Info Sehat

Telapak Tangan Sering Gatal? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnya!

December 20, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Telapak tangan gatal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi kesehatan tertentu. Biasanya, telapak tangan yang terasa gatal juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada kesehatan.

Rasa gatal ini terkadang bisa menjadi parah dan mengganggu aktifitas. Nah, untuk mengetahui penyebab utama telapak tangan gatal lebih lengkapnya yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Masih Bingung dengan Kencing Batu dan Batu Ginjal? Yuk Pahami Perbedaannya!

Apa saja penyebab telapak tangan gatal?

Dilansir Medical News Today, telapak tangan gatal sering kali disebabkan oleh kondisi kulit yang umum namun juga menandakan masalah mendasar lebih serius.

Terdapat beberapa alasan medis yang sah mengenai alasan seseorang merasakan gatal, yakni sebagai berikut:

Eksim tangan

Eksim merupakan kondisi tidak menular di mana bisa menyebabkan munculnya rasa gatal pada tangan, kulit merah, pecah-pecah, kering, dan terkadang melepuh.

Terdapat subtipe eksim tangan yang disebut dengan eksim dyshidrotic, yakni akan menyebabkan seseorang mengalami lepuh kecil dan terasa gatal.

Kondisi kulit satu ini biasanya dialami oleh orang yang bekerja dalam profesi tertentu di mana tangan terpapar kelembapan berlebihan atau bahan kimia keras. Beberapa profesi yang berisiko terkena eksim tangan, meliputi tukang bersih-bersih, penata rambut, tenaga kesehatan, hingga montir. 

Reaksi alergi

Terkadang telapak tangan gatal diakibatkan oleh paparan berulang terhadap bahan yang menyebabkan iritasi atau bahan kimia lainnya yang menyebabkan reaksi alergi atau disebut dermatitis kontak. Reaksi alergi pada tangan ini mungkin akan muncul 48 hingga 96 jam setelah kontak dengan alergen.

Alergen atau iritan umum meliputi logam seperti cincin, sarung tangan karet, sabun, desinfektan, antiseptik atau zat antibakteri, dan air berklorinasi tinggi. Namun, perlu diketahui jika biasanya paparan berulang yang akan menyebabkan reaksi alergi muncul.

Hal ini dikarenakan, setelah beberapa kali tubuh baru mulai mengeluarkan histamin penyebab gatal yang mengiritasi kulit. Untuk itu, perhatikan beberapa pemicu untuk menghindari terjadinya reaksi alergi yang menyebabkan telapak tangan gatal.

Diabetes

Gatal pada tangan juga bisa menandakan adanya penyakit medis tertentu, salah satunya diabetes. Ketika seseorang mengidap diabetes, kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kulit kering dan terasa gatal.

Kulit gatal akibat penyakit diabetes ini bisa muncul dengan atau tanpa benjolan merah.

Reaksi terhadap pengobatan

Telapak tangan gatal dapat muncul disebabkan oleh alergi obat. Jika seseorang mengalami reaksi alergi ringan terhadap obat baru, maka histamin dalam tubuh bisa mengakibatkan munculnya rasa gatal.

Dalam kasus ini, rasa gatal terasa karena histamin cenderung terkumpul dalam jumlah yang lebih banyak di tangan dan kaki. Seseorang harus berbicara dengan dokter sebelum menghentikan obat kecuali gejalanya sudah semakin parah.

Sirosis

Gangguan autoimun yang disebut kolangitis bilier primer atau sirosis biliari primer dapat menyebabkan rasa gatal di bagian telapak tangan. Kondisi ini akan memengaruhi saluran empedu yang menghubungkan hati ke perut.

Empedu yang berjalan di antara dua organ ini menumpuk di hati dan menyebabkan kerusakan hingga munculnya jaringan parut. Selain mengakibatkan rasa gatal, pengidap kelainan ini mungkin mengalami mual, sakit tulang, diare, urine berwarna gelap, dan kulit menjadi kuning.

Gangguan saraf

Terkadang kerusakan saraf akibat kondisi medis, seperti diabetes bisa mengakibatkan telapak tangan gatal. Disfungsi saraf tangan lainnya dapat memiliki efek serupa, termasuk sindrom terowongan karpal.

Pada carpal tunnel syndrome, tekanan pada saraf median di tangan menyebabkan mati rasa, lemas, gatal, dan nyeri. Rasa gatal atau ketidaknyaman biasanya mulai terasa di telapak tangan dan paling sering terjadi pada malam hari. 

Jika dicurigai adanya carpal tunnel syndrome, penderita harus segera menemui dokter. Dalam kasus yang ekstrim, pembedahan merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi tekanan pada saraf median.

Baca juga: Pasien Diabetes Boleh Lahap Makanan Manis? Boleh, Ini Sederet Menunya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2018), diakses 8 Desember 2020. Why are my palms itchy?
  2. Healthline (2019), diakses 2020. Why Do I Have Itchy Palms?
    register-docotr