikit diperlukan untuk memulihkan kondisi tubuh untuk melawan kanker.

Baca juga: Kacamata Anti-Radiasi Komputer, Apakah Perlu dan Bermanfaat?

Cara mencegah 

Beberapa penyakit di atas memang bisa menyerang siapa saja. Risikonya akan meningkat dua kali lipat bagi kamu para pekerja. Namun masih ada beberapa cara untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut timbul. 

1. Istirahatkan mata 

Saat kamu duduk lama di depan komputer, mata cenderung akan berkedip lebih sedikit dari biasanya yaitu dua hingga tiga kali saja. Tentu saja keadaan tersebut akan membuat mata menjadi kering. 

Padahal ketika kamu lebih sering berkedip, hal itu sangat bagus untuk kesehatan mata karena membuat air mata membasahi seluruh bagian indera penglihatan. Maka dari itu, usahakan untuk pejamkan mata selama beberapa saat ketika kamu sudah merasa lelah. 

2. Pantulan cahaya komputer

Salah satu faktor lainnya yang membuat mata menjadi cepat lelah karena pantulan cahaya dari komputer. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengatur pencahayaan yang dirasa aman bagi mata ya. 

3. Letak komputer 

Kamu juga sebaiknya mulai menata dengan benar, posisi duduk dan komputer. Posisi terbaik komputer yaitu sekitar 50-70 cm dari wajah. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa meregangkan leher dan mata supaya tidak terlalu tegang. 


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr